Interior Rumah Maksimalis, Tren Desain Interior yang Terlihat Sangat Bertenaga

Posted by Nita Hidayati Inayah  •  Thursday, May 9 2019

Interior maksimalis adalah cara untuk mengekspresikan gaya yang disukai pada ruangan, menjadi konsep desain interior yang sangat unik.

Interiordesign.id – Jika sebelumnya minimalis menjadi gaya desain interior yang paling digemari, tahun ini bisa jadi kebalikannya, banyak orang mulai ramai menerapkan konsep maksimalis untuk ruangan mereka.

Kepopuleran gaya minimalis memang masih sulit ditandingi. Konsep interior ini sangat cocok diterapkan untuk rumah-rumah tinggal di Indonesia, yang mayoritas memiliki ukuran kecil bahkan mungil.

Namun, di tahun ini, gaya minimalis sepertinya telah menemukan lawan terbaiknya, konsep desain interior maksimalis.

Mengenal Konsep Interior Rumah Maksimalis

Maksimalis adalah suatu gaya yang tidak hanya digunakan pada desain interior namun juga dalam dunia seni, literatur, musik dan juga multimedia. Sesuai namanya, maksimalis merupakan gaya yang berlawanan dengan gaya minimalis.

Maksimalis dapat diartikan sebagai gaya yang hadir dengan pencahayaan yang terang dan visual yang mewah. Gaya desain ini dikenal berani dan memerlihatkan suasana ruang yang sangat bertenaga berkat perpaduan banyak elemen, unsur, dan aksen warna, serta penggunaan beragam aksesori. Ia terlihat sangat semarak dan unik.

Baca juga:

3 Alasan Kenapa Harus Segera Tinggalkan Minimalis dan Beralih ke Desain Interior Maksimalis

Minimalis vs. Maksimalis: Antara Kesederhanaan dan Sentimen

Perbedaan Interior Rumah Minimalis dan Maksimalis

1. Mewah dan Sederhana

interior rumah maksimalis

~ via pinterest

Perbedaan yang paling mendasar dari gaya desain interior maksimalis dan minimalis adalah kesan yang tampak dari keduanya. Maksimalis hadir dengan kesan ruang yang penuh warna sehingga melahirkan kesan unik, semarak dan mewah.

Sementara, seperti yang kita semua tahu, minimalis erat dengan kesederhanaan, penggunaan warna polos dan netral, fungsional, dengan garis bersih dan rapi. Minimalis mengedepankan suasana dan penampilan ruang yang simpel dan minim penggunaan elemen-elemen dekoratif.

2. Kenyamanan dan Fungsional

Para pemilik rumah dengan gaya desain maksimalis akan menerapkan apapun yang mereka anggap pas dan tepat untuk dipasang di dalam ruangan. Maksimalisme bisa berarti tidak ada pembatasan akan penggunaan berbagai elemen, unsur, dan aksesori dekoratif ruang.

Tidak hanya pada furnitur, ruangan dengan konsep maksimalis hadir dengan warna-warna yang semarak, yang sekilas nampak mirip dengan konsep bohemian atau boho style.

Dan di situlah letak kelebihannya, tidak ada batasan berarti ekstra kenyamanan bagi si pemilik ruang. Karena secara mendasar, seperti tidak ada aturan yang membatasi akan apa yang cocok dan apa yang tidak dalam ruangan bergaya maksimalis.

Sebaliknya minimalis, gaya ini sangat mengedepankan kesederhanaan dan pengutamaan pada fungsi. Minimalis hadir dengan garis-garis yang bersih dan rapi.

Adalah tabu memasukan sesuatu atau unsur dan elemen dekoratif yang dianggap tidak cocok dan berlebihan dalam ruangan bergaya minimalis, meski Anda atau pemilik ruangan sangat menginginkannya.

Bacaan terkait:

Dekorasi Rumah Minimalis: Bukan Gaya Interior Sederhana

Mengekspresikan Diri dengan Gaya Maksimalis

interior rumah maksimalis

~ via chairish

Memilih gaya desain maksimalis berarti Anda memilih kebebasan berekspresi. Semua unsur dan elemen desain, juga aksesori-aksesori interior yang ingin Anda hadirkan bisa digunakan sebebas dan sesuka Anda. Kebebasan inilah yang melahirkan kenyamanan.

Seseorang yang menyukai gaya maksimalis cenderung sangat menghargai evolusi pada sebuah ruangan. Mereka adalah orang-orang yang gemar mengoleksi segala sesuatu, lalu memajangnya sebagai elemen dekoratif di rumah mereka.

Interior rumah maksimalis juga bisa tampak sangat personal, impresif dan “bertenaga”. Banyaknya ornamen dan aksesori yang digunakan menampakan karakter dan kepercayaan diri yang sangat tinggi.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Tags: , , , , , ,

Nita Hidayati Inayah

By Nita Hidayati Inayah

Content writer, menyukai gaya skandinavia

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram