fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Atap Logam

Posted by Fauzi Rahman 2 weeks ago
kelebihan atap logam

Atap logam memiliki berbagai macam keunggulan yang menjadikannya populer dan bisa diandalkan sebagai penutup bangunan berkualitas baik.

Table Of Content

Atap logam dapat ditemukan pada berbagai jenis bangunan, seperti rumah, gudang, atau bangunan industri. Ia memiliki beberapa keuntungan dibandingkan dengan jenis atap lain.

Fungsi utamanya adalah untuk melindungi bangunan dari cuaca ekstrem seperti hujan, salju, panas, dan angin kencang.

Atap logam memiliki permukaan yang luas dan licin, sehingga air hujan dapat mengalir dengan baik dan tidak menimbulkan masalah seperti genangan air atau retak-retak pada atap.

Selain itu, berfungsi sebagai isolasi termal. Jenis ini dapat membantu menjaga suhu di dalam bangunan tetap stabil, baik pada saat musim panas maupun musim dingin.

Hal ini dapat menghemat biaya listrik untuk pendingin ruangan atau pemanas.

Atap logam juga memiliki fungsi estetika, karena tersedia dalam berbagai warna dan desain, sehingga dapat diterapkan pada berbagai jenis arsitektur. Juga mudah dalam perawatan, hanya perlu dibersihkan secara periodik.

Fungsi tambahan sebagai pemadam kebakaran, karena tahan terhadap api. Atap logam ini cocok digunakan pada bangunan yang memiliki risiko tinggi terhadap kebakaran.

Keseluruhan, atap logam memiliki fungsi utama melindungi bangunan dari cuaca ekstrim, isolasi termal, estetika, mudah dalam perawatan dan tahan terhadap api.

Kelebihan Atap Logam

  1. Dapat bertahan hingga puluhan tahun jika dikelola dengan baik.
  2. Sangat ringan sehingga tidak memerlukan struktur yang kuat pada bangunan.
  3. Tahan terhadap cuaca ekstrim, seperti hujan, salju, panas, dan angin kencang.
  4. Tersedia dalam berbagai warna dan desain, sehingga dapat diterapkan pada berbagai jenis arsitektur.
  5. Mudah dalam perawatan, hanya perlu dibersihkan secara periodik.
  6. Tahan terhadap api, sehingga sangat cocok untuk digunakan pada bangunan yang memiliki risiko tinggi terhadap kebakaran.
  7. Dapat membantu menjaga suhu di dalam bangunan tetap stabil, baik pada saat musim panas maupun musim dingin, sehingga dapat menghemat biaya listrik untuk pendingin ruangan atau pemanas.
  8. Dapat dijual dengan harga yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan jenis atap lain, namun memiliki keuntungan yang sama.

Kekurangan Atap Logam

  1. Cenderung lebih mahal dibandingkan dengan jenis atap lain, terutama jika dibandingkan dengan atap berbahan dasar asbes atau genteng.
  2. Dapat menimbulkan suara yang cukup keras saat hujan atau angin kencang.
  3. Membutuhkan perawatan khusus, seperti pelapisan anti karat dan anti korosi untuk menjaga kualitas atap.
  4. Memerlukan profesional dalam pemasangan, agar dapat terpasang dengan baik dan aman.
  5. Akan melebar atau menyusut saat suhu berubah, yang dapat menyebabkan retak-retak pada atap jika tidak diperhatikan dengan baik.
  6. Kurang cocok untuk desain arsitektur yang klasik atau tradisional.
  7. Kurang cocok digunakan pada bangunan yang memerlukan estetika yang tinggi.

Cara Memasang Atap Logam

Cara pemasanganya cenderung sama untuk berbagai jenis atap logam, namun dapat berbeda tergantung pada jenis atap yang digunakan. Berikut ini adalah beberapa tahap umum dalam pemasangan atap logam:

Persiapkan semua peralatan dan bahan yang dibutuhkan seperti atap logam, klem atau pengikat, kancing, sekrup, dan peralatan lain yang dibutuhkan.

Pertama-tama, buat kerangka atap dengan menggunakan kayu atau besi. Pastikan kerangka atap terpasang dengan kuat dan stabil.

Tempatkan di atas kerangka atap dan pastikan atap terpasang dengan rapi dan kuat.

Pemasangan klem atau pengikat diperlukan untuk menjaga atap logam tetap stabil di atas kerangka atap.

Pemasangan sekrup diperlukan untuk menjaga atap logam tetap stabil di atas kerangka atap.

Pemasangan kancing diperlukan untuk menjaga atap logam tetap stabil di atas kerangka atap.

Pemasangan Ridge cap diperlukan untuk menutupi ujung atap dan untuk menjaga agar air hujan tidak masuk ke dalam rumah.

Ventilasi diperlukan untuk mengeluarkan udara panas dan lembab dari ruangan di bawahnya.

Setelah pemasangan selesai, lakukan pemeriksaan dan pengujian pada atap logam untuk memastikan atap logam terpasang dengan baik dan aman.

Perlu diingat bahwa pemasangan atap logam harus dilakukan oleh profesional yang berpengalaman, karena jika tidak dilakukan dengan benar, dapat menyebabkan masalah seperti retak-retak pada atap atau masalah lainnya.

Sebagai kesimpulan, atap logam memiliki beberapa kekurangan, seperti harga yang mahal, bising, memerlukan perawatan khusus, memerlukan profesional dalam pemasangan, responsif terhadap perubahan suhu, kekurangan dalam desain arsitektur dan kekurangan dalam kualitas estetika. Namun, jika dipertimbangkan dengan baik, atap logam dapat menjadi pilihan yang baik untuk digunakan.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id