pilihan warna cat interior ruang keluarga

Tips dan Trik Desain Ruang Keluarga Berukuran Kecil

Posted by Faizin  •  4 weeks ago

Ruang keluarga harus memiliki keindahan sekaligus kenyamanan.

Interiordesign.id – Bagi pasangan yang baru menikah, memiliki rumah tentu tidak harus berukuran besar. Rumah kecil type 36, 42, atau mungkin 60, sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan akan ruang dan berbagai fasilitas yang diinginkan.

Rumah, terlepas dari seberapa besar ukurannya, haruslah dirancang sebaik mungkin agar dapat memberi keamanan dan terutama kenyamanan.

Bagian-bagian rumah seperti ruang keluarga, ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, dapur, dan beberapa ruangan tambahan lainnya, haruslah didesain seideal mungkin.

Rumah, haruslah dirancang sebaik mungkin agar dapat memberi keamanan dan terutama kenyamanan.

Rumah berukuran kecil tentu berdampak pada ruangan-ruangannya yang juga kecil. Seperti ukuran ruang keluarganya, atau ruang tamunya. Meski begitu, ruangan ini biasanya menjadi salah satu area di dalam rumah dengan luasan atau ukuran paling besar jika dibandingkan dengan kamar mandi atau bahkan dapur.

Memiliki ruang yang kecil bukanlah sebuah masalah, yang terpenting adalah soal sudut pandang dan solusi bagaimana menangani dan menyiasatinya agar juga bisa memiliki fungsi yang maksimal tanpa mereduksi gaya.

Ruang berukuran kecil atau bahkan mungil sekalipun tetap bisa dirancang sangat fungsional tanpa kehilangan estetika.

Baca juga: 10 Desain Modern Ruang Keluarga Berukuran Kecil yang Menginspirasi

Berikut adalah beberapa tips dan trik mendekorasi ruang keluarga berukuran kecil:

Furniture untuk ruang keluarga berukuran kecil

Perabotan besar, dapat menyita ruang yang lebih banyak sehingga ruangan akan terlihat lebih kecil dari ukuran aslinya.

Furniture merupakan salah satu fasilitas penunjang dalam beraktivitas sehari-hari.

Sebelum memutuskan untuk membeli ataupun membuat furniture untuk ruang keluarga, alangkah baiknya untuk mengetahui besaran atau luasan ruangan tersebut. Hal ini ditujukan agar Anda dapat memperkirakan ukuran furniture yang tepat dan tidak salah saat mengambil keputusan.

Untuk ruang keluarga berukuran kecil, cara terbaik mendandaninya adalah dengan tidak memilih dan menggunakan furniture berukuran besar. Karena, perabotan besar, dapat menyita ruang yang lebih banyak sehingga ruangan akan terlihat lebih kecil dari ukuran aslinya.

interior ruang keluarga

Interior ruang keluarga yang simpel. ~ via Freshome

Selain itu, pilihlah furniture terbaik untuk ruang keluarga berukuran kecil adalah jenis furniture dengan banyak fungsi atau multifungsi.

Misalnya sebuah ottoman, yang dapat Anda gunakan sekaligus sebagai meja atau sofa yang memiliki storage di bawahnya.

Kuncinya, pastikan untuk memilih dan menggunakan furniture dengan bijak sesuai dengan ukuran ruang yang tersedia dan sesuaikan dengan anggaran yang tersedia.

Bacaan terkait: Desain Interior Ruang Keluarga; Elemen dan Unsur Desain Ruang Keluarga Impian

Penempatan atau tata letak furniture

Untuk sebuah ruang berukuran kecil, penempatan atau tata letak furniture merupakan cara yang harus dikuasai.

Sebagai contoh, penempatan sofa di ruang keluarga yang terlalu jauh dari tembok dan berada di tengah-tengah ruang, bisa memakan space terlalu banyak sehingga menghabiskan ruang untuk furniture-furniture lainnya.

Tempatkan sofa lebih dekat dengan dinding atau tembok ruangan. Berikan sedikit jarak sekitar 10-15 cm untuk tujuan mempermudah perawatan, seperti membersihkan debu-debu pada bagian yang sulit dijangkau.

penataan furniture ruang keluarga

~ via pinterest

Pencahayaan ruang keluarga

Ruang yang minim pencahayaan bisa melahirkan kesan suram dan tidak nyaman.

Cahaya alami bisa menjadi sumber pencahayaan utama yang tepat untuk ruang berukuran kecil. Jendela yang besar bisa menjadi solusi utama dalam menyediakan pencahayaan yang cukup.

Perlu diingat, ruang yang minim pencahayaan bisa melahirkan kesan suram dan tidak nyaman. Jadi, Anda mesti benar-benar memerhatikan bagian ini.

pencahayaan ruang keluarga

~ via HGTV

Namun, jika ruang keluarga Anda memiliki bukaan jendela yang minim, gunakan pencahayaan buatan yang cukup dengan pilihan lampu terbaik.

Lampu juga bisa berfungsi sebagai elemen dekoratif yang menarik.

Pilihlah jenis lampu yang sesuai dengan tema dan konsep interior ruang keluarga anda. Serta pastikan juga menggunakan lampu yang ramah lingkungan, seperti lampu LED hemat energi.

Bacaan terkait: 4 Desain Ruang Tamu Modern Minimalis dengan Keseimbangan Asimetris yang Artistik

Pilihan warna

Perpaduan warna yang tepat bisa menjadikan ruangan terlihat lebih hidup dan lebih harmonis.

Warna bisa memiliki efek atau dampak yang tidak kecil terhadap mood dan psikologi seseorang. Maka, berhati-hatilah memilih warna yang tepat untuk ruang keluarga Anda.

Pilihan warna yang tepat dan sesuai dengan konsep interior bisa memerlihatkan keindahan dan terintegrasi dengan semua elemen ruang yang ada di dalamnya.

Perpaduan warna yang tepat antara warna furniture, dinding, dan aksesori yang digunakan, akan menjadikan ruangan terlihat lebih hidup dan lebih harmonis.

pilihan warna cat interior ruang keluarga

~ prodesign

Baca: 10 Warna Cat Ruang Tamu Sempit, Sulap Ruangan Jadi Terasa Luas & Istimewa

Penggabungan ruang

Ruang keluarga pada umumnya berada di tengah-tengah rumah di antara ruangan lainnya. Dan ini merupakan potensi besar untuk menambah luas ruang keluarga berukuran kecil.

Menggabungkan ruang keluarga dengan dapur, misalnya, menjadi salah satu solusi paling praktis untuk menjadikannya terlihat lebih luas dan lapang.

ruang keluarga terbuka

~ via pinterest

Tetapi, jika dirasa penggabungan ruang terasa kurang tepat, Anda dapat mencoba membuat partisi atau pembatas ruang.

Partisi atau sekat ruangan, atau room divider, bukan sekadar berfungsi sebagai pemisah saja, tetapi dengan desain yang pas dan tepat, ia juga bisa menjadi elemen dekoratif ruang yang menjadikan ruang keluarga terlihat lebih dinamis dan sangat menarik secara visual.

Dekorasi Ruang Keluarga yang Baik dapat Memberikan Kebahagiaan kepada Penghuninya

penggunaan partisi minimalis di ruang keluarga

~ via decoist

Aksesori

Hal terakhir yang tidak boleh Anda lupakan saat mendekorasi ruang keluqrga adalah pilihan aksesori.

Aksesori merupakan pelengkap keindahan. Pilihlah yang tepat dan sesuai dengan tema dan konsep interior ruang keluarga Anda.

Namun, perlu dicatat, jangan pernah gunakan aksesori ruang yang berukuran besar dan memakan banyak space. Selain akan terlihat tidak proporsional dengan ukuran ruangan, aksesori besar hanya akan menjadikan ruangan semakin terasa sumpek.

Pastikan juga Anda memilihnya dengan bijak dan sesuaikan dengan kebutuhan.

desain ruang keluarga

Nah, itulah beberapa cara praktis mendekorasi ruang keluarga berukuran kecil agar tampak luas, lapang, dan juga indah.

Keluarga yang harmonis dapat tercipta mulai dari ruang keluarga sebagai pusat dari semua aktivitas di dalam rumah.

Intinya, rumah idaman tidaklah diukur dari seberapa besar atau kecilnya setiap ruangan di alamnya, tetapi dari bagaimana Anda mendekorasinya agar memberikan kenyamanan sosial yang dibutuhkan. Dan sebagai ruang publik, ruang keluarga harus memiliki keindahan sekaligus kenyamanan. Tetaplah bijak dalam menentukan segala hal saat mendesain dan mendekorasi interior rumah Anda.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Konsultasikan dengan desainer-desainer terbaik kami.

Tags: , , , , , , ,

Faizin

By Faizin

Mahasiswa Jurusan Desain Interior angkatan 2015, Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) Bandung. Saat ini sedang menjalani proses Magang Akademik di interiordesign.id.

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram