interior rumah kontainer

Interior Rumah Kontainer; Rancangan Arsitektur Rumah Modern Ramah Lingkungan Berpendingin Pasif

Posted by HinaYana  •  Monday, January 29 2018

Rumah kontainer menjadi alternatif pilihan model hunian modern saat ini. Rancangan arsitektur dan konstruksi interior rumah kontainer memungkinkannya menjadi salah satu tipe hunian ramah lingkungan karena menggunakan metode dan prinsip recycle-upcycle, passive cooling method, dan lain sebagainya.

Interiordesign.id – Agar nyaman, bangunan di semua iklim memerlukan beberapa bentuk pendinginan pada beberapa waktu dalam setahun. Ada banyak cara untuk merancang atau memodifikasi rumah agar bisa mencapai kenyamanan melalui pendinginan pasif (non mekanis). Strategi pendinginan pasif yang paling tepat untuk rumah termasuk; orientasi, ventilasi, jendela, naungan, isolasi dan massa termal.

Semua rumah memerlukan beberapa bentuk pemanasan di musim dingin, dan ini memengaruhi saran yang berkaitan dengan pendinginan. Keseimbangan antara pendinginan pada musim panas dan pemanasan di musim dingin, harus disesuaikan dengan iklim melalui desain pasif yang tepat.

Desain Rumah yang Sehat: Desain Interior Rumah & Elemen Dekorasi Ruang yang Harus Diperhatikan

Ventilasi Rumah yang Sehat; Merancang Sistem Ventilasi Terbaik untuk Rumah Modern

Apa itu pendinginan pasif?

Dalam arsitektur, pendinginan pasif mengacu pada bangunan yang tidak menggunakan teknologi atau berbagai perangkat untuk membantu menjaga suhu di dalam ruangan agar tetap nyaman. Beberapa metode umum untuk mendinginkan rumah dengan pasif mencakup pemanasan dari sinar matahari, memanfaatkan angin, dan menggunakan sumber air untuk mendinginkan suhu udara lokal dalam bangunan atau ruangan.

Dikutip dari yourhome.gov.au, pendinginan pasif adalah sebuah cara untuk mendinginkan rumah. Beberapa tingkat pendinginan pasif diperlukan di setiap iklim yang berbeda pada suatu waktu sepanjang tahun, tergantung di tempat dengan iklim seperti apa Anda tinggal.

interior rumah kontainer

~ via slideshare

Faktor-faktor yang memengaruhi kenyamanan orang (kenyamanan termal manusia) mencakup faktor fisiologis dan juga psikologis. Oleh sebab itu, agar efektif, pendinginan pasif tidak hanya mendinginkan bangunan atau ruangan, namun juga orang-orang di dalamnya. Penguapan keringat merupakan proses pendinginan fisiologis yang paling efektif. Hal ini membutuhkan pergerakan udara dan kelembaban sedang hingga rendah (kurang dari 60%).

Kehilangan panas radiasi juga penting, baik secara fisiologis maupun psikologis. Ini melibatkan radiasi langsung ke permukaan yang lebih dingin.

interior rumah kontainer

interior rumah casa desnuda dengan teknik pendinginan pasif. ~ via decoist

 

Konduksi berkontribusi pada kedua jenis kenyamanan dan melibatkan kontak tubuh dengan permukaan yang lebih dingin. Hal ini paling efektif bila orang tidak sedang beraktivitas, misal ketika sedang tidur di tempat tidur.

4 Desain Rumah Kontainer, Rumah Idaman Alternatif

Desain Interior Rumah Kontainer Berpendingin Pasif

Re Arquitectura diminta satu keluarga di Kosta Rika yang menginginkan ketiga anak laki-laki mereka untuk memiliki rumah mereka sendiri namun tetap berada di dekatnya. Tiga buah kontainer didaur ulang dan digunakan untuk membuat semacam tempat tinggal yang menarik di properti keluarga yang tidak memerlukan AC untuk menjaga suhu ruangan agar tetap nyaman.

Terletak di Santa Ana, Kosta Rika, proyek Contenedores Franceschi terdiri dari tiga buah kontainer sepanjang 40 kaki (12 m). Dimodifikasi dan dipasang ke dalam struktur yang menyediakan atap untuk menaungi mereka dan mengangkatnya dari tanah dengan dukungan beton.

interior rumah kontainer

Tiga rumah termasuk beberapa area semi-outdoor yang bagus seperti dek belakang, balkon, dan teras. Meskipun kinerja termal yang buruk dari kontainer, Re Arquitectura mengatakan bahwa interior rumah kontainer rancangan mereka tidak membutuhkan AC. Mereka diposisikan untuk memanfaatkan angin sepoi-sepoi yang ada dan kaca yang diletakkan dengan hati-hati untuk mempromosikan ventilasi silang.

“Pengelolaan sumber daya yang baik merupakan kunci dalam proyek ini, memanfaatkan semua bahan lokal yang ada sesuai dengan sifat dan modulasi mereka, untuk menghasilkan limbah minimum, di sisi lain bahan dampak lingkungan rendah digunakan, kayu, cat berbasis air dan pernis, pemanas matahari dan strategi pengendalian iklim pasif untuk menghindari penggunaan AC,” kata Re Arquitectura, seperti dikutip new atlas.

interior rumah kontainer

~ via new atlas

“Sistem pembuangan limbah menggunakan tangki septik double stage dengan saringan yang memungkinkan pengolahan semua air limbah yang kemudian dikeringkan ke dalam tanah.”

Dengan sentuhan yang bagus, bahan buangan yang dihasilkan dari bangunan, seperti potongan kayu dan logam, dimanfaatkan dengan baik sebagai perabotan, seperti lampu dan pegangan tangan, pegangan pintu, dan aksesori interior lainnya.

4 Desain Rumah Kontainer Modern Minimalis, Rumah Kecil Sederhana yang Unik & Menarik

Interior Rumah Kontainer Ramah lingkungan

Gerakan udara adalah elemen terpenting dalam sistem pendinginan pasif. Hal ini mendinginkan orang dengan meningkatkan penguapan dan membutuhkan angin sepoi-sepoi atau kipas hanya sebagai back-up atau cadangan.

interior rumah kontainer

Dengan kinerja termal yang buruk dari sebuah kontainer, agar bisa ramah lingkungan dan mengurangi penggunaan energi dari berbagai perangkat elektronik, rancangan arsitektur dan konstruksi interior rumah kontainer membutuhkan sumber pendinginan dari gerakan udara. Gerakan udara ini mendinginkan bangunan dengan membawa panas keluar dari gedung seperti menghangatkan udara dan menggantinya dengan udara eksternal yang lebih dingin.

Desain Rumah Kecil; Rahasia Hunian Mungil yang Nyaman, Sehat & Bikin Betah

interior rumah kontainer

interior rumah kontainer

interior rumah kontainer

interior rumah kontainer

Udara yang bergerak juga membawa panas ke sistem pendinginan mekanis di mana dilepas oleh pompa panas dan disirkulasikan. Untuk mendapatkan gerakan udara yang dapat mengalir secara sempurna, dibutuhkan bukaan yang dirancang dengan sangat baik (jendela, pintu dan ventilasi) dan jalur angin yang tidak terbatas.

Ada pertanyaan tentang desain interior rumah Anda? Desainer kami siap menjawabnya

Tags: , , , , , ,

Hina Yana

By HinaYana

Head of Content.

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader