Apa Itu Kamar Mandi Jack and Jill dan Bagaimana Penerapannya?

Posted by Ami Nurbaiti  •  Monday, April 1 2019

Kamar mandi Jack and Jill memungkinkan penghuni dari dua kamar tidur yang terpisah untuk dengan mudah mengakses kamar mandi yang sama.

Interiordesign.id – Dahulu kamar mandi adalah tempat untuk membersihkan tubuh, buang air kecil dan buang air besar. Tapi seiring waktu, sekarang kamar mandi memiliki fungsi yang lebih dari itu. Banyak orang sekarang menambahkan interior dengan macam fungsi yang berbeda, seperti menambahkan kaca, lemari rias, bathtub, dekorasi dinding, dan wastafel.

Dengan adanya beberapa perlengkapan di kamar mandi tersebut, fungsi yang semula hanya digunakan sekadar untuk membersihkan tubuh dan toilet saja, sekarang bisa lebih dari itu. Kamar mandi dapat digunakan sekaligus untuk mandi, berendam, buang air, cuci muka, sikat gigi, dan bahkan merias diri.

Jika anda berencana membangun rumah atau merenovasi, menambahkan beberapa detail interior di kamar mandi menjadi penting. Sebelum memutuskannya alangkah lebih baik untuk mengetahui dahulu macam-macam kamar mandi, sampai akhirnya memilih jenis kamar mandi seperti apa yang tepat untuk rumah anda. Mari simak ulasannya!

Kamar Mandi Kering

kamar mandi minimalis modern

~ via pinterest

Kamar mandi kering sebetulnya telah lama diterapkan oleh banyak orang. Penerapan interior yang terkesan simpel namun elegan menjadi alasan kenapa tipe kamar mandi ini banyak digandrungi. Dan jika Anda ingin menerapkan konsep interior kamar mandi ini, ruangan yang cukup luas menjadi kunci untuk mewujudkannya.

Tipe desain semacam ini tidak menggunakan bak mandi untuk menampung air. Bathtub dan shower menjadi alat utama yang sering kali digunakan. Menambahkan wastafel, cermin, dan aksesori lainnya membuat kamar mandi kering memiliki kesan mewah.

Salah satu hal paling menarik dari tipe kamar mandi kering adalah, di mana area basah dan kering dapat dipisahkan dengan partisi berbentuk pintu yang terbuat dari kaca.

Baca juga:

5 Desain Kamar Mandi Terbaik Pemenang “Interior Design Awards”

Kamar Mandi Setengah Kering

desain kamar mandi setengah kering

~ via homedesign.fun

Nah, selanjutnya adalah tipe kamar mandi setengah kering.

Desain kamar mandi setengah kering biasanya tidak memerlukan ukuran yang terlalu luas jika dibandingkan dengan tipe kamar mandi kering.

Untuk mendapatkan konsep desain kamar mandi setengah kering adalah dengan memisahkan bathtub beserta showernya. Lalu kemudian toilet tanpa menggunakan penutup atau sekat antara lahan basah dan keringnya.

Kamar Mandi Basah

Yang terakhir ini merupakan tipe kamar mandi yang areanya dapat terkena air. Jenis kamar mandi ini sangat cocok bagi anda yang memiliki ruang kamar mandi terbatas. Dan karena keterbatasan ruang itulah maka jenis kamar mandi ini tidak memerlukan tambahan dinding pemisah antara area mandi dan buang air.

Bacaan terkait:

Desain Kamar Mandi Kecil Berukuran Kurang dari 3×3 Meter Persegi

Masih tentang kamar mandi, kali ini kita akan beranjak kepada pembahasan salah satu model atau tipe atau jenis kamar mandi terbaik; kamar mandi Jack and Jill.

Pertama, mari kita cari tahu apa itu kamar mandi Jack and Jill.

Desain kamar mandi minimalis modern

Apa Itu Kamar Mandi Jack and Jill?

Kamar mandi Jack dan Jill, mulai terkenal di tahun 70-an oleh Brady Bunch – sebuah acara komedi TV keluarga yang menceritakan kehidupan 1 anak laki-laki dan 1 anak perempuan. Jack and Jill diambil dari nama kedua anak dalam acara TV tersebut. Mereka merupakan saudara kandung yang memiliki kamar tidur masing-masing, tetapi berbagi ruang kamar mandi bersama.

Kamar mandi Jack dan Jill seperti memiliki layanan untuk kedua kamar tidur. Privasi dipastikan dengan memiliki kunci di kedua pintu. Juga, harus ada saklar lampu 3 arah untuk memungkinkan lampu-lampu dinyalakan dari kedua pintu masuk.

Mengapa Itu Penting?

Ada kenyamanan luar biasa dalam memiliki kamar mandi Jack and Jill ketika dua orang berbagi kamar mandi. Akses sempurna untuk kedua belah pihak (asalkan mereka tidak ingin menggunakan kamar mandi pada saat yang bersamaan) karena anda tidak harus keluar dari kamar tidur, masuk ke lorong, dan pergi ke kamar mandi.

Format ini dapat berguna jika ingin menghemat ruang dengan tidak memiliki dua kamar mandi dalam – satu kamar tidur. Kamar mandi Jack and Jill juga bisa bermanfaat jika sudah tidak ada tempat yang pas untuk membuka pintu ke lorong.

Mengutip hunker.com, menurut John Linden, seorang desainer interior dan furnitur di MirrorCoop, Los Angeles, merekomendasikan untuk memiliki kamar mandi dengan dua wastafel terpisah jika memungkinkan.

“Ini membuat kamar mandi anda jauh lebih fungsional karena dapat digunakan oleh dua orang, bukan hanya satu, yang membuat persiapan untuk waktu tidur – menyikat gigi, rambut, dll – jauh lebih mudah jika anda memiliki anak-anak yang perlu anda atur untuk tidur dengan cepat dan efisien.”

Kamar mandi Jack and Jill sering mencakup wastafel terpisah, tetapi pengguna berbagi area mandi / shower dan toilet. Jack and Jill memungkinkan penghuni dari dua kamar tidur yang terpisah untuk dengan mudah mengakses kamar mandi yang sama.

Menghemat Ruang dan Uang

Renovasi ruang yang dibutuhkan untuk kamar mandi akan menghabiskan cukup banyak biaya dalam denah lantai. Menggunakan satu kamar mandi yg disediakan untuk dua kamar tidur dapat menghemat ruang dan uang untuk keluarga besar atau bagi orang-orang yang memiliki rumah di mana tamu berkunjung, dan kamar mandi pribadi untuk setiap kamar tidur akan terasa berlebihan.

Berbagi namun Tetap Privat

Kamar mandi Jack and Jill dapat dibagi antara kamar tidur atau lorong, tetapi paling sering di antara dua kamar tidur. Dengan begini dapat memberikan kesetaraan kepada anggota keluarga. Karena kamar mandi dapat dikunci dari kedua sisi, ia pun tetap terpisah dan menjamin privasi. Dan dengan kunci-kunci itu, kamar mandi bisa sangat privat.

Jack and Jill dapat membantu anak-anak belajar berbagi dan berkompromi pada waktu yang dibutuhkan untuk kebutuhan perlengkapan mandi mereka.

Apa saja yang perlu diperhatikan?

Terkadang hambatan untuk membuat ruangan yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan adalah pertama-tama dengan menentukan anggaran dan ukuran ruangan tersebut. Jack and Jill sendiri lebih direkomendasikan untuk anda yang akan memulai membangun rumah. Hal ini karena akan lebih sulit saat anda membuat tema Jack and Jill untuk jenis rumah yang mau direnovasi.

Jika Anda memutuskan untuk menyewa desainer untuk membuat kamar mandi Jack and Jill, pertimbangkan kenyamanan ini untuk memastikan keberhasilannya:

  • Kamar mandi Jack and Jill memiliki konsep berbagi toilet dan kamar mandi, tetapi harus memiliki dua wastafel, sehingga kegiatan yang kurang pribadi (Menyikat gigi dan menyisir rambut) dapat dilakukan secara bersamaan.
  • Kunci. Sertakan kunci pada pintu kamar tidur dan kamar mandi untuk privasi, dan pintu-pintu itu harus mengunci di kedua sisi. Semua orang di rumah perlu mengingat kebiasaan membuka semua pintu ketika mereka pergi, agar tidak mengunci kamar lain dari kamar mandi.
  • Menggandakan aksesori dan penyimpanan. Untuk menjaga hal-hal yang adil dan berjalan lancar, sediakan cermin rias yang memadai, handuk bar, area penyimpanan dan tempat sampah.

Tips Dekorasi Kamar Mandi Jack and Jill

Salah satu kelemahan dari kamar mandi standar Jack and Jill adalah ruangan itu terkurung di antara dua kamar tidur, sehingga tidak dapat diakses oleh seluruh rumah. Penggunaan terbaik konfigurasi Jack and Jill adalah memiliki akses langsung ke area wastafel dari setiap kamar tidur.

desain kamar mandi modern

~ via pinterest

Berikut adalah beberapa tips bagi anda seputar desain dan dekorasi kamar mandi Jack and Jill:

  1. Saat anda memiliki anak, pastikan mereka tahu bahwa mereka seharusnya mengunci kedua pintu ketika mereka menggunakan kamar mandi dan mereka harus membuka kunci pintu ketika mereka selesai untuk memastikan bahwa orang di ruangan lain masih memiliki akses ke kamar mandi. Orang-orang yang membiarkan pintu lainnya terkunci dapat menyebabkan antrian. Buat mereka terbiasa melakukannya sejak awal.
  2. Ketika bersiap-siap ke sekolah, kegiatan seperti menyikat gigi dan mencuci muka dapat dilakukan bersamaan ketika ada dua wastafel. Hal ini membuat mereka terbiasa sejak awal dan memastikan mereka membiarkan pintu tidak terkunci kecuali mereka sedang mandi atau pergi ke toilet. Unit rias ganda juga akan memiliki banyak penyimpanan untuk peralatan semua orang.
  3. Alokasikan penyimpanan untuk masing-masing. Anda mungkin tidak memiliki enam anak, ala The Brady Bunch, tetapi bahkan jika anda memiliki dua remaja yang berbagi ruang, mereka pasti mengumpulkan banyak barang. Pikirkan bagaimana meletakkan peralatan rias dan perlengkapan mandi, parfum, lotion.
  4. Memiliki cermin yang memadai di kamar mandi juga sangat penting. Dapat dikolaborasikan dengan beragam jenis kabinet cermin,  atau cermin LED.
  5. Berdiskusi dengan anak-anak anda tentang aksesori dan dekorasi ruang dengan cara yang cocok untuk mereka berdua. anak perempuan dan anak laki-laki umumnya menyukai hal yang berbeda sehingga anda dapat menerapkan hal-hal yang cukup netral sementara pada saat yang sama. Ini bisa berupa karya seni, atau membiarkan mereka memilih handuk sendiri tetapi beri mereka ruang individu di dalam ruangan.
Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Tags: , , , , , , ,

Ami Nurbaiti

By Ami Nurbaiti

She enjoys writing about many different and interesting topics and now she currently works as a content writer.

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram