Kesalahan Dekorasi Kamar Tidur yang Tanpa Disadari Sering Anda Lakukan

Posted by FitrahRustana Wednesday, September 16 2020
desain interior kamar tidur

Kesalahan dekorasi kamar tidur yang menjadikannya tidak nyaman dan tanpa disadari sering sekali dilakukan.

InteriorDesign.id – Tidak hanya sebagai tempat berisitirahat, kamar tidur adalah salah satu bagian terpenting di dalam rumah. Kamar tidur merupakan area privat yang menjadi tempat melakukan hobi dan hal-hal kesukaan yang sifatnya sangat personal. Oleh sebab itu, tidak ada alasan kamar tidur tidak dirancang senyaman dan semenarik mungkin.

Tanpa disadari, banyak kesalahan dekorasi kamar tidur yang kerap kita lakukan. Padahal mendesain area kamar, memilih furniture misalnya, atau menentukan pilihan gaya dekorasi yang benar-benar tepat, akan menciptakan suasana ruang yang sangat nyaman dan menyenangkan.

Untuk mendapatkan ruang kamar tidur yang nyaman, Anda harus menghindari beberapa kesalahan desain berikut. Beberapa di antaranya tidak kita sadari sering kita lakukan.

Kesalahan Dekorasi Kamar Tidur #1: Dekorasi Horizontal

Manfaatkanlah ruang kamar tidur Anda secara vertikal. Sebab, menggunakan ruang yang didekorasi secara horizontal malah akan menghabiskan space/ruang.

Mulailah mencoba untuk menata kamar tidur Anda secara vertikal, dengan memanfaatkan dinding kamar dan membuat beberapa susunan rak atau sekat sebagai penyimpanan barang.

desain kamar tidur jakarta
Interior kamar tidur modern, Jakarta Barat.

Kesalahan Dekorasi Kamar Tidur #2: Pilihan Ranjang

Pilihlah ranjang yang sesuai dengan ukuran ruang kamar.

Jangan paksakan penggunakan ranjang besar jika ruangan kamar Anda tidak begitu luas. Ini akan membuat kamar Anda terasa sesak.

Selain ukuran ranjang, Anda juga harus memertimbangkan bentuk dan model ranjang.

Senadakan dengan konsep desain kamar Anda. Jika Anda memilih kamar tidur minimalis, maka sebaiknya hindari penggunaan ranjang dengan kelambu. Penggunaan kelambu pada kamar minimalis malah akan memberikan tampilan yang terasa aneh.

desain kamar tidur utama jayapura papua
Interiro kamar tidur minimalis modern, Jayapura, Papua.

Kesalahan Dekorasi Kamar Tidur #3: Terlalu Banyak Perabotan

Hindari penggunaan terlalu banyak perabotan di dalam kamar tidur, terutama bagi Anda yang memiliki ruangan yang tidak terlalu besar.

Perabotan yang banyak akan menjadikan ruang kamar terasa sempit dan sesak.

Siasati dengan penggunaan laci untuk menyimpan alat-alat yang Anda butuhkan. Sementara untuk koleksi sepatu, Anda bisa menempatkannya di ruang terpisah.

desain kamar tidur modern sukabumi
Interior kamar tidur Japanese modern, Sukabumi, Jawa Barat.

Kesalahan Dekorasi Kamar Tidur #4: Penggunaan Warna Gelap

Hindari penggunaan warna gelap untuk dinding kamar tidur berukuran kecil.

Warna dinding yang gelap akan memberikan kesan sempit dan pengap. Pilihlah warna-warna yang terang karena bisa memberi kesan luas, sejuk, serta nyaman.

rumah kolonial sukoharjo
Interior kamar tidur gaya kolonial modern, Sukoharjo.

Kesalahan Dekorasi Kamar Tidur #5: Tanpa Jendela

Kamar tidur setidaknya harus memiliki satu buah jendela sebagai sirkulasi udara.

Kamar yang tidak memiliki jendela atau sirkulasi akan berdampak buruk bagi kesehatan. Sirkulasi udara yang baik bisa melahirkan ruangan yang terasa nyaman dan segar. Istirahat pun akan semakin maksimal.

Kamar tidur dengan asupan oksigen yang minim membuat fungsi otak menurun.

Kesalahan Dekorasi Kamar Tidur #6: Lampu Hias

Mungkin banyak yang berpikir lampu hias adalah dekorasi yang membuat ruangan nampak cantik. Namun, ternyata hal itu keliru.

Hindari menggunakan beberapa lampu dalam ruangan. Terlalu banyak lampu hanya akan menghabiskan tempat dan memberikan pencahayaan yang terlalu berlebihan.

desain kamar tidur utama
Interior kamar modern minimalis, Bandung.

Cukup pasang satu lampu berwarna terang yang diletakkan di tengah langit-langit kamar tidur, atau penggunaan lampu dengan dim yang bisa diatur pencahayaannya. Gunakanlah lampu tidur dengan satu lampu meja yang memiliki cahaya redup dan temaram.

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

1000* desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
... ... ...
×