desain ruang tamu sempit

10 Kesalahan Fatal Saat Mendesain dan Mendekorasi Ruang Tamu

Posted by Putri A Ashralika  •  Thursday, August 6 2020

Salah satu kesalahan desain interior ruang tamu adalah, saat Anda terlalu banyak memberi tekanan pada satu gaya desain tertentu saja, dan membiarkan “penyimpangan” tidak muncul. Hasilnya, ruangan Anda menjadi kehilangan kehangatan dan terlihat kaku serta monoton.

InteriorDesign.id – Kesalahan saat mendesain dan mendekorasi ruang tamu sebenarnya ada pada diri kita sendiri. Terlalu fokus pada perasaan dan intuisi tanpa mengetahui secara pasti kaidah-kaidah desain interior. Hal inilah yang kemudian menyebabkan hasil jauh di luar perkiraan.

Saya mengumpulkan dan menukil dari beberapa sumber mengenai kesalahan-kesalahan umum dan mendasar saat mendesain dan mendekorasi ruang tamu. Berikut 10 di antaranya:

Kesalahan desain interior ruang tamu #1: Sistem pencahayaan

Sistem pencahayaan adalah salah satu hal terpenting dalam desain interior. Pencahayaan mampu menghidupkan atmosfer sebuah ruang.

Suasana ruang tamu seharusnya dirancang dengan mempertimbangkan perasaan dan mood. Oleh sebab itu, ruang tamu harus memiliki lebih dari satu sumber pencahayaan.

Sumber pencahayaan yang didapat hanya dari lampu gantung saja yang persis diinstall di bagian tengah ruangan bisa menjadi kesalahan fatal. Anda harus merancang sistem pencahayaan lainnya sebagai sumber penerangan, seperti lampu baca, lampu dinding, lampu langit-langit, atau bahkan lampu lantai.

desain interior ruang tamu

Kesalahan desain ruang tamu #2: Ukuran karpet

Karpet ukuran kecil dapat membawa ketidakseimbangan ke dalam ruangan. Pastikan untuk memilih ukuran karpet yang tepat dan proporsional di ruang tamu.

Karpet ukuran besar secara visual akan terlihat memperluas ruang, selain dapat berfungsi membedakan mana area negatif dan area positif.

desain interior ruang tamu

Kesalahan desain interior ruang tamu #3: Posisi TV

Tempat atau posisi terbaik untuk TV adalah pada dinding kosong. Jangan pernah memasang TV di depan atau dekat jendela.

Jarak antara TV dan sofa juga tergantung pada ukuran layar. Pertimbangkan hal tersebut saat berencana memasang TV di ruang tamu atau ruang keluarga.

desain interior ruang tamu, ruang keluarga

Kesalahan desain ruang tamu #4: Bantal sofa

Bantal sofa dapat menambah suasana nyaman dan santai. Saat memilih bantal, pertimbangkan apakah bahan dan teksturnya sesuai dengan kain sofa dan atau kursi.

Selain itu, pertimbangan lainnya adalah soal ukuran dan tentunya warna dan pola. Untuk furniture kecil, jangan pernah mencoba mencocokannya dengan bantal yang memiliki ukuran besar.

desain interior ruang tamu

Kesalahan desain interior ruang tamu #5: Penempatan sofa

Aturan ini sebenarnya berlaku untuk ruangan yang memiliki ukuran besar. Jika Anda memiliki kesempatan untuk menempatkan sofa yang menempel ke dinding, maka lakukanlah. Anda akan memperbesar ukuran ruang secara visual dan menciptakan kenyamanan.

Dalam beberapa situasi, seperti dalam ruangan yang memiliki ukuran cukup luas, sofa yang menempel ke dinding saat terdapat ruang ekstra untuk tidak melakukan hal tersebut, akan menjadikan ruangan terasa lebih seperti sebuah aula atau lantai dansa. Sangat tidak disarankan untuk melakukan itu.

Bacaan terkait:

10 Warna Cat Ruang Tamu Sempit, Sulap Ruangan jadi Terasa Luas & Istimewa

Kesalahan desain ruang tamu #6: Furnitur berwarna gelap dan langit-langit yang rendah

Jika Anda membeli furniture berwarna gelap untuk ditempatkan di ruangan dengan langit-langit yang rendah, Anda membuat kesalahan besar. Ruangan akan terlihat dan terasa sangat sempit.

Pilih sofa dan kursi dengan ukuran dan bentuk yang compact, serta yang dapat memberi nuansa netral.

Kesalahan paling umum dan paling mendasar adalah saat kita menjejali ruangan dengan furniture yang tidak memiliki ukuran proporsional dengan ruangan. Terutama menyangkut ukuran sofa.

Kesalahan desain interior ruang tamu #7: Furnitur tidak selaras dengan gaya desain

Hanya karena perabotan terlihat bagus, bukan berarti hal itu akan sesuai dengan ruangan Anda.

Pastikan beberapa hal, seperti kenyamanan, terutama keselarasan dengan gaya desain interior yang digunakan, serta bentuk dan modelnya yang tidak akan membebani kapasitas ruangan.

desain interior ruang tamu

Kesalahan desain ruang tamu #8: Galeri foto

Ruang tamu bukanlah galeri seni.

Teknik kolase untuk memajang foto-foto adalah cara terbaik yang akan memberikan kesan artistik yang kuat. Namun, jangan pernah tempatkan foto-foto Anda secara acak dalam setiap sudut ruangan, ruang tamu bukanlah galeri seni.

Kesalahan desain interior ruang tamu #9: Perabotan berukuran besar

Kesalahan paling umum yang paling sering ditemui adalah saat kita menjejali ruangan dengan berbagai perabotan dengan ukuran yang melebihi kapasitas ruang.

Ingat! Dalam urusan desain, terutama interior, tidak ada ruang yang kekecilan, yang ada hanyalah penggunaan perabotan yang “kebesaran”.

Jika Anda memiliki ruang tamu cukup luas, maka hal tersebut tidaklah terlalu menjadi masalah. Namun, untuk ruang tamu kecil, sofa dengan dua tempat duduk plus sepasang kursi berlengan akan terasa lebih cocok.

desain interior ruang tamu

Kesalahan desain ruang tamu #10: Gaya desain

Jika Anda terlalu memberi tekanan dan preferensi hanya pada satu gaya desain interior tertentu saja, dan membiarkan “penyimpangan-penyimpangan” tidak muncul, ruangan akan kehilangan kehangatan dan terlihat kaku, serta monoton.

Saya sangat merekomendasikan untuk “mencampurkan” beberapa gaya desain yang menjadi favorit Anda.

Gaya interior eklektik, akan menjadikan interior ruang tamu terlihat lebih atraktif.

desain interior ruang tamu

Ada pertanyaan seputar desain interior?

Tags: , , , , , , ,

interiordesign-putri-desainer

By Putri A Ashralika

Desainer kelahiran Jakarta. S1 Desain Interior ITENAS (lulus tahun 2012).

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa

 

Follow on Instagram

... ... ...