fbpx
Hello, Guest

Lantai Keramik: Jenis, Harga, Kelebihan dan kekurangannya

Posted by Fauzi Rahman Wednesday, December 21 2022
lantai keramik inspirasi

InteriorDesign.id – Lantai keramik mungkin menjadi satu-satunya lantai yang bisa diaplikasikan di bagian ruangan manapun. Rumah dengan kondisi iklim yang cenderung hangat biasanya menggunakan lantai untuk memberikan efek yang bagus pada ruangan.

Lantai keramik hingga saat ini sangat diminati, bahkan sebagian masyarakat Indonesia menggunakan lantai keramik pada ruangan, karena harga yang murah ditambah pilihan motif yang beragam.

Apa Itu Lantai Keramik?

Keramik merupakan salah satu jenis lantai berbahan tanah liat yang dibakar dengan api. Lantai keramik memiliki permukaan yang keras dan padat. 

Keramik tidak akan menyerap debu, cairan dan alergen sehingga mudah dibersihkan dengan kain pel atau spons. Lantai keramik mampu membantu menjaga udara bebas dari bahan iritasi yang dapat berbahaya bagi penderita asma dan alergi. 

Kelebihan Lantai Keramik 

1. Daya Tahan 

Lantai keramik mampu bertahan hingga 10 tahun pemakaian, terlihat dari segala kondisi seperti suhu yang terlalu panas ataupun terendam air tidak membuat kualitasnya menurun tentu dengan perawatan yang sesuai dan benar. Anda tidak perlu bingung menempatkan lantai keramik di ruangan dengan kondisi seperti apa, karena lantai keramik mampu bertahan di segala kondisi ruangan.

2. Banyak Variasi

Dengan variasi yang beragam Anda dapat berkreasi membuat tampilan yang menarik pada ruangan, dengan pilihan warna, ukuran, tekstur dan bentuk.

3. Mudah dibersihkan

Sifatnya yang tidak menyerap debu, cairan dan kotoran lain membuat lantai keramik mudah dibersihkan. Anda hanya perlu menggunakan sapu dan lap basah untuk membersihkan lantai keramik

4. Harga Beragam

Anda bisa menemukan harga termurah hingga termahal untuk jenis lantai keramik. Lantai jenis ini bisa menjadi salah satu rekomendasi untuk membangun rumah dengan dana yang ekonomis. 

Kekurangan Lantai Keramik

1. Tekstur Tergolong Keras

Berbahan dasar dari tanah liat yang dibakar tekstur lantai keramik lebih keras dibanding dengan lantai kayu. Jika Anda terbiasa dengan lantai kayu bisa disiasati dengan penambahan karpet pada lantai keramik. 

2. Lantai keramik: Permukaan dan Tampilan Cenderung Dingin

Bahan dari lantai keramik akan terasa dingin, sehingga saat musim hujan bisa membuat kaki kurang nyaman saat menginjak lantai. Nuansa yang dihasilkan dari lantai keramik juga cenderung dingin dan kaku, namun Anda bisa menyiasati dengan pemilihan warna yang cerah dan bermotif asimetris.

3. Licin dan tidak menyerap panas

Karena lantai belum mampu menyerap panas akan lebih terasa sensasi dingin saat musim hujan. Salah satu kelebihan lantai keramik tidak menyerap air, namun karena permukaan lantai yang licin maka Anda harus berhati-hati saat lantai terkena air hujan atau tumpahan cairan lainnya karena akan semakin licin. 

4. Lapisan Pengilap Tipis

Lapisan paling luar keramik yang menjadi permukaan paling atas sangat tipis, sehingga saat terkena goresan akan lebih terlihat dan Anda tidak bisa menutupnya dengan tambalan. Satu-satunya cara dengan mengganti lantai yang baru.

Harga dan Jenis lantai Keramik 

Desain, motif, warna, bentuk pada lantai keramik sangat beragam hal tersebut tentu akan mempengaruhi tampilan visual desain interior.

Agar Anda tidak semakin bingung memilih lantai yang cocok dengan desain rumah, simak beberapa jenis lantai dan harganya berikut!

1. Lantai keramik: Keramik Marmer

Bahan keramik marmer sudah populer sejak ribuan tahun karena keindahan, gaya, dan keanggunannya. Lantai keramik marmer telah menghiasi kerjaan pada masa kejayaan kekaisaran Romawi dan masih digemari hingga saat ini, menjadikannya pilihan lantai dengan tampilan Anggun dan Mewah. 

Keramik marmer membutuhkan perawatan khusus, lebih disarankan penggunaan marmer di ruangan yang lebih kecil hindari bahan yang bisa menyebabkan goresan pada lantai. Harga untuk keramik bahan marmer juga beragam tergantung dari kualitasnya mulai dari Rp 250.000 hingga Rp 2.000.000.

2. Keramik Granit

Granit salah satu bahan dari batu alam dan banyak diminati baik di luar maupun di dalam rumah. Tampilan visual yang unik dan tergolong tahan lama terlebih harga jenis granit lebih murah dibanding lantai marmer. 

Karena harga yang lebih ekonomis Anda bisa memasang lantai granit di tempat yang lebih luas. Untuk Harga lantai granit per dus ukuran 60×60 cm mulai dari Rp 120.000 hingga Rp 220.000.

3. Lantai keramik: Keramik Porselen

Jenis bahan keramik porselen dikenal dengan bahannya yang  lebih kuat, lebih keras, dan bahkan lebih tahan air daripada keramik yang standar.

Secara visual keramik granit memiliki kelebihan mampu terlihat persis seperti jenis bahan lantai tradisional, contohnya marmer, granit, kayu, atau bahkan baja, bambu, atau gabus. Sehingga Anda dapat menikmati sensasi yang berbeda dibanding lantai keramik standar.

Namun dari segi biaya keramik porselen tergolong mahal mulai dari Rp 90.000 hingga Rp 500.000 per meter persegi.

4.  Keramik Limestone

Anda menyukai tampilan estetik namun tetap terlihat unik, maka Anda bisa mencoba lantai keramik limestone.

Jenis bahan Limestone keindahannya sudah dikenal sejak lama telah menghiasi monumen bersejarah selama beberapa dekade, seperti Sphinx Agung, Empire State Building, dan Gedung Putih.

Jenis bahan ini akan bagus untuk penggunaan komersial maupun residensial secara signifikan. Harga lantai keramik Limestone per meternya berkisar antara Rp 350.000 hingga Rp 400.000.

5. Keramik Mozaik

Desain keramik Mozaik bertujuan menciptakan inovasi desain yang unik berbeda dengan yang lainnya. Motif dari keramik mosaik sangat beragam Anda bisa memilih sesuai dengan desain interior rumah agar tidak bosan.

Untuk harga keramik mozaik pun beragam mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 50.000 per petak untuk ukuran 5×5 cm hingga 10×10 cm.

6. Keramik Semen

Lantai keramik semen banyak ditemui di cafe,rumah atau perkantoran dengan konsep konsep industrial atau unfinished. Anda bisa menggunakan Lantai semen pada bagian kamar atau ruang keluarga karena akan menimbulkan suasana yang damai dan dingin.

Untuk Harga bahan lantai semenberkisar antara Rp 40.000 hingga Rp 70.000 ribu per m².

Kesimpulan

Sekarang Anda sudah mengenal beberapa jenis keramik dan kisaran harganya. Pastikan pilih jenis keramik yang tepat untuk desain rumah Anda.

Kunjungi website dan Instagram DesignInterior.Id agar bisa konsultasi lebih lanjut dan dapatkan hasil yang maksimal!

Baca selanjutnya

Wednesday, November 9 2022
Posted by Arventho Marlyo
interior apartemen gaya industrial
Monday, September 26 2022
Posted by Rio Stefanus
desain lantai dapur
Wednesday, June 2 2021
Posted by Krisnadila Aprianti Gunawan

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait
Rekomendasi Model Keramik Lantai
Wednesday, December 21 2022
Posted by Audrey Alodia
desain lantai dapur
Wednesday, June 2 2021
Posted by Krisnadila Aprianti Gunawan
Wednesday, November 9 2022
Posted by Arventho Marlyo

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id