Manfaat Desain Dapur ala Mini Bar, Area Komunal yang Fungsional dan Menyenangkan

Posted by Nita Hidayati  •  Tuesday, February 6 2018

 

Salah satu manfaat desain dapur ala mini bar adalah hemat anggaran. Anda tidak perlu lagi memiliki ruang makan tradisional yang khusus dan terpisah. Mini bar dapur Anda dapat Anda fungsikan sebagai ruang makan sekaligus ruang berkumpul yang fungsional dan menyenangkan.

Interiordesign.id – Istilah mini bar terkait erat dengan kata Bar. Adalah sebuah area yang biasa dijumpai di sebuah kafe yang menyediakan aneka minuman. Kata bar berasal dari barrier yaitu sesuatu yang menghalangi atau membatasi antara bartender dengan tamu. Pembatas tersebut dapat berupa kayu pemisah yang disebut counter yang diberi kursi dengan tinggi yang sesuai.

Seiring perkembangannya, konsep bar kemudian banyak dibawa dan diadaptasi ke dalam rumah dengan ukuran meja/counter yang lebih kecil atau mini. Dan lahirlah mini bar.

Mini bar adalah suatu area di dalam rumah yang seringkali digunakan sebagai tempat menyediakan makanan ringan dan berbagai minuman. Mini Bar umumnya terdiri dari meja dan kursi tinggi dilengkapi dengan pencahayaan dan seringkali berada di dekat dapur atau pantry.

| Desain Ruang Makan ala Kafe, Sulap Ruang Makan Biasa Jadi Serasa di Kafe Favorit

manfaat desain dapur ala mini bar

desain dapur ala mini bar industrial via pinterest

Berbeda dengan bar yang berada di dalam kafe, mini bar di rumah biasanya digunakan sebagai salah satu unsur desain dan dekorasi interior pada ruang dapur. Area ini bisa menjadi area berkumpul atau area komunal di dalam rumah, tempat mengobrol sambil menikmati beragam sajian makanan dan minuman ringan.

| Desain Dapur Scandinavian; Interior Dapur Mungil Yang Serba Putih dan Cantik

Selain memberi tambahan daya tarik pada interior ruang dapur, berikut beberapa manfaat lain dari desain dapur ala mini bar:

Manfaat Desain Dapur ala Mini Bar; Sebagai Ruang Makan

manfaat desain dapur ala mini bar

via residencestyle.com

Bagi rumah atau apartemen dengan ukuran yang mungil, keterbatasan ruang dapat diatasi dengan merancang ruang dapur agar memiliki sebuah mini bar. Mini bar tersebut dapat difungsikan sebagai pengganti ruang makan yang umumnya membutuhkan ruangan yang luas. Mini bar menjadi solusi praktis bagi yang tidak memiliki ruang yang luas untuk difungsikan sebagai ruang makan.

| Desain Ruang Makan Minimalis Terbuka; Sebuah Gagasan Desain Ruang Modern yang Simpel dan Elegan

Manfaat Desain Dapur ala Mini Bar; Hemat Anggaran

Untuk memiliki sebuah mini bar sendiri tidak membutuhkan area yang luas. Mini bar dapat dirancang menempel pada dinding. Sekilas, mini bar ini sangat mirip dengan sebuah peninsula yang juga memiliki fungsi dan tujuan serupa. Namun biasanya, peninsula dirancang agak pendek dan terintegrasi dengan kitchen set, sementara mini bar memiliki tinggi yang khas dengan bar stool yang juga khas.

manfaat desain dapur ala mini bar

from pinterest

| Kesalahan Desain Dan Dekorasi Dapur

Merancang dapur dengan sebuah mini bar juga dapat menghemat sejumlah anggaran. Dengan fungsi yang beragam, seperti bisa difungsikan sebagai area makan, Anda tidak perlu lagi untuk memiliki sebuah area makan khusus yang tentunya memakan lebih banyak anggaran.

Manfaat Desain Dapur ala Mini Bar; Fungsional

Berbeda dengan meja makan, meja bar yang tidak terlalu luas memiliki banyak nilai fungsi. Anda dapat menggunakan meja bar sebagai meja untuk makan, meja untuk kegiatan memasak bahkan untuk menyimpan bahan-bahan masakan.

manfaat desain dapur ala mini bar

by pinterest

| Dekorasi Storage Dapur, Cara Terbaik Menata Area Penyimpanan Pada Ruang Dapur

Dan yang paling mengasyikan, memiliki mini bar dapat berarti Anda memiliki area “nongkrong“ baru di dalam rumah Anda sendiri. Bahkan Anda juga dapat mengajak tamu yang berkunjung untuk bercengkrama di mini bar dapur Adan dengan santai layaknya berada di sebuah kafe.

Area komunal yang benar-benar menyenangkan bukan?

Happy decorating.

Butuh bantuan mendesain dan mendekorasi mini bar yang nyaman, dan menyenangkan? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan jasa desain interior terbaik dan desainer-desainer terbaik? Silakan kunjungi laman berikut: Proses desain dan dekorasi ruangan (step by step) full online.

Tags: , , , , , , ,

Nita Hidayati

By Nita Hidayati

Content writer, menyukai gaya skandinavia

Artikel lainnya

 

 

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader