desain dapur dan ruang makan sempit

Konsep Desain Dapur dan Ruang Makan Sempit

Posted by Dhila Fadhilah Khairunisa  •  3 weeks ago

Dapur dan ruang makan menjadi salah satu area komunal paling penting tempat berkumpulnya seluruh anggota keluarga.

Interiordesign.id – Menyiasati terbatasnya luasan ruangan rumah tentu tidak mudah. Kita perlu memutar otak untuk menemukan bentuk dan tata ruang terbaik yang dibutuhkan. Salah satunya adalah terbatasnya area dapur dan ruang makan.

Dalam perspektif desain interior sendiri, ukuran memang tidak menjadi masalah. Konsep desain apapun sangat memungkinkan untuk diterapkan ke dalam ruangan dengan luasan berapapun. Tetapi, ada kalanya seorang desainer handal pun bisa sangat kesulitan, untuk menyeimbangkan antara fungsi dan estetika.

Seperti kita semua tahu, desain interior bukan hanya soal fungsi, tetapi juga soal aspek estetika dan juga psikologi ruang.

Nah, soal dapur dan ruang makan, area komunal ini sangatlah penting karena keduanya harus bisa memfasilitasi setiap kegiatan dan aktivitas yang bisa mengakomodir kebutuhan semua penghuni.

Pertanyaannya kemudian, bisakah ruangan dengan ukuran kecil bisa dirancang seperti itu?

Jawabannya, tentu saja bisa.

Dapur dan ruang makan sangatlah terintegrasi. Kedua area ini seperti tidak terpisahkan satu sama lain. Setidaknya secara umum. Sehingga menyatukan area dapur dan ruang makan adalah hal biasa, dan menjadi trik terbaik bagaimana mendapatkan dua fungsi ruangan dalam satu luasan area. Ini banyak digunakan di rumah-rumah kecil modern saat sekarang.

Desain dapur dan ruang makan sempit sangat bergantung pada bagaimana tata letak dan penataan furniture. Pekerjaan dekor ini adalah pertimbangan utama. Namun, tata ruang ini juga tidak gampang, tidak semua orang mampu melakukannya. Seorang stylist interior hebat pun bisa mengalami dilema dan kesulitan.

Jangan khawatir, apalagi pesimis.

Meski luasan rumah tidak terlalu besar dan atau ideal, masih banyak yang bisa dilakukan untuk mendapatkan rancangan dapur dan ruang makan sempit yang tetap bisa memiliki kenyamanan dan sekaligus menarik secara visual.

Simak beberapa hal penting saat menata area dapur dan ruang makan sempit berikut;

Ini bisa memberi Anda inspirasi bagaimana seharusnya penampilan ruang komunal ini, meski ukurannya tidak terlalu luas atau besar.

Pilihan Furniture

Tidak ada ruang yang kekecilan, yang ada hanyalah penggunaan perabotan atau furniture yang kebesaran.

Pertama, Anda mesti mempertimbangkan soal kutipan ini; “tidak ada ruang yang kekecilan, yang ada hanyalah penggunaan perabotan atau furniture yang kebesaran.”

Untuk area dapur dan ruang makan, keberadaan meja makan misalnya, jika tidak menggunakan pilihan dan model yang pas serta tepat, bisa sangat menggangu, terutama di ruangan yang cukup sempit. Dus, pilihlah meja makan, -terutama ukurannya-, dan sesuaikan dengan kebutuhan.

Gunakan meja makan berbentuk bulat. Ini adalah model desain meja makan yang termasuk fleksibel dan bisa fit di ruangan yang tidak terlalu luas.

Meja makan bentuk bulat

~ via adorable-home

Pilihan Warna

Setelah memutuskan model perabot untuk area dapur dan ruang makan sempit Anda, sekarang saatnya menentukan pilihan warna cat interior.

Ini sangat penting, semenjak warna memiliki pengaruh magis dalam tata ruang interior.

Selalu upayakan untuk bermain dengan tone warna netral.

Gunakan warna-warna netral seperti putih, grey atau abu, atau warna-warna pastel, atau yang lainnya. Ini bisa sangat sempurna sebagai skema warna utama untuk rumah kecil atau ruangan kecil.

Warna netral, terutama putih, memiliki kemampuan memperlihatkan ruangan yang tidak terlalu besar tampak lebih luas dan lapang.

dapur dan ruang makan sempit

~ hellomagz

Minimalis

Minimalis adalah konsep desain yang dipreteli, menghapus bagian-bagian yang tidak perlu, hingga hanya meninggalkan elemen-elemen pentingnya saja.

Ini yang paling penting.

Meski antara ruang dapur dan ruang makan idealnya memiliki area terpisah, tetapi karena luasan area yang tidak memungkinkan, bukan berati Anda tidak bisa memiliki keduanya sekaligus dalam satu ruangan.

Sangat penting untuk berpikir “out of the box”.

Satu area kecil yang dirancang menggunakan konsep minimalis, banyak hal yang bisa dilakukan di sana. Termasuk untuk memiliki dua fungsi ruangan dalam satu area.

Gagasan minimalis, bisa dirtikan; adalah konsep desain yang dipreteli, menghapus bagian-bagian yang tidak perlu, hingga hanya meninggalkan elemen-elemen pentingnya saja.

Ini termasuk ketika merancang area dapur dan ruang makan sempit.

Singkirkan hal-hal yang tidak Anda perlukan di sana. Atur dan tata beberapa elemen penting saja di ruang dapur dan ruang makan sempit di rumah Anda.

Desain dapur dan ruang makan sempit dengan penerapan gaya minimalis, sudah sangat cukup untuk bisa memfasilitasi dan mengakomodir semua yang Anda dan keluarga Anda butuhkan.

desain dapur dan ruang makan sempit

Interior dapur dan ruang makan rumah Arumi Larasati, Jakarta.

Ada pertanyaan tentang desain interior rumah Anda? Desainer kami siap menjawabnya

Tags: , , , , , , ,

designer interiordesign.id

By Dhila Fadhilah Khairunisa

Desainer interior ITENAS lulusan tahun 2012.

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader