10 Cara Mudah & Murah, Bagaimana Membuat Suasana Rumah Agar Makin Nyaman & Menyehatkan

Posted by HinaYana  •  Tuesday, March 14 2017

 

interiordesign.id – Rumah ibarat sebuah sanctuary, tempat peristirahatan paling nyaman, terlebih dari gaya hidup modern seperti saat ini yang serba instan, cepat dan sibuk. “Rumah adalah refleksi dari apa yang penting bagi kita, menunjukkan gaya dan kepribadian kita”, kata seorang Psikoterapis dan Pengarang, dalam kolomnya di huff post, Robi Ludwig.

Saat berada di rumah, kita menghabiskan sebagian terbesar waktu terpenting dalam hidup, itulah sebab rumah memiliki fungsi dan dampak yang sangat signifikan terhadap mood dan perasaan kita.

Sekali lagi, dalam gaya hidup modern yang serba instan, cepat dan sibuk saat ini, menjadikan rumah ibarat sebuah obat untuk menetralisir stress adalah pilihan yang sangat bijaksana. Rumah, di tempat inilah kita kembali menimba dan mengembalikan kekuatan fisik dan juga mental, untuk menghadapai hari-hari yang akan datang menjelang.

Mengubah suasana rumah agar sesuai harapan dan keinginan, terutama menjadikannya sebuah tempat yang paling nyaman sedunia, memerlukan ketepatan dan ketelitian agar sesuai dengan kepribadian. Banyak cara untuk membuat satu hal ini, konsultasi kepada seorang desainer profesional tentu menjadi cara yang paling mudah.

Hal pertama yang harus di lakukan adalah mengenali dan mengetahuai apa yang benar-benar anda butuhkan. Namun juga jangan salah, keinginan yang terlalu berlebihan justru dapat mendistorsi niatan tersebut.

Beruntung beberapa hal yang harus di perhatikan saat akan mengubah dan menjadikan rumah agar makin nyaman dan menyehatkan ini, sangat mudah di lakukan dan tentunya dalam beberapa point sangat terjangkau dan ramah kantong.

Di nukil dari beberapa sumber, inilah 10 hal yang akan akan membuat rumah makin nyaman dan menyehatkan.

#1 Perhatikan Kualitas Udara Dalam Ruangan

Karpet adalah salah satu cara termudah dan murah mendekorasi dan menghasilkan suasana rumah yang hangat dan nyaman. Namun juga sebaliknya, karpet dapat menjadi sumber dari ketidaknyamanan.

Dekorasi ruangan dengan Karpet via eBay

Dalam sebuah kolom di everydayhealth.com, karpet adalah pelabuhan dari alergen, debu, bakteri, dan polutan lainnya yang dapat mempengaruhi masalah kualitas udara dan menyebabkan kesehatan.

Iritasi pada kulit, sakit kepala, batuk-batuk, kelelahan, iritasi pada mata, kesulitan bernafas adalah beberapa masalah kesehatan yang di sebabkan polutan pada karpet.

Maka dari itu, jika anda ingin mendapatkan kenyamanan pada ruangan dengan dekorasi dan instalasi sebuah karpet, ada baiknya sempurnakan dengan rencana untuk selalu membersihkan karpet secara periodik atau berkala, agar kualitas udara pada ruangan dapat terjaga dengan baik.

#2 Perhatikan Suhu Ruangan

Dari getholistichealth.com, suhu ruangan dapat mempengaruhi mood dan perasaan. Sebuah studi mengatakan, bagaimana temperatur ruangan dapat menyebabkan seseorang terpengaruh pada tindakan dan mood mereka.

via inspiringhomeideas

Dalam hal ini anda mesti perhatikan betul-betul suhu atau temperatur pada ruangan saat akan melakukan dekorasi. Suhu yang tidak terlalu panas juga tidak terlalu dingin akan sangat pas dan membuat suasana ruangan menjadi sangat nyaman.

#3 Ventilasi Udara

Tanpa benar-benar kita sadari, penggunaan bahan-bahan kimia yang di tujukan untuk membuat suasana rumah agar makin fresh dan terhindar dari bau-bau tak sedap, seperti penggunaan penyegar ruangan beraroma lemon dan pinus, justru menghasilkan sebuah reaksi kimia yang menyebabkan polusi udara.

natural ventilation via Houzz

Di lansir dari dailymail.co.uk, sebuah studi dari the Royal College of Physicians and the Royal College of Paediatrics and Child Health mempertegas hal tersebut.

Alih-alih mendekorasi rumah dengan sentuhan teknologi terkini agar makin nyaman, tanpa sebuah ventilasi udara yang memadai, justru menyebabkan berbagai polutan terperangkap dalam ruangan.

#4 Pemilihan Warna

Dari sheilarichinteriors.com, desain interior menggunakan colour theraphy atau chromatheraphy dapat meningkatkan semangat Anda, meningkatkan kekebalan terhadap penyakit, dan secara umum dapat meningkatkan gaya hidup yang sehat dan baik.

Pemilihan warna akan membuat rumah terasa sangat nyaman. Tentunya dengan penggunaan dan perpaduan warna serta pola yang tepat.

via endesk

Setiap pilihan warna dapat memberikan perasaan berbeda-beda pada diri kita. Di nukil dari spiralj.wordpress.com, Inilah beberapa pilihan warna yang dapat anda pertimbangkan sebagai bagian dari dekorasi rumah.

Merah: Warna darah dan gairah. Merah mampu merangsang, membangkitkan, dan mempertinggi kesadaran.

Biru: Warna langit dan laut. Salah satu warna yang paling populer. Pilihan warna biru akan memberikan ketenangan. Namun, jika terlalu banyak biru, suasana kan berubah menjadi dingin dan agak menyedihkan.

Kuning: Ceria, warna matahari. Warna kuning adalah pengambil perhatian. Warna ini dapat mengisi kembali, memberikan energi, dan merevitalisasi.

Hijau: Melambangkan alam. Ini adalah warna yang paling mudah dan eye caching. Hijau memberikan ketenangan, menyegarkan, dan menyeimbangkan.

Orange: Warna ceria yang dapat mengingatkan pada buah-buahan, yang bersih dan cerah. Orange juga dianggap dapat memberikan ketertiban.

Ungu: Warna yang melindungi dan memberikan kenyamanan. Ungu dalah representasi warna bunga atau sayuran.

Coklat: Solid. Coklat adalah warna bumi. Sangat cocok untuk pria yang aktif dan modern.

#5 Tema Pencahayaan

Pencahayaan pada ruangan juga dapat memberikan rasa nyaman dan suasana menenangkan yang anda butuhkan.

Jangan ragu untuk memberikan sentuhan dekorasi tema pencahayaan pada ruangan seperti dengan penggunaan lilin.

candle room via aliexpress

Di nukil dari blisshomeanddesign, “lilin dapat membantu mengubah mood ruangan dengan cahaya lembut yang terpancar dari mereka, lilin juga dapat menawarkan aroma yang menarik pada keseluruhan desain interior”.

#6 Kamar Tidur Yang Sleep Friendly

Dari besthealthmagz, kamar tidur adalah area utama di mana anda memulihkan semua tenaga dan mengembalikan seluruh kesadaran fisik dan mental pada ruangan ini.

Kamar tidur harus bebas dari sentuhan teknologi untuk menciptakan tidur yang berkualitas. Perhatikan juga pencahayaan pada ruangan ini, rekomendasinya adalah sedikit gelap dan suasana yang temaram akan sangat menenangkan dan memberikan rasa nyaman.

Bahkan jika perlu, anda dapat menambahkan rekomendasi dari sebuah studi yang di lakukan seorang ahli saraf, Charles J. Bae, M.D, yang menyarankan anda untuk tidur telanjang untuk mendapatkan kesehatan maksimal.

#7 Jauhkan TV dari Ruang Keluarga

Dari Karen Egly-Thompson, seorang kontributor houzz, dalam artikelnya berjudul “how to create a cozy living room”, keberadaan TV dan smartphone di ruang keluarga dapat mendistorsi kehidupan sosial bersama keseluruhan anggota keluarga.

Gaya hidup modern menuntut kita agar selalu dekat dan akrab dengan teknologi, namun penggunaannya yang berlebihan justru akan berakibat dan berdampak negatif.

Kenyamanan yang anda harapakan di rumah menjauh seketika dengan terlalu fokus pada dekorasi yang berbasis teknologi sebagai titik pijak awal.

Ciptakan atau buat Ruang entertainment atau ruang hiburan khusus, jangan satukan dengan ruang keluarga yang jadi tempat berbagi dan bersosialisasi bersama seluruh anggota keluarga.

#8 Mengkreasi Sebuah Sudut Baca

Dalam sebuah jurnal ilmu pengetahuan, seperti di lansir dari hufftingtonpost.com, membaca dapat membuat anda selalu bergembira, melatih dan membuat otak anda tetap tajam, membantu anda mendapatkan tidur yang berkualitas dan bahkan mampu menjauhkan dari penyakit alzheimer.

Sudut baca yang anda kreasi di rumah dapat memberikan semua kelebihan itu, menghilangkan stress dari gaya hidup modern yang serba instan seperti saat ini.

Rumah anda menjadi tempat ternyaman yang dapat mengembalikan kekuatan fisik dan mental, setelah kelelahan gegara aktifitas seharian di luar.

#9 Indoor Plant & Gardening

Di lansir dari Health.com, tanaman indoor dan keberadaan taman dan atau kebun di rumah dapat meningkatkan kesehatan.

Kualitas kenyamanan rumah yang anda harapkan dengan mengandalkan pada dekorasi tanaman indoor dan home gardening yang anda lakukan, akan terasa meningkat secara signifikan.

Anda mungkin dapat meniru cara termudah untuk melakukannya. Inspirasi dari seorang youtuber Danielle Smith ini, akan membantu anda.

DIY Floral Arrangements – Easy Home Decor.

[su_youtube url=”https://www.youtube.com/watch?v=yObKzV-5PPQ” height=”380″]

#10 Organize, Organize, Organize

Inilah tips atau cara terakhir yang perlu anda lakukan segera jika kenyamanan adalah tujuan akhir anda. Singkirkan barang-barang atau furnitur yang menurut anda sudah tidak lagi dibutuhkan atau hanya akan membebani ruangan saja, sehingga menyebabkan kenyamanan dan suasana simpel dan kalem yang diharapkan menjadi tergangu.

Jika anda memilih kesederhanaan, anda dapat memilih gaya desain interior ala skandinavia yang minimalis dan mengandalkan fungsi serta furnitur-furnitur yang simpel namun fungsional.

Tags: , , , ,

Hina Yana

By HinaYana

Konten Editor. Menyukai sains, terutama sains politik dan sains interior.

Artikel lainnya

 

 

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram