desain dapur sederhana

Desain Dapur Sederhana; Tips Praktis Bagaimana Mendesain dan Mendekorasi Dapur Kecil Sederhana

Posted by HinaYana  •  3 weeks ago

 

Untuk memiliki desain dapur sederhana namun nyaman dan menyenangkan, kita akan dihadapkan pada situasi dilematis, antara desain yang menawan dan sejumlah investasi atau biaya yang dibutuhkan.

Interiordesign.id – Jika Anda memiliki rumah besar dengan alokasi luasan pada ruang dapur yang ideal, dan terutama anggaran dekorasi yang tak terbatas, tentu tidak akan ada masalah saat mendesain dan mendekorasi ruang dapur sesuai kehendak. Namun, bagaimana jika alokasi luasan untuk ruang dapur di rumah Anda tidak terlalu besar dan Anda tidak memiliki anggaran yang cukup besar? Persis di sinilah titik masalahnya; bagaimana Anda dapat menciptakan ruang dapur idaman, dengan penampilan yang sederhana namun sekaligus memiliki tingkat kenyamanan yang luar biasa? Jawabannya; tentu saja bisa.

| Desain Dapur Idaman; Dapur Modern para Pemenang “Interior Design Awards 2017”

Desain dan penggunaan dapur telah berubah secara dramatis seiring perkebangan dunia desain interor dan arsitektur. Dapur, yang dulunya merupakan ruang sederhana untuk menyiapkan makanan, kini telah menjadi jantung dan jiwa dari setiap rumah. Apakah itu sebagai ruang berkumpul bagi keluarga atau biasa disebut sebagai ruang komunal, dan bahkan desain dapur saat ini bisa juga mengakomodasi kebutuhan anak-anak, dengan kata lain ruang dapur juga bisa berfungsi sebagai ruang bermain bagi anak-anak. Tentu dengan gagasan desain yang ramah dan aman bagi mereka.

Intinya, ruang dapur memiliki banyak relasi dan interkoneksi dengan gaya hidup. Desain dapur saat ini menjadi salah satu bagian yang sangat penting, Anda harus melakukanya dengan benar dan tepat.

Untuk memberikan kemudahan dan inspirasi, berikut tips praktis untuk menciptakan ruang dapur impian; desain dapur sederhana dengan kenyamanan dan estetika yang memadai.

| Dapur Kecil Minimalis; Desain Interior Dapur Rumah Modern

| Desain Dapur Minimalis 2×3; Tampilan Minimalis dengan Fungsi Maksimalis

Desain dapur sederhana; Golden triangle

Dalam standar desain dapur pada umumnya, Anda harus benar-benar memerhatikan aturan segitiga emas. Ukuran dapur, besar atau kecil tetap harus memuat aturan tersebut, di mana posisi kompor, lemari es, dan wastafel membentuk segitiga. Golden triangle akan membuat ruang kerja di area dapur jauh lebih fungsional dan lebih mudah digunakan.

desain dapur sederhana

~ via ipinfoview

| Desain dan Layout Dapur Kecil yang Fungsional dan Nyaman

desain dapur sederhana

~ via inspired kitchen design

Desain dapur sederhana; Material berkualitas

Dengan asumsi penggunaan berat pada area dapur hampir setiap hari, Anda membutuhkan material atau bahan berkualitas. Material-material berkualitas akan memberikan daya tahan dan mengurangi biaya ekstra perawatan secara reguler.

desain dapur sederhana

~ via pinterest

| Desain Dapur Peninsula, Dapur Rumah Kecil yang Fungsional

Desain dapur sederhana; Ruang penyimpanan

Salah satu cara menampilkan ruang dapur yang terlihat apik juga ciamik adalah keterorganisirannya. Menciptakan ruang-ruang penyimpanan ekstra bisa menjadikan ruang dapur terlihat lebih bersih, rapi, dan terorganisir dengan sangat baik. Area kerja sekaligus area berkumpul semacam itu tentu akan menciptakan rasa nyaman yang sangat luar biasa.

desain dapur sederhana

~ via architecture & design

| Desain Mini Pantry; Dapur Kecil yang Bersih dan Nyaman

Desain dapur sederhana; Pencahayaan

Satu lagi elemen desain yang harus benar-benar diperhatikan untuk menciptakan ruang dapur idaman adalah pencahayaan. Sesederhana apapun area dapur yang akan dibangun, pilihan pencahayaan akan menjadikan area ini terlihat lebih asyik dan menyenangkan. Pencahayaan dapur harus disesuaikan juga dengan gagasan dan konsep untuk mendukung kerja-kerja dan aktivitas spesifik di ruang dapur.

desain dapur sederhana

~ via Certified-Lighting.com

Desain dapur sederhana; Gaya desain dan pilihan warna

Pilihan gaya desain dan pilihan warna akan menentukan seberapa besar area dapur dapat mencerminkan kepribadian dan karakter pemiliknya. Gaya desain yang tepat akan menciptakan seberapa besar area dapur terlihat lebih hangat dan mengundang.

Pun begitu dengan pilihan warna, Anda harus benar-benar memikirkan tentang kualitas dan jenis cahaya alami yang kemudian memilih warna yang sesuai dengannya untuk menghindari asupan cahaya yang berlebihan atau pun sebaliknya.

desain dapur sederhana

~ HGTV

| Kesalahan Desain dan Dekorasi Dapur

Jasa desain interior spesialis

Hal terakhir yang harus dilakukan saat berencana untuk memiliki desain dapur sederhana idaman adalah meminta bantuan jasa desain interior terpercaya. Jasa desain interior yang memiliki spesialisasi dalam mendekorasi area dapur akan memberikan banyak sekali keuntungan, dan tentunya kemudahan bagi Anda untuk memiliki semua hal yang diinginkan untuk area dapur rumah.

Jangan lupakan juga, saat ini sudah tersedia berbagai platform online saat meminta bantuan jasa desainer-desainer profesional. Memparafrasekan sebuah iklan komersial yang populer; semua kini ada dalam genggaman Anda.

Happy decorating.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior dapur? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan jasa desain interior terbaik dan desainer-desainer terbaik? Silakan kunjungi laman berikut: Proses desain dan dekorasi ruangan (step by step) full online.

Tags: , , , , ,

Hina Yana

By HinaYana

Konten Editor. Menyukai sains, terutama sains politik dan sains interior.

Artikel lainnya

 

 

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram