partisi ruang dari kaca besar

5 Desain & Cara Kreatif Bagaimana Memisahkan Area Kamar Tidur dengan Area Lain dalam Ruangan “Open Space”

Posted by HinaYana  •  3 weeks ago

Desain kreatif yang memberi inspirasi bagaimana mendapatkan privasi yang cukup pada ruangan dengan konsep open space, tanpa mereduksi nilai estetika, serta artistik pada keseluruhan gagasan desain dan dekorasi.

Interiordesign.id – Konsep open space semakin populer seiring tren perkembangan rumah atau hunian berukuran kecil. Sebut saja rumah tipe 22 atau apartemen studio.

Namun, terdapat sedikit kekurangan dalam desain open space pada rumah atau apartemen berukuran kecil ini, seperti minimnya privasi akibat konsep ruang terbuka atau open space tanpa sekat.

Baca: Desain dan Dekorasi Ruang Tamu Lantai Terbuka

Hunian berukuran kecil memang banyak diminati, hal ini terjadi akibat dari melonjaknya harga properti yang terus menerus mengalami kenaikan. Tipe hunian ini menjadi solusi alternatif untuk mendapatkan tempat tinggal dengan harga yang relatif terjangkau.

Ruang tidur atau area kamar tidur biasanya yang pertama kali harus dipikirkan dalam desain lantai terbuka. Kamar tidur harus memiliki pembatas atau sekat untuk mendapatkan privasi.

Dalam konsep open space, area tidur biasanya menyatu dengan area-area lainnya, seperti ruang tamu dan bahkan dapur, hal ini terjadi akibat keterbatasan ruang.

Nah, untuk menyiasatinya, beberapa cara kreatif memisahkan dan memberi sekat antara area kamar tidur dengan ruangan lainnya, bisa jadi solusi.

Berikut adalah gagasan desain kreatif yang bisa memberi Anda gambaran bagaimana mendapatkan privasi pada ruangan dalam denah lantai terbuka, tanpa mereduksi nilai estetika serta artistik pada keseluruhan gagasan desain dan dekorasi.

Bacaan terkait: 5 Cara Mudah Desain Kamar Tidur Kecil

1. Room Divider Kaca Berbingkai Besi

Room divider dari kaca berbingkai besi hitam yang tampak seperti dalam gambar, bisa menjadi pilihan menarik untuk mendapatkan area kamar tidur dengan privasi yang cukup terjaga.

Selain sanggup mengurangi kebisingan yang dibutuhkan untuk kenyamanan saat Anda tidur, model pemisah ruangan dari kaca berbingkai besi ini juga menampilkan visualisasi interior gaya industrial yang cukup unik.

partisi atau sekat ruangan dari kaca berbingkai besi

partisi atau sekat ruangan dari kaca berbingkai besi

Room divider dari kaca berbingkai besi hitam. ~ via trendir

2. Room Divider dari Tirai atau Gorden

Memberikan batasan area tidur menggunakan tirai atau gorden mungkin tidak membuat ruang menjadi kedap suara. Namun, konsep pembatas dengan menggunakan tirai atau gorden ini, merupakan alternatif paling mudah, murah, serta cukup praktis.

partisi atau sekat ruangan menggunakan tirai

partisi atau sekat ruangan menggunakan tirai

Pembatas area tidur menggunakan tirai. ~ via trendir

3. Sleeping Nooks

Mengubah lemari dan mentransformasikannya menjadi area tidur adalah contoh konsep mendapatkan area tidur yang super kreatif.

Area tidur pada sudut ruang atau pojokan ini, menjadi salah satu pemanfaatan fungsi secara alami yang disediakan oleh arsitektural banguan dan atau konstruksi interior.

kamar tidur di pojokan

Area tidur pojokan atau pada sudut ruangan. ~ via trendir

4. Area Tidur Berbingkai Kaca

Area kamar tidur ini dapat dibilang sangat mirip dengan pembatas atau divider kaca berbingkai hitam, tetapi dengan estetika yang lebih ramping.

Kaca dengan desain yang artisitk dapat menampilkan konsep interior kontemporer pada keseluruhan ruangan. Dan Anda dapat menambahkan dan menggunakan tirai untuk menutupi kaca agar tidak merasa seperti seakan berada di dalam sebuah akuarium.

sekat ruangan dari kaca besar

sekat ruangan dari kaca besar

Pembatas area tidur menggunakan kaca. ~ via trendir

4. Half Wall

Konsep setengah dinding bisa memberikan banyak sekali keuntungan.

Selain sebagai penegasan pada area tidur yang sangat pribadi, Anda juga dapat mengunakan dan mendekorasinya untuk beragam fungsi, seperti area penyimpanan barang-barang pribadi atau sejenisnya.

partisi setengah dinding

Atau dalam konsep yang lebih rumit, dinding pembatas setengah ini dapat juga memberikan kesan estetik dengan mendekorasi dan mejadikannya seperti layaknya sebuah lemari penyimpanan, atau bahkan dinding pajangan karya seni.

partisi setengah dinding

Half wall room divider. ~ via trendir

5. Area Tidur Loteng

Cara terbaik untuk mendapatkan area tidur dari semua cara adalah dengan meletakkannya di suatu tempat di dekat langit-langit.

Cara ini memang membutuhkan sedikit lebih banyak biaya atau investasi, namun sangat layak dan sangat sepadan dengan hasil yang dikehendaki.

area tidur mezzanin

Kamar tidur loteng. ~ via trendir

Membuat area tidur yang kreatif tidak selalu harus rumit dan ideal. Anda dapat menggunakan beragam teknik, trik, serta tips dekorasi sederhana untuk membuatnya. Yang terpenting untuk selalu Anda ingat adalah, untuk mendapatkan privasi dan memisahkan antara ruang pribadi dan publik, haruslah dirancang dengan memerhatikan penampilan interior secara keseluruhan. Hal ini agar ruangan tetap bisa sangat menarik secara visual.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Konsultasikan dengan desainer-desainer terbaik kami.

Tags: , , , , , , ,

Hina Yana

By HinaYana

Head of Content.

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram