desain rumah lantai terbuka

Kelebihan dan Kekurangan Desain Rumah dengan Konsep “Open Space”

Posted by HinaYana  •  1 week ago

Isu privasi juga noise isu, dan beberapa hal lainnya justru menjadikan rumah dengan konsep lantai terbuka makin menjauh dari kesan nyaman.

Interiordesign.id – Konsep open space atau lantai terbuka, atau biasa juga disebut open floor, sempat menjadi tren dan banyak diadaptasi pada banyak model hunian kontemporer. Konsep desain dan arsitektur ini juga sangat lazim digunakan di rumah-rumah berukuran kecil.

Konsep ruang terbuka sangat pas dan tepat bagi yang menginginkan suasana lebih rileks dan mampu meningkatkan interaksi di antara sesama penghuni. Namun demikian, ada sejumlah hal yang harus dikorbankan dengan memutuskan memnggunakan konsep ini. Salah satunya adalah privasi.

5 Desain & Cara Kreatif Bagaimana Memisahkan Area Kamar Tidur dengan Area Lain pada Ruangan “Open Space”

Denah lantai terbuka memang sempat ngehits dan banyak digunakan para pemilik rumah dan para perancang serta arsitek untuk menyiasati ruangan berukuran kecil. Ia dianggap mampu memberi kesan luas. Open space menjadi opsi terbaik untuk mendapatkan utilitas ruang tanpa mengorbankan estetika.

Desain dan Dekorasi Ruang Tamu Lantai Terbuka

desain rumah lantai terbuka

Meski memiliki kelebihan, konsep desain rumah lantai terbuka juga memiliki kelemahan. Ia mengorbankan privasi yang merupakan salah satu faktor penting yang diinginkan setiap pemilik hunian.

Ditemukannya banyak cara mendekorasi rumah berukuran kecil, menyebabkan konsep lantai terbuka mulai banyak ditinggalkan. Desain terbuka tanpa sekat ini, meski sangat populer, sudah tidak lagi menjadi pilihan utama dan satu-satunya cara untuk menyiasati minimnya fleksibilitas dalam penataan ruangan kecil.

Cara Praktis Menentukan Zonasi Denah Lantai Terbuka Desain Apartemen Studio Minimalis

desain rumah lantai terbuka

Tetapi dengan penataan yang tepat, pemilihan furnitur yang pas, pencahayaan, pilihan warna cat, konsep open space masih sangat layak untuk digunakan. Dan bagi yang tidak memiliki pilihan lain selain konsep desain ini, rasanya tidak ada alternatif lain selain mengadaptasinya. Pemilihan sekat, atau penggunaan partisi ruang, room separator atau room devider, bisa jadi solusi untuk mengatasi minimnya privasi.

Gaya Desain Minimalis, Kreasikan Ruang Keluarga plus Ruang Dapur yang Cantik dan Fungsional

partisi ruang dalam konsep lantai terbuka

partisi ruang dalam konsep lantai terbuka

Persoalan menjadi lain ketika Anda menginginkan level privasi. Penggunaan denah lantai terbuka haruslah dihindari. Bagaimana mungkin bisa mendapatkan ketenangan saat beraktivitas di area dapur, sementara di sisi lain ada suasana bising ketika anak-anak sedang asyik bermain playstation di ruang keluarga misalnya?

Desain Dapur Terbuka; Area Dapur yang Tidak Lagi Terisolasi

ruang kelaurga dan dapur yang menyatu dalam konsep antai terbuka

Atau jika memerhatikan kenyamanan para tamu yang berkunjung. Mereka tentu tidak akan leluasa karena pada saat bersamaan anggota keluarga yang lain sedang asyik berkumpul di ruang yang persis bersebelahan tanpa sekat. Privasi isu, noise isu, dan beberapa hal lainnya akan membuat ruangan makin menjauh dari kesan nyaman.

Desain Ruang Makan Terbuka; Lebih dari Sekadar Tempat Makan

desain ruang makan dan ruang keluarga dalam konsep open space

Tetapi semuanya kembali kepada Anda. Tidak ada masalah yang sangat serius sebenarnya dalam konsep open space atau denah lantai terbuka. Persoalannya hanya pada bagaimana Anda dapat menemukan cara pintar dan kreatif saat mendekorasi rumah agar nyaman dan benar-benar layak huni.

Jadi, seberapa besar kemungkinan Anda dan keluarga Anda menggunakan konsep desain rumah dengan denah lantai terbuka? Apakah konsep ini benar-benar menghilangkan privasi? Ataukah ada cara lain untuk merancang hunian terbaik tanapa mengorbankan isu privasi?

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Tags: , , , , ,

Hina Yana

By HinaYana

Konten Editor.

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader