Desain Apartemen Studio; Merancang Ruang Kecil yang Multifungsi dan Menyenangkan

Posted by Nita Hidayati  •  Monday, September 4 2017

Desain apartemen studio yang multifungsi dan menyenangkan. Ide dan gagasan desain ruang berukuran kecil menjadi tempat yang nyaman dan aman untuk ditinggali.

Interiordesign.id – Apartemen tipe studio merupakan unit tempat tinggal yang terdiri dari satu ruang tidur dan kamar mandi. Apartemen jenis ini memiliki luas berkisar 20 m2 hingga 30 m2. Karena kebutuhan masyarakat akan tempat tinggal, apartemen tipe studio semakin banyak diminati. Apartemen tipe studio memiliki harga yang terbilang cukup murah jika dibandingkan unit lain seperti tipe bedroom.

Mendesain apartemen studio, apartemen kecil menjadi ruang yang menyenangkan ternyata gampang-gampang susah. Mau tidak mau kita harus dapat mengkreasikannya menjadi satu ruangan yang multifungsi. Dan tidak hanya itu, Anda harus benar-benar memperhatikan seperti apa ruangan multifungsi juga dapat memiliki kenyamanan.

8 Desain Smart Apartemen Berukuran Mungil, yang Membuktikan Bahwa Ukuran Kecil Bukan Masalah

7 Desain Apartemen Kecil dan Keren

Sebagai referensi,  ide desain berikut bisa Anda terapkan untuk apartemen studio yang multifungsi, nyaman dan menyenangkan.

Desain Apartemen Studio Gaya Skandinavian

desain apartemen studio

via pinterest

Skandinavian adalah jurus yang tepat untuk mengubah tampilan rumah maupun apartemen menjadi cantik, luas, fungsional maksimal dengan kenyamanan ekstra. Anda bisa menggunakan gaya desain ala nordic ini untuk mendapatkan kesan simpel dan mewah sekaligus.

Cukup hadirkan dinding dengan cat warna putih dan sentuhan warna cerah lainnya. Serta penggunaan furnitur kayu yang mewah dengan kaki kayu berbentuk miring.

7 Ciri Khas Desain Interior Rumah Skandinavia yang Memesona Sekaligus Menginspirasi

Pencahayaan juga merupakan salah satu elemen kunci dalam desain skandinavia. Pencahayaan yang sesuai akan memberikan kesan luas dan nyaman bagi ruang. Perhatikan pencahayaan dalam setiap ruang di apartemen. Anda akan mendapatkan apartemen studio yang terasa luas, bersih dan nyaman ala skandinavia.

Apartemen Studio Gaya Minimalis

desain apartemen studio

via gravity home

Dengan menggunakan gaya desain minimalis pada apartemen studio, selain kenyamanan, Anda juga bisa menghemat biaya. Desain ini menggunakan furnitur yang sederhana namun dapat menciptakan fungsi yang lebih luas dengan tampilan yang indah. Bahkan, gaya desain minimalis sangat cocok untuk diterpakan dalam apartemen tipe apa saja.

Partisi Apartemen Studio

Pemasalahan yang kerap ditemui dalam apartemen studio adalah zonasi ruang. Anda bisa menyiasati hal ini dengan penggunaan partisi. Ada beberapa pilihan elemen sebagai partisi, seperti gypsum atau kaca, baik permanen maupun non permanen.

Namun, jangan sampai ruangan Anda malah terasa penuh dan sesak oleh kehadiran partisi. Karena itu Anda juga harus memerhatikan penggunaan partisi yang tepat. Gunakan partisi dengan ketebalan hanya 10-15 cm.

“Broken Plan”, Konfigurasi Ulang Konstruksi Interior Apartemen Seluas 100 Meter Persegi dengan Dinding Partisi Dari Kaca

Tak ingin menggunakan kaca, Anda dapat menggunakan gorden sebagai pilihan lain partisi. Gorden merupakan partisi yang bersifat non permanen sehingga fungsinya lebih fleksibel. Anda dapat menggeser atau menutupnya sesuai kebutuhan. Gorden ini berperan sebagai penghalang panas dan bau yang berasal dari aktivitas memasak di dapur. Dapat juga sebagai penghalang cahaya matahari di siang yang terik.

desain apartemen studio

via lushome

Memaksimalkan Area

desain apartemen studio

via rumah.com

Kejelian Anda dalam melihat potensi area yang dapat dijadikan suatu ruang adalah kunci merancang desain di apartemen tipe studio. Ada bisa saja membuat sebuah ruang kerja dengan memanfaatkan ruang area yang tak terpakai.

7 Cara Praktis Bagaimana Membuat Rumah dan Apartemen Kecil Anda Tetap Terlihat Rapi serta Teroganisir dengan Baik

Untuk mendapatkan ruang yang multifungsi, Anda harus bermain dengan furnitur. Seperti penggunaan ranjang kayu dengan laci-laci yang juga dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan. Anda bisa menempatkan baju-baju Anda yang dilipat atau bahkan koleksi buku Anda di dalam laci tersebut.

Menempatkan mesin cuci dengan tepat sehingga tidak memakan banyak tempat juga merupakan cara memanfaatkan area di apartemen. Semakin Anda dapat memaksimalkan area di apartemen Anda, maka semakin banyak area fungsional yang Anda miliki.

desain apartemen studio

via rumah.com

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Tags: , , , , , , ,

Nita Hidayati

By Nita Hidayati

Content writer, menyukai gaya skandinavia

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader