fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Apa itu Aksesori Dinding? Sejarah, Fungsi, dan Jenisnya

aksesoris dinding

Dinding, salah satu elemen ruang yang berfungsi sebagai pembatas dan juga penopang bagian atas bangunan ke bagian bawah bagunan (lantai).

Jadi bagian dari interior bangunan, dinding mulai dipercantik dengan berbagai cara agar terlihat tak monoton dan lebih menarik.

Salah satunya adalah memberikan aksesori dinding. Banyak macam aksesori dinding yang selama ini familiar seperti lukisan, jam, makrame, dan masih banyak lagi.

Apa itu Aksesori Dinding?

Aksesori dinding
Aksesori dinding

Aksesori dinding adalah barang-barang yang digunakan untuk menghias atau menambah fungsi dari dinding di suatu ruangan.

Contohnya seperti poster, lukisan, jam dinding, rak buku, dan sebagainya. Mereka digunakan untuk membuat ruangan terlihat lebih indah dan juga memberikan fungsi tambahan seperti menyimpan barang atau mengetahui waktu.

Penggunaan aksesori dinding ternyata sudah diterapkan manusia bahkan sejak zaman pra-sejarah.

Sejak dahulu manusia sudah meyadari keindahan dan salah satunya disalurkan pada tempat tinggalnya, terkhusus dinding.

Awal Mula Manusia Mulai Menggunakan Aksesori Dinding

Hiasan dinding zaman pra-sejarah
Hiasan dinding zaman pra-sejarah

Penggunaan aksesori dinding oleh manusia telah ada sejak zaman dahulu. Sejarah menunjukkan bahwa manusia pra-sejarah sudah menghias dinding gua dengan gambar-gambar binatang dan motif-motif geometris sebagai bentuk ekspresi seni.

Ini menunjukkan bahwa dari awal manusia sudah memiliki keinginan untuk menghias lingkungannya dan mengekspresikan diri melalui seni.

Selanjutnya, pada masa peradaban kuno seperti Mesir, Yunani, dan Roma, aksesori dinding digunakan dalam arsitektur bangunan untuk menambah keindahan dan mengekspresikan kekayaan dan kekuasaan.

Pada masa Renaisans di Eropa, aksesori dinding mulai digunakan dalam arsitektur rumah pribadi dan gereja untuk mengekspresikan nilai-nilai estetika dan agama.

Hiasan dinding
Aksesori dinding

Memasuki abad ke-19 dan 20, aksesori dinding berkembang menjadi lebih kreatif dan inovatif dengan munculnya berbagai gaya arsitektur baru.

Hingga saat ini, aksesori dinding digunakan dalam berbagai bentuk dan fungsi, mulai dari dinding rumah, kantor, sampai dinding untuk menambah kesan estetika dalam desain interior.

Mulai digunakan sejak zaman dahulu, tentunya aksesori memiliki fungsi dan manfaatnya tersendiri. Lalu apa saja manfaatnya? Ini dia!

Fungsi dan Manfaat Aksesori Dinding

Fungsi aksesori dinding
Fungsi aksesori dinding

Aksesori dinding dapat memiliki berbagai fungsi dan manfaat, diantaranya:

  1. Menghias: aksesori dinding tentunya dapat digunakan untuk menambah keindahan ruangan dan mengekspresikan gaya pribadi seseorang.
  2. Menambah ilusi ruang: selain menghias aksesori dinding seperti cermin dapat digunakan untuk menambah ilusi ruangan yang lebih luas.
  3. Menyimpan barang: jenis aksesori dinding seperti rak buku dapat digunakan untuk menyimpan barang-barang dan menjaga ruangan tetap teratur.
  4. Mengetahui waktu: aksesori dinding seperti jam dinding dapat digunakan untuk mengetahui waktu dan sebagai hiasan dinding.
  5. Menambah suasana: poster atau lukisan dapat digunakan untuk menambah suasana ruangan dan mengekspresikan emosi.
  6. Menambah kesan estetika: menambahkan sculpture atau tapestry dapat digunakan untuk menambah kesan estetika ruangan.

Masih banyak lagi fungsi dari aksesori dinding tergantung jenis yang digunakan dan kebutuhannya.

Berdasarkan fungsi dan manfaat dari aksesori dinding, kita mengetahui bahwa ada banyak jenis aksesori dinding. Semua bisa kita pilih sesuai dengan selera dan fungsi yang dibutuhkan.

Maka ini dia berbagai jenis aksesori dinding yang bisa kita pilih!

Jenis-jenis Aksesori Dinding untuk Menambah Fungsi dan Keindahan Ruang

Ada berbagai macam aksesori dinding yang dapat digunakan, diantaranya:

Lukisan dinding
Lukisan dinding

Lukisan

Lukisan dapat dibuat dari berbagai bahan seperti cat minyak, akrilik, dan cat air. Ada banyak aliran lukisan yang bisa dipilih dan berikan karakter pada ruang. Tapi kita juga bisa ciptakan lukisan dengan membuatnya sendiri, memberikan kesan yang lebih personal.

Poster dinding
Poster dinding

Poster

Poster adalah aksesori dinding yang terbuat dari kertas dan dapat ditempel pada dinding. Sama seperti lukisan, kita bisa memilih berbagai poster, mulai dari nuansa alam, poster musik, band, atau tokoh terkenal.

Dinding memori
Dinding memori

Fotografi

Fotografi dapat digunakan untuk berikan kesan baru pada dinding yang ditempel atau dalam bentuk cetakan. Dinding bisa kita ubah menjadi dinding memori dengan mencetak berbagai momen dari galeri handphone lalu menyusunnya seestetik mungkin.

Tapestry
Tapestry

Tapestry

Tapestry adalah aksesori dinding yang terbuat dari kain atau tenunan yang ditempel pada dinding. Ini bisa memberikan kekhasan tersendiri mengikuti jenis kain yang digunakan.

Rak dinding
Rak dinding

Rak dinding

Rak dapat digunakan sebagai aksesori dinding untuk menyimpan buku-buku atau barang lainnya. Menambah fungsi dan estetika ruangan.

Baca juga

Cara Mudah Membuat Rak Dinding dari Kardus

Cermin dinding
Cermin dinding

Cermin

Cermin jadi aksesori dinding untuk menambah ilusi ruang yang lebih luas. Kita bisa berikan kesan mewah pada ruang dengan memasang cermin bergaya klasik.

Baca juga

Cara Mudah Membuat Rak Dinding dari Kardus

Aksesori jam
Aksesori jam

Jam

Jam dinding digunakan sebagai aksesori dinding yang juga berguna untuk mengetahui waktu. Sekarang ada banyak sekali desain jam dinding yang bisa menunjang gaya desain dari ruang.

Sculpture
Sculpture

Sculpture

Sculpture adalah aksesori dinding yang terbuat dari berbagai bahan seperti kayu, batu, atau logam. Kita bisa berikan sentuhan seni yang kuat dengan menambahkan dinding dengan aksesori sculpture.

Wallpaper
Wallpaper

Wallpaper

Wallpaper merupakan aksesori dinding yang ditempel pada dinding dan terbuat dari kertas atau bahan lainnya.

Decals

Decals atau sticker dinding adalah aksesori dinding yang terbuat dari kertas atau bahan lainnya dan dapat ditempel pada dinding.

Itu hanyalah beberapa contoh dari macam-macam aksesori dinding yang dapat digunakan, masih banyak lagi jenis aksesori dinding yang dapat digunakan sesuai dengan selera dan kebutuhan.

Sekarang kita mengetahui kalau kebiasaan menghias dinding ternyata sudah dilakukan oleh leluhur manusia sejak zaman pra-sejarah.

Perkembangan peradaban manusia yang membuat aksesori dinding semakin beragam fungsi dan jenisnya. Tinggal kita pilih aksesori yang sesuai selera, kebutuhan, dan tentunya budget!

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id