fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Apa Perbedaan Art Deco Dengan Art Moderne?

gaya desain art modern

Salah satu ciri khas gaya art moderne yaitu permukaan licin dan mengkilap pada beberapa bidang yang cukup mendominasi untuk memberi kesan pembuatan menggunakan mesin.

InteriorDesign.id – Art moderne atau modern art adalah sebuah gerakan seni yang muncul di pertengahan abad ke-19 dan berlanjut hingga sekarang.

Gerakan ini menolak tradisi lama dan mencari cara-cara baru untuk mengekspresikan ide-ide dan perasaan melalui seni. Art moderne meliputi berbagai jenis seni seperti lukis, patung, arsitektur, fotografi, dan seni media.

Art moderne dibagi menjadi beberapa sub-gerakan, termasuk Impressionisme, Fauvisme, Expressionisme, Cubisme, Futurisme, Surrealisme, dan Abstraksionisme. Setiap sub-gerakan memiliki ciri khas yang berbeda dan mengekspresikan ide-ide yang berbeda.

Gerakan ini ditandai dengan penolakan terhadap tradisi lama dan pencarian bentuk baru dan inovatif dalam seni. Art moderne juga menekankan pada perasaan dan ekspresi individu, dan menolak pengaruh seni klasik atau tradisional.

Ini merupakan evolusi dari gaya art deco dan merupakan respon terhadap perubahan sosial dan politik yang terjadi pada masa itu.

Gaya ini lebih sederhana dan minimalis dibandingkan dengan art deco, dengan bentuk yang lebih abstrak dan warna yang lebih terbatas.

Art moderne juga sering dihubungkan dengan arsitektur yang berkaitan dengan streamline moderne. Gaya ini juga diterapkan dalam desain interior, grafis, dan produk industri.

Perbedaan Dengan Art Deco

Art deco dan art moderne adalah gaya desain yang berbeda yang muncul pada periode yang berdekatan. Namun, ada beberapa perbedaan utama antara kedua gaya tersebut :

  • Bentuk : Art deco ditandai dengan bentuk geometris yang kuat, sementara art moderne lebih abstrak dan minimalis.
  • Warna : Art deco menggunakan warna yang kontras dan mencolok, sementara art moderne lebih terbatas dalam penggunaan warna.
  • Motif : Art deco menampilkan motif yang menonjol dan kompleks, sementara art moderne lebih sederhana dan tidak seberapa kompleks.
  • Kontekstual : Art deco muncul sebagai respons terhadap perubahan sosial dan politik dari Perang Dunia I dan menjadi sesuatu yang mewah dan glamor. Art moderne muncul sebagai perkembangan dari art deco yang merupakan respon terhadap perubahan sosial dan politik yang terjadi pada masa itu.
  • Aplikasi : Art deco digunakan dalam arsitektur, interior, grafis, dan produk industri. Art moderne juga digunakan dalam arsitektur, interior, grafis, dan produk industri, tetapi lebih khusus diterapkan dalam arsitektur streamline moderne.

Karakteristik Art Moderne

Bentuk yang abstrak dan minimalis menghindari bentuk yang terlalu kompleks dan didominasi oleh garis-garis lurus dan bentuk geometris sederhana.

Penggunaan warna yang terbatas dibandingkan dengan art deco, seringkali hanya menggunakan warna dasar seperti hitam, putih, dan abu-abu.

Penggunaan tekstur yang minimal dan mengutamakan permukaan yang halus dan rata.

Penggunaan material yang baru dan inovatif seperti acrilic, fiberglass, dan tubular steel.

Penggunaan ilmu dan teknologi dalam desain, membuat desain yang lebih efisien dan fungsional.

Penekanan pada fungsi dari suatu desain, sehingga desain tersebut lebih praktis dan mudah digunakan.

Pencarian bentuk yang sesuai dengan tujuan dari suatu desain, sehingga desain tersebut lebih efektif dan efisien.

Art Moderne memiliki bentuk yang cenderung membulat dan melingkar terutama pada area sudut furniture dan beberapa bagian arsitekturnya, tetapi melakukan penekanan terutama pada garis-garis horizontal.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id