Menghadirkan Zen di Rumah dengan 5 Langkah Sederhana

Posted by Nita Ramadhita  •  1 week ago

Rumah adalah oasis atau surga bagi para pemiliknya karena di dalam rumah, kita dapat merasakan kenyamanan.

Interiordesign.id – Memang sulit rasanya untuk menemukan ketenangan dan kedamaian di tengah-tengah kegiatan sehari-hari yang sibuk dan terkadang membuat stres. Maka dari itu, rumah dianggap sebagai oasis atau surga bagi para pemiliknya karena di dalam rumah, kita dapat merasakan kenyamanan. Inilah alasan prinsip zen banyak diterapkan dalam desain interior dan kini kian populer serta menjadi tren di zaman moderen ini.

Dalam Bahasa Jepang, kata “zen” merujuk pada meditasi. Sementara dalam dunia desain interior, “zen” merefleksikan keseimbangan, harmoni, dan relaksasi. Meskipun tidak sepenuhnya termasuk ke dalam gaya desain dan tidak memiliki aturan-aturan khusus, zen sering diasosiasikan dengan minimalisme dan kesederhanaan. Zen adalah cara mengatur rumah dengan menciptakan atmosfir yang bisa mengusir rasa stres dan kesibukan rutinitas sehari-hari.

Ingin menambahkan zen ke dalam rumah Anda? Simaklah tips-tips di bawah ini!

Gaya Desain Zen, Ciptakan Suasana Ruang dengan Keseimbangan dan Keselarasan yang Sempurna

Menyeimbangkan Hidup & Mendapatkan Suasana Menenangkan dengan “Zen” Interior Design

Pilihan dan keseimbangan warna

desain interior zen

modernhomedecor.eu

Desain yang terinspirasi dari zen terdiri dari warna-warna natural, seperti putih, abu-abu, krem, dan lainnya. Warna-warna tersebut memiliki kekuatan untuk menonjolkan ketenangan dan kedamaian. Harmoni kromatis antara elemen-elemen di dalam rumah, serta kontinuitas visual antara dinding, furnitur, dan lantai amatlah penting untuk dipertimbangkan.

Untuk menambah kontur pada ruangan monokrom, Anda bisa mengombinasikan warna dominan dengan objek-objek dan tekstil bertekstur dengan warna yang selaras. Agar semuanya matching namun tidak monoton, kombinasikan dua warna yang selaras atau Anda bisa gunakan satu warna favorit dengan mengombinasikan beberapa tingkatan warnanya.

Pilihan Warna Cat Interior Rumah; Mengenal Tipe Warna dan Psikologi Warna

Kain yang natural dan ringan

Desain khas jepang

habitat-my.com

Kain adalah salah stau elemen yang turut berperan dalam membangun karakter dan suasana di dalam rumah. Untuk menerapkan konsep zen, penggunaan kain yang dipilih harus memiliki prinsip yang sama, yaitu natural, ringan, dan nyaman. Salah satu elemen esensial yang mencirikan dekorasi zen adalah tirai. Selain dapat mengurangi kebisingan dan menghalangi aliran udara, tirai juga dapat menambah sensasi intim di dalam rumah.

Pilihlah tekstil yang natural, seperti linen dan wol, serta selaraskan pilihan tekstil dengan tampilan di dalam ruangan. Untuk suasana yang lebih kental, padukan tirai dengan pencahayaan alami yang bisa membawa berbagai suasana. Usahakan Anda memiliki tirai dengan kualitas yang baik, ya!

Pencahayaan alami yang memenuhi seluruh ruangan

Pencahayaan ruangan

home-designing.com

Tidak ada pencahayaan yang lebih baik selain pencahayaan alami dari matahari. Rumah dengan konsep zen memiliki sistem pencahayaan alami yang baik sehingga di siang hari, rumah akan terasa terang dan bermandikan cahaya matahari yang hangat. Dengan begitu, rumah akan terasa lebih nyaman dan indah.

Di malam hari, Anda bisa mengganti lampu bohlam yang terang dengan lampu lilin yang bisa memberikan penerangan yang lebih lembut. Letakkan beberapa lampu yang dapat diatur intensitas cahayanya agar Anda bisa memilih seterang atau seredup apa pencahayaan yang dibutuhkan. Sementara untuk area kamar tidur, memiliki lampu baca di samping tempat tidur merupakan ide yang baik. Agar tidur lebih nyenyak, Anda juga bisa menyalakan lilin aromaterapi.

Pencahayaan Ruangan dengan Sumber Cahaya Alami, Ciptakan Suasana Ruang yang Sehat dan Menenangkan

Memilih Pencahayaan Terbaik untuk Ruangan Bisa Berdampak Positif Terhadap Mood dan Suasana Hati

Ruang yang rapi, sederhana, dan bebas dari gangguan

Ruangan zen

home-designing.com

Furnitur dengan gaya zen memiliki karakteristik yang sederhana dan bergaris tegas, jadi hindari detail-detail rumit dan dekorasi yang berlebihan. Furnitur harus memiliki kualitas yang tinggi dan terbuat dari bahan alami karena dapat membangun rasa hangat dan nyaman. Tempat penyimpanan, seperti lemari, laci, dan rak, bisa Anda cat agar terlihat lebih hidup dengan warna yang selaras dengan keseluruhan interior.

Rapikan rumah dan pastikan Anda meminimalisir penggunaan aksesori karena terlalu banyak aksesori dan barang-barang akan membuat rumah terkesan berantakan. Bagaimana Anda bisa bersantai jika Anda merasa rumah Anda berantakan? Jadi, pastikan Anda hanya menyimpan benda-benda yang esensial dan membuat Anda nyaman.

Alat elektronik terkadang menjadi sumber distraksi dan kurang cocok dengan suasana zen yang lebih mengedepankan ketenangan. Jadi, sebaiknya kurangi jumlah gadget yang ada di rumah. Jika Anda memang membutuhkan TV di dalam kamar, pastikan Anda menyimpannya di dalam tempat yang bisa Anda sembunyikan, seperti lemari TV yang didesain khusus untuk memiliki pintu. Jangan lupa juga untuk menyembunyikan semua kabel agar suasana yang tenang bisa terwujudkan.

Elemen alam yang menenangkan di dalam rumah

Tanaman indoor zen

freshome.com

Tanaman memiliki efek yang menenangkan karena warna hijaunya yang terkesan sejuk. Selain itu, tanaman juga menghasilkan oksigen yang bisa membuat suasana lebih segar. Maka dari itu, jika Anda ingin memiliki rumah dengan konsep zen, milikilah tanaman indoor. Tetapi, hindari jenis bunga yang membutuhkan perhatian khusus atau yang memiliki bau menyengat. Contoh tanaman yang cocok dengan konsep zen adalah pohon bonsai.

Untuk wewangian, semprotan linen homemade, lilin aromaterapi, dan minyak esensial adalah cara alami untuk membuat ruangan terasa segar dan wangi. Wewangian alami tersebut tidak hanya akan membuat tubuh Anda rileks saat tidur, tetapi juga membuat Anda bersemangat saat bangun di pagi hari.

Dekorasi Ruang dengan Tanaman, Hadirkan Suasana Ruang yang Indah dan Menyegarkan

Itulah tadi beberapa tips untuk membawa zen ke dalam rumah. Memang, untuk sepenuhnya mengusung konsep zen bukanlah hal yang mudah. Namun, jika ketenangan dan kedamaian adalah hal yang Anda cari setelah seharian merasa stres karena bekerja, zen adalah pilihan yang sempurna.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Tags: , , , , , ,

Nita Ramadhita

By Nita Ramadhita

Graduated from Universitas Pendidikan Indonesia majoring English Literature, Nita aspires to be a language enthusiast who has a passion for collecting good books and being a wordsmith.

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader