gaya desain bohemian

Gaya Bohemian yang Kreatif dan Unik, Bagaimana Mewujudkannya?

Posted by Ami Nurbaiti  •  Friday, March 22 2019

Interiordesign.id – ‘Bohemian Style’? Memang belum banyak orang yang mengetahui secara detail tentang apa dan bagaimana desain ini diaplikasikan sehingga membuat rumah nampak terlihat menarik dan nyaman.

Gaya bohemian atau yang dikenal dengan istilah ‘boho style’ ini sebenarnya merupakan gaya khas kaum Hippie yang lahir pada pengujung tahun 1960-an di mana mereka hadir akibat perang vietnam yang tidak usai. Yang menarik, kaum ini juga memiliki penampilan yang khas dengan pakaian longgarnya menunjukkan identitas mereka yang dekat dengan alam.

Seiring berjalannya waktu, gaya Bohemian ternyata berkembang menjadi style dekorasi rumah yang menarik. Konsep ini pun sangat kaya akan penggunaan warna, tekstur, dan berlapis sehingga tiga aksen dasar tersebut membuat kesan santai dan riang.

Jika ingin mencari karakter yang pasti dari gaya bohemian, sudah dipastikan anda tidak akan dapat menemukannya. Karena gaya ini hadir akibat ketidakteraturan dan ketidakpastian. Ciri khas yang dimilikinya adalah gaya yang penuh warna dan bercampur gaya etnik, hippies dan juga vintage.

Bagaimana cara untuk mewujudkan gaya ini pada hunian anda? Penasaran?

Yuk, simak ulasannya!

Desain ruang makan dengan konsep natural bohemian

~ via pinterest

Eksplorasi Motif

Salah satu ciri utama gaya boho adalah bahan tekstil yang berani dan berwarna-warni. Karena mereka terlihat sangat kultural, biasanya diaplikasikan pada bantal, karpet, gorden, dan kain pelapis.

Foto di atas menunjukkan bagaimana kain terlihat kontras dan tidak memiliki keserasian dengan kain yang lainnya. Biasanya, kain bohemian style selain berwarna-warni juga mempunya banyak motif yang berbeda.

Selain itu anda dapat menggantung salah satu kain ini di dinding sebagai karya seni yang tidak konvensional dan menandakan kebebasan. Anda juga dapat melihat bagaimana tekstur dan warna-warna berani ini tercermin dalam interior lain di ruangan, seperti lampu, dan taplak meja.

Interior dapur gaya rustic dan boho

~ via pexels

Lampu Unik untuk Gaya Boho

Sebetulnya cahaya alami merupakan faktor penting dari gaya ini. Menerapkan jendela dengan ukuran yang besar bisa membuat cahaya natural masuk dengan maksimal. Karena gaya boho terkesan berjiwa bebas dan cukup liar, penting untuk mengintegrasikan suasana luar ruangan ke dalam rumah.

Tips lain adalah dengan menggunakan kaca yang berwarna dapat menjadi elemen cantik pada siang bahkan di malam hari. Lampu warna-warni, lentera dengan motif etnik kental, dan chandelier adalah jenis yang paling banyak digunakan untuk konsep ini.

Interior ruang tamu gaya boho

~ via id.aliaexpress.com

Maksimalkan Layout Furnitur

Sadari betul kalau layout furnitur berperan penting pada hunian bergaya bohemian. Gunakan karpet sebagai pemanis sekaligus aksen penguat untuk memunculkan kesan boho yang lebih kuat lagi. Walaupun berkesan bebas dan tidak teratur, bukan berarti boho style tidak rapi tetapi apa adanya.

Furnitur vintage yang mengkilap dan licin adalah jenis furnitur yang wajar digunakan, memanfaatkan lemari tua untuk dicat ulang dan dipadukan dengan tempat duduk anda akan semakin menghidupkan suasana yang alami.

Ruang tamu gaya boho modern

~ via furnizing.com

Efek Tanaman di dalam Rumah

Gaya bohemian yang memiliki ciri khas natural, akan sangat dirasakan saat anda meletakkan beberapa tanaman hidup di beberapa sudut ruangan rumah anda. Hal ini bukan hanya menjadi pemanis ruangan, tetapi juga memberi rasa yang menyegarkan dan sejuk bagi ruangan.

Tanaman hidup yang dipilih kebanyakan merupakan tanaman biasa yang berukuran kecil dan tidak membutuhkan perawatan yang rumit.

Interior kamar tidur desain bohemian natural

~ via lushome.com

Nah kesimpulannya, gaya bohemian adalah gaya untuk orang-orang yang tidak menyukai aturan dan berjiwa bebas. Kombinasi motif etnik, warna-warna cerah dan vintage dapat menciptakan suatu gaya desain yang fresh dan juga unik.

Apakah anda tertarik untuk mewujudkan konsep desain ini ke dalam rumah anda?

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Tags: , , , ,

Ami Nurbaiti

By Ami Nurbaiti

She enjoys writing about many different and interesting topics and now she currently works as a content writer.

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram