interior apartemen kecil

Dekorasi Apartemen Kecil, Antara Fungsionalitas dan Gaya

Posted by HinaYana  •  Monday, September 24 2018

Dekorasi apartemen kecil bisa sangat tricky dan tidak pernah menjadi sebuah pekerjaan mudah.

Interiordesign.id – Saat memikirkan soal dekorasi apartemen, terutama apartemen-apartemen berukuran kecil, banyak asumsi yang menyatakan bahwa mendekorasi apartemen kecil hanya bisa fokus pada fungsi saja. Apartemen kecil sulit untuk mendapatkan penampilan maksimal karena keterbatasan ruang dan ukuran. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Apartemen kecil juga bisa tetap terlihat gaya tanpa kehilangan fungsi.

Menemukan keseimbangan yang tepat antara fungsi dengan gaya desain dalam interior apartemen kecil menjadi sangat penting. Menciptakan sebuah ruang hidup yang nyaman sekaligus memiliki penampilan trendi adalah tujuan dari dekorasi interior sesungguhnya.

Jadi, apakah apartemen kecil Anda bisa tetap terlihat gaya dan trendi tanpa kehilangan fungsi maksimalnya ataukah tidak? jawabannya tentu saja bisa. Anda hanya perlu fokus untuk memperlakukan ruang hidup Anda tersebut dengan barang-barang yang dibutuhkan saja, sembari di sisi lain, Anda juga tidak melupakan aspek estetika yang didasarkan pada selera dan kebutuhan pribadi.

dekorasi apartemen kecil

Desain interior apartemen gaya skandinavia, Galeri Ciumbuleuit 3.

Desain apartemen dan pengaruhnya terhadap kesehatan mental

Berbicara soal desain dan dekorasi interior apartemen secara umum, dalam sebuah artikel berjudul “Can the design of an apartment affect your mental health?,” Melissa Heagney mengingatkan kita akan pentingnya gagasan desain apartemen, terutama pada apartemen-apartemen berukuran kecil. Dengan mengutip Dr. Sarah Foster, Melissa menegaskan dalam tulisannya bahwa desain dan dekorasi apartemen memiliki dampak pada kesehatan mental.

Melissa mengutip Dr. Sarah Foster, seorang investigator dari centre of urban research, yang concern terhadap maraknya pembangunan apartemen, khususnya di Kota-kota besar di Australia; “keberadaan apartemen-apartemen mikro, dengan ruangan tanpa jendela, pencahayaan yang tidak maksimal, juga ruang yang tidak memiliki fungsi dan tujuan spesifik, bisa sangat merugikan penghuninya,” tulisnya.

Sementara di sisi lain, mengutip apartmenttherapy.com, menjadi kreatif dan memanfaatkan furnitur adalah hal yang sangat penting dalam dekorasi apartemen. Menyeimbangkan antara bentuk dan fungsi dalam interior apartemen harus benar-benar dapat dipertimbangkan secara serius. Dan untuk mendapatkan keseimbangan antara gaya dan fungsi tersebut, teknik atau trik dekorasi yang baik menjadi aspek yang amat esensial.

Lalu seperti apa sebenarnya trik desain dan dekorasi apartemen yang baik tersebut?

5 Hal Penting dalam Dekorasi Apartemen Kecil

Mengutip rentec direct, terdapat 5 hal yang sangat esensial saat mendekorasi apartemen yang tidak boleh diabaikan untuk mendapatkan keseimbangan antara fungsionalitas dan juga gaya, di antaranya:

  • Jangan Abaikan Bagian Lantai
    Lantai merupakan salah satu elemen interior yang tidak boleh Anda abaikan sama sekali saat mendekorasi. Dekorasi pada bagian ini bisa sangat tricky, namun tidak benar-benar sulit. Penggunaan karpet adalah cara yang bagus untuk menambah warna, kepribadian, dan gaya ke bagian lantai. Karpet juga menjadi cara paling mudah untuk menambahkan efek instan ke dalam ruangan. Karpet juga dapat menutupi ketidaksempurnaan pada bagian lantai, menawarkan daya tahan di area berlalu lintas tinggi, dan menambah kenyamanan di bawah kaki.
  • Fokus pada Pencahayaan
    Sama halnya seperti karpet, berbagai jenis pencahayaan dapat mengatur suasana hati dan menciptakan efek instan ke dalam ruang apa pun. Lampu kecil dengan lampu remang-remang dapat menciptakan suasana romantis, sementara pencahayaan di atas kepala dapat membuat ruangan kecil tampak terang dan luas.
    Sangat penting untuk mempertimbangkan ukuran apartemen ketika memilih perlengkapan dan lampu pencahayaan.
  • Maksimalkan Area Sudut
    Saat mendekorasi apartemen, Anda disarankan untuk memperhatikan detail-detail kecil. Beberapa area yang seringkali diabaikan dalam dekorasi apartemen kecil adalah area sudut. Anda dapat memaksimalkan ruang apartemen kecil Anda dengan memanfaatkan sudut-sudut ruangan. Rak buku, elemen dekoratif, atau kursi samping adalah cara yang sangat bagus untuk menambah penyimpanan, menambah gaya, dan juga tambahan tempat duduk.
  • Pilihan Warna
    Pilihan warna cat ruangan sangat tergantung kepada tujuan dan fungsi ruangan itu sendiri. Warna memiliki pengaruh yang tidak kecil dalam dekorasi interior. Pilihan warna cat memengaruhi suasana hati dan dapat memainkan indra. Pertimbangkan secara serius saat memutuskan untuk menggunakan warna tertentu untuk apartemen kecil Anda.

    Informasi lebih soal pilihan warna cat interior bisa Anda cek di sini.
  • Jadikan Apartemen Anda Seperti Layaknya Rumah
    Tidak peduli gaya dekorasi interior seperti apa yang Anda gunakan untuk apartemen kecil Anda, apakah minimalis, maksimalis, eklektik, industrial, transisional, kontemporer, atau yang lainnya, hal yang paling penting untuk selalu diingat adalah ketika mendekorasi Anda harus dapat menemukan elemen-elemen yang sesuai dengan selera pribadi Anda. Ingat, ini adalah apartemen dan ruang hidup Anda. Anda lah yang memiliki otoritas terhadapnya. Pastikan semua teknik desain dan dekorasi interior yang digunakan bisa sesuai dan selaras dengan selera dan juga kebutuhan Anda. Jadikan Apartemen kecil Anda seperti layaknya rumah yang nyaman untuk Anda dan keluarga Anda.
dekorasi apartemen kecil

Desain interior apartemen gaya modern minimalis, apartemen tamansari semanggi, Jakarta.

Fungsionalitas atau Gaya?

Tinggal dalam sebuah apartemen kecil tidak berarti Anda harus mengabaikan desain dan dekorasi interiornya untuk mengejar fungsionalitas. Sebaliknya, Anda harus mencoba untuk menyeimbangkan antara kedua fokus tersebut. Dekorasi apartemen kecil memang bisa sangat tricky dan tidak pernah menjadi sebuah pekerjaan mudah. Tetapi, dengan mengikuti beberapa teknik dan trik desain dan dekorasi interior seperti ditulis di atas, apartemen kecil Anda juga bisa memilki gaya yang sempurna, lengkap dengan maksimalisasi fungsi serta aspek psikologi ruang yang memberikan dampak positif bagi Anda dan keluarga Anda.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Tags: , , , , , , ,

Hina Yana

By HinaYana

Konten Editor.

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader