denah rumah minimalis 3 kamar tidur type 36

Denah Rumah Minimalis 3 Kamar Tidur Type 36; Murah tapi Tak Kalah Mewah

Posted by Erica Apriliani  •  Friday, May 3 2019

Rumah tipe 36 dengan 3 kamar tidur sangat populer karena bisa menjadi pilihan terbaik untuk anda yang memiliki jumlah anggota keluarga lebih dari 3 orang.

Interiordesign.id – Apakah anda sedang berencana untuk membangun rumah? Tipe rumah seperti apa yang anda inginkan?

Sebelum membangun rumah, tentu diperlukan perencanaan, terutama menyangkut soal desain. Perencanaan adalah faktor yang paling penting, apalagi berbicara soal denah.

Dalam tahapan perencanaan, hal pertama yang harus dipastikan terlebih dahulu adalah soal denah. Denah akan menentukan seperti apa jadinya sebuah bangunan kelak. Oleh sebab itu, denah harus sudah bisa dipastikan dan fixed.

Dalam membuat denah atau tata letak dari sebuah bangunan, bukanlah hal yang mudah serta tidak bisa dilakukan secara sembarang. Dibutuhkan keahlian khusus dari orang-orang yang benar-benar paham dan mengerti tata letak sebuah bangunan. Dalam hal ini seorang arsitek.

Arsitek akan membantu anda merencanakan semua kebutuhan pembangunan rumah lengkap dengan detailnya.

Pastikan anda menggunakan jasa arsitek atau kontraktor yang sudah berpengalaman.

Desain Rumah Minimalis

Seiring perkembangan zaman, desain rumah minimalis tampaknya semakin banyak diminati. Gaya hidup yang serba modern, terbatasnya lahan, serta harga properti yang cenderung terus meningkat, membuat masyarakat lebih menyukai tipe rumah ini. Para desainer dan arsitek pun berlomba-lomba menampilkan gagasan dan konsep desain terbaik dari rumah-rumah jenis ini.

Desain rumah minimalis pun kini tampil beragam. Mulai dari rumah minimalis type 36, type 54, type 70, dan seterusnya.

Khusus untuk rumah tipe 36, ia saat ini bahkan menjadi pilihan paling favorit. Faktor keterjangkauan dalam soal harga jadi alasan utama. Selain itu, tipe rumah kecil inilah yang dianggap paling sejalan dengan gaya hidup minimalis itu sendiri.

Baca juga:

Desain Minimalis: Sejarah Singkat, Ciri Khusus & Tip Praktis

Memiliki luas bangunan dengan ukuran 36 meter persegi, rumah kecil ini sebenarnya memiliki luasan lahan atau tanah yang berbeda-beda. Anda tentu sering mendengar atau bahkan melihat tipe rumah selalu dibuat seperti ini; tipe 36/65, 36/70, atau lainnya. Hal ini berarti bahwa rumah tersebut memiliki luasan bangunan 36 meter persegi, dengan kelebihan luas tanah yang beragam, 65 meter persegi, 70 meter persegi, dan lainnya.

Denah rumah minimalis 3 kamar tidur type 36

~ via marathigazal

Rumah Minimalis Type 36

Nah, saat menata setiap ruang di rumah minimalis tipe 36, anda perlu benar-benar memerhatikan luasannya. Mengingat rumah tipe ini tidak terlalu memiliki ukuran yang ideal, anda harus berpikir cermat. Misal, anda dapat menggabungkan fungsi-fungsi yang privat seperti kamar tidur di satu area yang terpisah dengan ruangan-ruangan yang bersifat publik atau area komunal seperti dapur.

Dan meski tidak terlalu luas, anda bisa mengonstruksikannya menjadi 2 lantai atau mungkin lebih. Tergantung dari kebutuhan anda. Terlebih lagi, dengan penataan yang baik, rumah tipe 36 sangat memungkinkan untuk memiliki 3 kamar.

Rumah tipe 36 dengan 3 kamar tidur juga menjadi sangat populer karena bisa menjadi pilihan terbaik untuk anda yang memiliki jumlah anggota keluarga lebih dari 3 orang.

Denah rumah minimalis 3 kamar tidur type 36

~ via konstruksirumah

Dengan memaksimalkan setiap ruang yang ada, anda bisa memiliki teras, laundry room, dan bahkan sebuah carport atau garasi mobil.

Denah rumah minimalis 3 kamar tidur type 36

~ via marylyonarts

Denah rumah minimalis 3 kamar tidur type 36

~ via benishop

Bagi anda yang menginginkan balkon, jangan khawatir. Meski tidak ada teras di lantai satu, rumah minimalis tipe 36 berlantai 2 seperti dalam gambar di bawah ini, bisa dilengkapi dengan sebuah balkon yang luas persis di depan salah satu kamar tidur di lantai atas.

Dalam rancangan denahnya ini, ia bahkan dilengkapi dengan sebuah tangga spiral yang bisa menghubungkan lantai 2 dan carport. Jadi, anda bisa langsung menuju lantai 2 dari carport tanpa harus melewati lantai 1, terutama apabila sedang ada tamu. Keren banget kan?

Denah rumah minimalis 3 kamar tidur type 36

~ via somospc

Pertanyaan pentingnya kemudian, berapa biaya yang dibutuhkan untuk mengonstruksi rumah minimalis type 36 menjadi 2 lantai atau lebih? Bukankah hal itu malah akan menambah biaya yang semakin besar dan bisa jadi tidak jauh berbeda dengan tipe rumah-rumah besar dengan ukuran ideal?

Jangan khawatir. Anda bisa mencoba konsep growing house alias rumah tumbuh.

Konsep rumah tumbuh adalah sebuah proses berfikir panjang ke masa depan tanpa harus mengorbankan keinginan ideal. terutama jika berhubungan dengan ketersediaan dana. Konsep rumah tumbuh tidak mengharuskan Anda terburu-buru dalam pembangunan sebuah rumah dan melakukannya secara bertahap.

Rumah tumbuh ini memiliki 2 varian atau kategori, yaitu rumah tumbuh vertikal dan rumah tumbuh horizontal. Dalam kasus rumah type 36 yang rencananya akan anda bangun menjadi 2 lantai atau lebih, jenis rumah tumbuh secara vertikal menjadi pilihan. Jadi, anda bisa mengonstruksi rumah minimalis type 36 dua lantai anda secara bertahap.

Untuk persisnya anda bisa baca artikel ini; Growing House; Tren Pembangunan Rumah yang Disesuaikan dengan Ketersediaan Anggaran.

Artikel rumah minimalis lainnya:

Desain Rumah Minimalis Type 36; Rumah Kecil Sederhana dan Modern

Rumah Kecil Modern; 4 Desain Interior, Eksterior dan Denah Lantai Rumah Kecil Modern-Minimalis

Nah, sedikit simpulannya, rumah minimalis type 36, meski tergolong ke dalam rumah kecil, sangat memungkinkan untuk dirancang memiliki 3 kamar tidur. Dan dengan seperti itu, rumah yang tadinya kecil juga bisa memenuhi kebutuhan anggota keluarga lebih dari 3 orang. Murah, tapi tak kalah mewah bukan.

Tertarik membangun tipe rumah minimalis type 36 anda seperti ini?

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Konsultasikan dengan desainer-desainer terbaik kami.

Tags: , , , , , , ,

Erica Apriliani

By Erica Apriliani

Erica was born in Bandung. She graduated from Maranatha Christian University Bandung in 2017, majoring in English Literature. She is a tea and cat person who is fond of theatre, reading, journaling, watching movies, and listening to music. She currently works as a content writer.

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram