Warnai Hari dengan Desain Ruang Keluarga Bergaya Pop Art

Posted by Erica Apriliani  •  Wednesday, February 5 2020

Ruang keluarga adalah salah satu ruangan yang sangat penting. Di sanalah Anda bisa menghabiskan waktu bersama keluarga, baik saat menonton acara televisi atau sekadar berbincang-bincang sambil duduk bersama.

Interiordesign.id – Menghabiskan waktu luang bersama keluarga adalah hal yang sangat berarti dan menyenangkan. Sebagian orang akan merasa kesulitan menemukan waktu yang pas untuk melakukan kegiatan ini dengan berbagai alasan, mulai dari sibuk kerja, tidak ada hari libur, atau minimnya bajet. Padahal, Anda sebenarnya tidak perlu keluar rumah untuk menghabiskan waktu bersama keluarga Anda. Kalau tidak, buat apa ada ruang keluarga bukan?

Ruang keluarga adalah salah satu ruangan yang sangat penting. Di sanalah Anda bisa menghabiskan waktu bersama keluarga, baik saat menonton acara televisi atau sekadar berbincang-bincang sambil duduk bersama.

Interior ruang keluarga yang nyaman tentu saja bisa menjadi faktor yang sangat mendukung Anda dan keluarga tercinta merasa lebih bahagia saat menikmati waktu bersama. Sehingga tidak ada salahnya jika Anda mendesain ruangan ini dengan gaya dan pendekatan tertentu,  gaya pop art misalnya.

Pop art adalah sebuah aliran seni yang lahir di Inggris serta Amerika pada pertengahan hingga akhir tahun 1950an. Aliran seni ini dipopulerkan oleh seorang kurator dan kritikus seni asal Inggris, Lawrence Alloway. Kata pop art sendiri berasal dari popular art, sebuah aliran seni yang memanfaatkan visual dan simbol-simbol dari berbagai media seperti komik, majalah, televisi, iklan, dan lainnya.

Pop art dibuat untuk menghibur dan memberi kejutan. Ciri khas utama pop art adalah garis tebal dan gelembung komik dengan warna-warna yang terang dan berani. Sementara tiga unsur utama pop art adalah ritme, kesatuan, dan kekontrasan yang dikombinasikan dengan harmonis.

Selain populer dalam seni lukis, pop art juga digemari dalam desain interior. Interior bergaya pop art pada umumnya terlihat ekspresif, tidak biasa, kontras, dan cerah. Fitur-fitur utama didominasi oleh warna-warna pelangi, bentuk yang mencolok, dan elemen yang berulang-ulang.

Lalu bagaimana dengan desain ruang keluarga bergaya pop art? Berikut ulasannya!

Bermain dengan warna

Pop art merefleksikan idealisme, kreativitas, modernitas, dan keberanian yang bervariasi dalam permainan warna. Oleh sebab itu, permainan warna adalah kunci.

Dalam gaya pop art, Anda dapat bereksperimen dan bermain dengan warna secara tidak terbatas untuk ruang keluarga Anda. Kombinasi dari warna-warna primer seperti merah, biru, dan hijau dapat menjadi pilihan untuk menciptakan perpaduan yang harmonis.

Dalam pemilihan warna, Anda jangan takut untuk tabrak warna, karena salah satu keunggulan gaya desain ini adalah penggunaan warna-warna yang tidak biasa. Tabrak warna justru dapat menjadikan ruang keluarga terlihat unik serta beda.

desain ruang keluarga gaya pop art

~ via homedesignlover

Bagi Anda yang tidak terlalu suka dekorasi yang terlalu ekstrim, jangan khawatir. Meskipun terkenal dengan warna dan corak yang kontras, cerah, dan lain dari yang lain, gaya pop art dapat dihadirkan dengan lebih ‘kalem’.

Anda dapat menggunakan warna yang didominasi oleh warna putih pada dinding ruang keluarga Anda, yang dikombinasikan dengan pilihan sofa serta cushion berwarna kontras dan cerah. Cara ini menjadikan gaya pop art tekesan lebih sederhana tanpa menghilangkan esensi utama serta keunikannya.

Berekspresi melalui gambar

Tak bisa dipungkiri pula bahwa gambar atau lukisan karakter adalah satu ciri utama pengaplikasian gaya pop art dalam desain interior. Seringkali gambar atau lukisan tersebut dibarengi oleh tulisan berisi pesan atau kalimat tertentu.

Gambar atau lukisan karakter dengan kombinasi palet warna cerah menjadikan ruang keluarga terlihat semakin hidup dan menarik.

interior ruang keluarga gaya pop art

~ via pinterest

Bereksplorasi melalui motif dan bentuk

Penggunaan motif atau corak yang menarik juga merupakan salah satu pilihan pengaplikasian gaya pop art. Seperti halnya warna, dalam interior bergaya pop art, Anda dapat bereksplorasi dengan motif dan corak.

Motif yang dapat Anda pilih pun tidak terbatas hanya pada motif polkadot dan garis-garis. Anda dapat bereksplorasi dengan berbagai bentuk dan ukuran yang tidak biasa untuk menghasilkan kesan yang tidak biasa pula.

Contohnya, penggunaan furniture atau aksesori dengan bentuk yang tidak simetris bisa memberikan kesan yang unik pada ruang keluarga.

dekorasi ruang keluarga gaya pop art

~ via interioridea.net

Furniture yang secukupnya

Selain warna dan gambar, ciri utama gaya pop art adalah tidak menggunakan furniture secara berlebihan.

Dengan warna yang cerah, motif yang mencolok, dan bentuk asimetris, Anda cukup menggunakan beberapa buah perabotan saja agar ruangan terkesan luas dan tidak terkesan padat.

desain ruang keluarga gaya pop art

~ via interioridea.net

Sebenarnya masih banyak yang bisa dieksplorasi dari gaya desain pop art. Namun, semuanya bertujuan sama, yaitu memberi kesan hidup, ceria, serta tentu saja menarik. Konsep desain ini menjadi salah satu cara mewujudkan nuansa setiap ruang di dalam rumah terasa makin menyenangkan.

Tertarik untuk mengaplikasikan gaya desain pop art di ruang keluarga Anda?

Ada pertanyaan tentang desain interior rumah Anda? Desainer kami siap menjawabnya

Tags: , , , , , , ,

Erica Apriliani

By Erica Apriliani

Erica was born in Bandung. She graduated from Maranatha Christian University Bandung in 2017, majoring in English Literature. She is a tea and cat person who is fond of theatre, reading, journaling, watching movies, and listening to music. She currently works as a content writer.

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader