desain ruang tamu sempit

Desain Ruang Tamu Kecil; Cara Merancang Ruang Berukuran Kecil agar Nyaman dan Tampil Gaya

Posted by Nita Hidayati Inayah  •  Wednesday, May 8 2019

Dengan sedikit kreativitas dan pilihan gaya dekorasi yang tepat, ruang tamu kecil juga bisa memiliki penampilan yang tak kalah impresif.

Interiordesign.id – Ruang tamu adalah satu-satunya area publik di dalam rumah. Ruangan inilah yang membentuk kesan dan mencitrakan seperti apa penampilan rumah secara keseluruhan. Penampilan ruang tamu yang impresif dan inviting, tentu akan melahirkan kesan positif.

Untuk mendapatkan penampilan terbaik dari ruang tamu, tidaklah dilihat dari luasan atau ukuran ruangannya, melainkan pilihan gaya dekorasinya.

Ruang tamu tidak selalu harus memiliki ukuran yang besar. Ukuran bukanlah sesuatu yang harus dijadikan patokan. Namun, pilihan gaya dan konsep desainnyalah yang akan sangat menentukan seberapa besar ruangan tersebut melahirkan kesan tidak terlupakan.

desain ruang tamu kecil

Mendandani ruang berukuran kecil mungkin masih menjadi hambatan bagi sebagian besar orang. Dan anda mungkin jadi salah satunya. Merancang sebuah ruang dengan ukuran terbatas memang membutuhkan kreativitas dan perencanaan matang. Tetapi, dengan fokus pada gagasan desain yang tepat, ruangan kecil juga bisa memiliki penampilan yang impresif, dan tidak melupakan faktor kenyamanan.

Pilihan warna terang

Menata ruang tamu kecil dapat disiasati dengan penggunaan pilihan cat berwarna terang, seperti warna putih atau krem. Warna-warna netral dan terang bisa menghindarkan kesan sempit pada ruangan kecil. Pilihan warna ini bisa melahirkan kesan luas dan lapang.

Penting juga anda ingat dan perhatikan, hindari penggunaan warna gelap seperti hitam atau biru tua. Penggunaan warna-warna tersebut, apalagi jika digunakan secara berlebihan, akan memberikan kesan sempit dan pengap.

Baca juga:

10 Warna Cat Ruang Tamu Sempit, Sulap Ruangan Jadi Terasa Luas & Istimewa

Cermin

desain ruang tamu kecil dengan cermin besar

~ via idea

Selain unsur estetika, cermin memiliki fungsi magis. Cermin mampu menghadirkan kesan luas dan lapang, terutama di ruangan berukuran kecil.

Ruang yang tidak terlalu besar dan sempit dapat dibuat menjadi luas dengan menghadirkan sebuah cermin. Selain itu, sifat reflektifnya juga membuat ruangan terlihat lebih terang.

Yang perlu diingat adalah soal penempatan terbaiknya. Ada aturan tertentu untuk menempatkan cermin agar memiliki efek maksimal.

Bacaan terkait:

Cara Terbaik Memasang Cermin di Rumah

Organisir perabotan

desain ruang tamu minimalis

Ini menjadi hal paling penting yang mesti anda perhatikan baik-baik.

Jangan jadikan ruangan kecil terlihat berantakan dipenuhi perabotan. Jumlah perabotan yang banyak di sebuah ruangan kecil akan membuatnya terlihat sesak dan berantakan. Menyimpannya dalam lemari atau tempat penyimpanan tertentu bisa menjadi solusi paling praktis.

Intinya, tetaplah minimalis.

Ruang tamu minimalis, yang terorganisir rapi, ramping, dan terang adalah kunci sebenarnya dari cara menata ruang tamu sempit agar terlihat luas, lapang, dan juga gaya.

Ada pertanyaan tentang desain interior rumah Anda? Desainer kami siap menjawabnya

Tags: , , , , , , ,

Nita Hidayati Inayah

By Nita Hidayati Inayah

Content writer, menyukai gaya skandinavia

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader