Desain Ruang Tamu Tanpa Kursi; Cara Menata Ruang Tamu agar Tampak Makin Unik dan Nyaman

Posted by Nita Hidayati  •  Thursday, December 28 2017

Desain ruang tamu tanpa kursi ataupun sofa, memberikan tampilan yang tak hanya unik, namun juga terlihat sederhana dan sangat nyaman.

Interiordesign.id – Jika selama ini interior ruang tamu selalu diidentikkan dengan penggunaan kursi atau sofa, kali ini Anda dapat melakukan pembaruan. Jika Anda memiliki ruang tamu berukuran kecil hingga tidak memungkinkan untuk menempatkan sofa atau kursi, maka singkirkan saja!

4 Desain Ruang Tamu Modern Minimalis dengan Keseimbangan Asimetris yang Artistik

Tidak ada aturan khusus saat mendesain ruang tamu harus selalu menggunakan sofa atau kursi. Anda dapat merancang ruang tamu tanpa penggunaan kedua perabotan tersebut. Gagasan ini dikenal dengan konsep lesehan. Selain sangat efektif untuk diterapkan pada ruang berukuran kecil, ruang tamu tanpa kursi atau sofa juga terlihat cocok-cocok saja pada ruang tamu berukuran besar. Konsep lesehan ala Jepang  memang selalu terlihat sangat unik serta menarik.

Banyak manfaat yang bisa didapat dari konsep ruang tamu tanpa kursi atau sofa, salah satunya dapat memberi nuansa hangat dan nyaman. Ruangan pun jadi terkesan lebih lebar, luas, dan lapang, serta cantik untuk dipandang.

| Desain Interior Ruang Tamu Industrial yang Atraktif & Artistik

| 10 Warna Cat Ruang Tamu Sempit, Sulap Ruangan Jadi Terasa Luas & Istimewa

Desain Ruang Tamu Tanpa Kursi ala Baithak Style

Baithak Style merupakan salah satu desain interior ala India yang biasanya diterapkan pada ruang keluarga dan ruang tamu. Dekorasi interior yang satu ini sepintas menyerupai gaya bohemian yang kaya akan warna-warna terang dan mencolok. Ciri khas gaya baithak ditunjukkan dengan penggunaan aksesori interior dengan warna-warna yang mencolok.

| Dekorasi Ruang Tamu Bohemian; Cara Unik untuk Keluar dari Kekakuan

Gaya Baithak menyuguhkan gaya etnik khas India pada pengunaan bantal sofa dan cushion.

Sebenarnya baithak menggunakan tempat duduk menyerupai sofa yang difungsikan sebagai tempat duduk. Hanya saja, ukurannya lebih rendah jika dibandingkan dengan sofa yang banyak kita temui. Selain rendah, baithak sebenarnya lebih mirip sebuah kasur mini dengan penggunaan kain yang dilengkapi bantal-bantal dengan sarung dengan warna-warna yang mencolok.

Desain Ruang Tamu Tanpa Kursi ala Jepang

Kesederhanaan merupakan karakteristik utama dari gaya desain interior ala Jepang. Gaya desain Jepang hadir dengan penggunaan furnitur yang berbentuk sederhana, warna netral dan unsur-unsur alam. Anda bisa mencoba menerapkan gaya desain Jepang untuk ruang tamu tanpa kursi dengan penggunaan futon. Futon adalah semacam perangkat tidur tradisional Jepang yang juga dikenal di Korea.

Gunakan futon sebagai pengganti matras, lalu selaraskan warnanya dengan lantai ataupun pilihan warna pada dinding ruang tamu.

desain ruang tamu tanpa kursi

from houzz

Sebagai pelengkap kenyamanan, tambahkan juga bantalan kursi atau cushion untuk menambah aksen cantik pada futon.

Desain Ruang Tamu Tanpa Kursi dengan Karpet

Tidak hanya berfungsi sebagai pelindung saja, karpet juga dapat diletakkan di ruang tamu dengan konsep lesehan yang nyaman. Gunakanlah karpet yang memiliki permukaan yang lembut dan memiliki bahan yang adem.

desain ruang tamu tanpa kursi

via renovasi-rumah.net

Kreasikan warna karpet dengan warna-warna netral atau yang menarik perhatian agar memberikan suasana ceria dan hangat. Tambahkan bantal-bantal berukuran besar dan kecil yang akan semakin membuat ruang tamu terasa homey dan super nyaman.

Desain Ruang Tamu Tanpa Kursi dengan Bean Bag

desain ruang tamu tanpa kursi

from arsitag

Bean bag merupakan tempat duduk yang bentuknya menyerupai karung besar yang empuk karena diisi oleh butiran polistiren/styrofoam. Bean bag tidak memiliki rangka, sehingga sangat nyaman ketika diduduki.

Mengenal Gaya Desain Interior “Postmodern”, Gaya Dekorasi Interior yang Menentang Segala Aturan

Saat ini tersedia banyak bentuk bean bag yang dirancang modern yang dapat Anda temukan di toko-toko, online maupun offine. Anda dapat memilih bentuk dan warna bean bag sesuai selera dan terutama kondisi ruang tamu rumah Anda.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Konsultasikan dengan desainer-desainer terbaik kami. Gratis!

Tags: , , , , , , ,

Nita Hidayati

By Nita Hidayati

Content writer, menyukai gaya skandinavia

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram