desain ruang tamu untuk ruamh mungil

Desain Ruang Tamu yang Cocok untuk Rumah Mungil

Posted by Erica Apriliani  •  Thursday, April 25 2019

Interiordesign.id – Dalam beberapa tahun terakhir, rumah mungil menjadi salah satu jenis rumah yang amat digemari di pasar perumahan di seluruh dunia. Rumah berukuran mungil dinilai sebagai solusi dan implementasi dari konsep rumah ramah lingkungan. Selain itu, karena mungil, biaya yang dikeluarkan pun tentu tidak akan sebanyak rumah berukuran besar.

Pada umumnya, penggemar rumah mungil adalah pasangan muda atau pengantin baru. Mereka menyukai desain rumah ini karena desainnya yang sederhana dan praktis. Di Indonesia sendiri, rumah mungil juga menjadi favorit masyarakat karena program rumah bersubsidi oleh pemerintah.

Baca juga:

Konstruksi dan Desain Interior “Rumah Mungil”, Tampilan “Industrial Chic” yang Modern

Namun, karena ukurannya yang mungil, bukan berarti proses mendesain serta mendekorasi interior rumah mungil ini mudah. Justru, anda harus berhati-hati dan memikirkan secara matang sebelum mendesainnya. Proses ini cukup tricky, karena apabila anda tidak merencanakannya dengan sangat baik, rumah akan terlihat makin sempit.

Bacaan terkait:

Desain Rumah Kecil dan Sederhana; “Small is Beautiful”

Rumah Kecil Minimalis: Cara Terbaik Mendekorasi Ruangan Kecil

Salah satu ruangan yang penting dalam rumah tinggal adalah ruang tamu. Karena terletak di bagian depan susunan bangunan rumah, maka ruang tamu adalah ruangan pertama yang dilihat oleh siapapun yang masuk ke dalam rumah. Kegunaan utama ruang tamu adalah sebagai tempat untuk menerima tamu dan berkomunikasi dengan orang luar.

Lalu, bagaimana dengan ruang tamu di rumah mungil? Apakah tetap memungkinkan ada sebuah ruang untuk menerima banyak tamu, mengingat luas bangunan yang terbatas? Jawabannya tentu saja mungkin.

Mari simak beberapa tips mendesain ruang tamu yang cocok untuk rumah mungil berikut.

Pilihan Furnitur

Karena luas yang terbatas, maka kunci dari desain ruang tamu untuk rumah mungil adalah penataan perabot atau furniturnya. Sebab, apabila anda salah menatanya, ruang tamu akan terlihat makin mungil, penuh, sempit, dan tertutup.

Usahakan agar furnitur anda tidak menempel ke dinding. Sebaiknya anda memberi jarak antara furnitur dan dinding rumah tamu anda. Meskipun jaraknya hanya satu sentimeter, hal ini akan membuat impact besar bagi ruang tamu anda.

desain ruang tamu untuk rumah mungil

~ via kaodim

Selain penataannya, anda juga harus memikirkan ukurannya. Pilihan furnitur untuk ruang tamu mungil tentu tidak akan masuk akal jika menggunakan ukuran yang besar. Oleh karena itu, furnitur berukuran kecil sangat dianjurkan.

Baca:

Pilihan Furnitur Minimalis untuk Rumah Minimalis

Anda tentu tidak menginginkan merasa sesak dan sempit di ruang tamu anda bukan? Furnitur bergaya minimalis yang sederhana bisa menjadi alternatif untuk ruang tamu mungil.

Bahkan, anda juga bisa tidak menggunakan kursi atau sofa di ruang tamu. Sebagai penggantinya, anda dapat menaruh bantal duduk atau bean bag. Karpet atau permadani yang luas juga bisa digunakan sebagai alas.

Jangan remehkan juga fungsi furnitur built in yang multifungsi. Furnitur jenis ini cocok untuk ruang tamu berukuran kecil. Dan karena sifatnya yang multifungsi, anda dapat menghemat banyak ruang. Meskipun anda mungkin harus merogoh kocek lebih untuk membelinya, bentuk furnitur jenis ini customizable, sehingga bisa disesuaikan dengan luas ruang tamu anda. Jangan khawatir, furnitur built in juga dapat menjadi investasi jangka panjang.

Artikel terkait :

Desain Ruang Tamu Kecil Minimalis; Konsep Interior Ruang Tamu yang Simpel dan Dinamis

Warna

Pemilihan warna dalam mendesain suatu ruangan adalah hal yang menyenangkan tapi juga krusial. Sebab, warna dapat berpengaruh pada mood serta memberi kesan tertentu. Untuk ruang tamu mungil, lebih baik hindari warna-warna bold karena akan memberi kesan sempit.

Bacaan terkait :

Fungsi dan Pengaruh Warna Terhadap Suasana Hati

Bagaimana Memilih Warna Ruangan yang Tepat untuk Mendapatkan Suasana Nyaman dan Menenangkan

desain ruang tamu untuk rumah mungil

~ via americanneopaganism

Sebaliknya, warna netral dan pastel dinilai yang paling cocok karena dapat membuat ilusi ruangan yang lebih luas. Warna-warna seperti putih, putih gading, abu-abu, dan krem bisa memberi kesan hangat dan nyaman. Selain itu, karena netral, warna-warna tersebut cocok untuk dikombinasikan dengan warna apapun.

desain ruang tamu untuk rumah mungil

~ via lostindaydreams

Anda juga dapat mendekorasi ruang tamu di rumah mungil anda dengan memilih palet warna monokrom.

Palet warna serba putih misalnya, selain memberikan kesan lebih luas dan lega, putih juga terkenal memberikan kesan bersih. Untuk tampilan mewah dan modern, anda bisa mengombinasikan warna putih dengan hitam.

Bacaan lainnya :

Desain Interior Monokrom; Satu Warna yang Mengubah Segalanya

Pencahayaan

Apakah anda tahu bahwa pencahayaan alami dapat memberikan kesan luas bagi ruangan yang kecil?

Oleh sebab itu, penggunaan jendela besar sangat dianjurkan guna memudahkan cahaya matahari masuk ke dalam ruangan. Selain cahaya, jendela besar pada ruang tamu dapat melancarkan sirkulasi udara sehingga anda tidak akan merasa pengap.

desain ruang tamu untuk rumah mungil

~ via arsitekrumahidaman

Untuk bentuk, semua sesuai dengan selera anda. Anda dapat membagi jendela menjadi dua bagian jika dirasa terlalu lebar. Sementara untuk jendela berbentuk persegi panjang, anda dapat meletakkannya secara vertikal dan tingginya pun disesuaikan dengan tinggi langit-langit ruang tamu anda.

Penggunaan jendela yang besar juga dapat menghemat penggunaan listrik. Banyaknya cahaya alami yang masuk ke dalam ruangan membuat anda tidak terlalu tergantung pada cahaya lampu.

Baca:

Pencahayaan Ruangan dengan Sumber Cahaya Alami, Ciptakan Suasana Ruang yang Sehat dan Menenangkan

Nah, tidak ada masalah dengan ukuran bukan. Rumah mungil, rumah kecil juga bisa memiliki ruang tamu yang bisa dirancang dengan sangat baik. Kuncinya adalah perencanaan dan mengetahui mana yang baik untuk dilakukan dan mana yang tidak.

Seperti apa desain dan dekorasi ruang tamu di rumah mungil anda?

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Konsultasikan dengan desainer-desainer terbaik kami.

Tags: , , , , , , ,

Erica Apriliani

By Erica Apriliani

Erica was born in Bandung. She graduated from Maranatha Christian University Bandung in 2017, majoring in English Literature. She is a tea and cat person who is fond of theatre, reading, journaling, watching movies, and listening to music. She currently works as a content writer.

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader