interior apartemen kecil

Desain Apartemen Kecil Minimalis

Posted by Putri A Ashralika  •  Friday, August 16 2019
ADVICE IN STYLE BUDGET
Dilema Desain Modern Rp. 10 juta - Rp. 30 juta
 
Asked by Jon Spardi
Bagaimana mendesain ruang-ruang apartemen yang kecil? Hanya 31 meter persegi. Sebagian sudah ada furniturenya, tapi terbatas. Berapa kira-kira biaya desain interior berikut materialnya? Saya maunya minimalis dan cerah.
interiordesign-putri-desainer
Answered by Putri A Ashralika

Halo mas Jon Spardi,

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih telah mengunjungi laman Ask Designer. Dengan senang hati saya akan mencoba membantu menjawab pertanyaan seputar desain apartemen Anda.

Untuk menata ruangan yang areanya relatif kecil, dapat disiasati dengan beberapa trik desain, di antaranya:

  1. Pemilihan furniture yang tepat

Sebaiknya gunakan furniture yang sifatnya fleksibel dan multifungsi untuk meminimalisir space yang terpakai, (misal tempat tidur lipat atau meja makan lipat). Dan apabila sudah ada furniture eksisting, sebisa mungkin dipilih yang terkesan ringan dan tidak terlalu bulky.

Baca6 Model Furniture yang Ngetren Saat Ini

  1. Maksimalkan Pencahayaan Alami

Jadikan ruang utama pada area yang sudah memiliki bukaan jendela dari bangunan eksisting untuk memaksimalkan pencahayaan alami. Namun demikian, diperlukan juga sedikit ‘permainan’ lampu untuk memunculkan ambience tertentu yang diinginkan dari sebuah ruang (misalnya pada kamar tidur).

  1. Efek Magis Cermin

Ya, cermin. Ini adalah salah satu elemen atau aksesori ruang yang memiliki magis. Banyak sekali fungsi dan keuntungan dari penggunaan cermin. Penggunaan material cermin sebagai elemen interior, terutama pada ruangan yang spacenya sangat sempit/kecil, adalah pilihan paling tepat.

  1. Warna Soft dan Natural

Ini menjadi satu faktor lain yang bisa sangat menentukan kenyamanan, terutama nuansa minimalis yang ingin didapat dalam interior apartemen kecil. Penggunaan warna-warna soft dan natural bisa menjadikan ruangan terasa lebih ringan dan luas.

apartemen minimalis

Nah, itulah 4 tips sederhana bagaimana menjadikan interior apartemen kecil bisa tampak luas, nyaman, serta furngsional.

Sementara, untuk kisaran bujet dekorasi, dengan konsep interior minimalis seperti yang mas Jon Spardi inginkan, kisaran 100-150 juta sudah cukup dan ideal menjadikan apartemen minimalis bisa memiliki dan memenuhi semua kebutuhan; baik itu kebutuhan akan fungsi, estetika, hingga faktor psikologi ruang sesuai tujuan dari desain interior itu sendiri.

Sekian tips dan jawaban saya menyoal pertanyaan dan dilema desain apartemen yang mas Jon Spardi tanyakan.

Semoga tips ini membantu dan dapat diaplikasikan dengan mudah. Selamat mencoba!

Putri Ashralika

Share :



Shopping List




Load more

You may also like




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram