gaya desain interior rumah

5 Konsep Desain Interior; Gaya Interior Seperti Apa yang Bisa Menggambarkan Diri Anda?

Posted by HinaYana  •  Tuesday, May 5 2020

Selama lebih dari satu dekade terakhir, desain interior telah mengalami perkembangan pesat. Didukung hasil riset dan studi  ilmu pengetahuan modern, terutama psikologi, telah membuktikan relasi unik antara konsep desain interior dan dampaknya terhadap psikologi seseorang.

InteriorDesign.id – Percaya atau tidak, konsep desain interior yang Anda pilih dan gunakan adalah cerminan dari karakter dan kepribadian Anda sendiri. Gaya desain dan dekorasi yang Anda gunakan, memiliki kekhasan dan menunjukan, serta bisa mengetahui seperti apa karakter dan kepribadian Anda.

Selama lebih dari satu dekade terakhir, desain interior telah mengalami perkembangan pesat. Didukung hasil riset dan studi ilmu pengetahuan modern, -terutama psikologi-, telah membuktikan adanya relasi unik antara desain interior dan dampaknya terhadap psikologi seseorang.

Sebut saja misalnya pemilihan warna dan pilihan pencahayaan. Kedua hal teresebut memiliki dampak yang cukup siginifikan, tidak hanya terhadap mental, tetapi juga fisik.

Jika kita coba runut, relasi unik antara desain interior dan dampak psikologi bahkan sudah ada jauh sebelumnya, seperti ditemukan dalam beberapa kepercayaan kuno, dalam kepercayaan Vastu Shastra di India, atau yang populer Feng Shui.

Chloe Taylor, seorang sejarawan seni, dalam kolomnya di psychology tomorrow magazine; “Aesthetics and Well-Being: How Interior Design Affects Your Happiness”, menyimpulkan, adalah sebuah kebenaran yang tak dapat ditawar bahwa rumah adalah tempat yang paling membahagiakan. Dan sangat penting untuk disadari bahwa rumah tidak saja sebagai tempat untuk mempromosikan kebahagiaan per se, tetapi ia juga bisa dibentuk dan dirancang sedemikian rupa untuk mempromosikan dan mendapatkan efek positif terhadap mood atau suasana hati, yang sangat baik untuk kesehatan.

Kesimpulan Taylor bahkan dibenarkan, baik oleh para desainer interior, maupun para psikolog, atau bahkan ilmuwan-ilmuwan lainnya.

Tidak hanya itu saja, banyaknya pilihan gaya dan konsep desain interior seperti saat sekarang, kita bisa dengan sangat mudah menentukan mana pilihan konsep dan gaya desain yang pas dan cocok mewakili karakter dan kepribadian. Namun, selain mewakili, tentu saja pilihan gaya interior juga mesti dipersonalisasi agar dapat melahirkan efek yang benar-benar positif kepada setiap penghuninya.

Mengutip freshome, berikut adalah 5 konsep desain interior (dalam infografis) yang paling banyak digunakan saat ini.

Dari berbagai konsep interior ini kita bisa mengetahui dan mendapatkan gambaran gaya interior seperti apa yang benar-benar bisa menggambarkan dan mewakili karakter dan kepribadian.

  1. Konsep Desain Modern

Gaya desain modern adalah konsep desain yang menitikberatkan pada efektivitas dan fungsionalitas. Ia bisa mewakili gaya hidup modern yang simpel dan luwes.

konsep desain interior modern

konsep desain interior modern

Gaya desain interior modern. ~ via pinterest

  1. Konsep Desain Kontemporer

Gaya kontemporer sebenarnya bukan merupakan sebuah konsep yang definitif, tetapi lebih merupakan sebuah gaya dan konsep desain tata ruang yang merefleksikan kondisi terkini.

Dalam beberapa poin, ia memiliki kesamaan dengan konsep modern, sehingga banyak yang menganggap rancu definisi dan ciri khas yang dibawa oleh kedua konsep desain ini.

Mudahnya, desain kontemporer merefleksikan gaya saat sekarang.

konsep desain interior kontemporer

konsep desain interior kontemporer

gaya desain kontemporer, via architecture art design

  1. Konsep Desain Interior Tradisional

Desain interior tradisional banyak menggunakan dan memerlihatkan gaya etnik.

Gaya tradisional menampakan suasana ruang yang tertata rapi dan terkoordinasi dengan sangat baik. Dekorasi dengan motif bunga kerap digunakan dalam konsep desain interior ini.

Desain tradisional dianggap mewakili gaya hidup yang dekat dengan tradisi. Ia meninggalkan kesan natural dan alami, sama seperti ciri khas yang dibawa dalam konsep interior rustik.

konsep desain interior tradisional

konsep desain interior tradisional

Gaya desain tradisional. ~ via interiorideas.fishwen.com

  1. Konsep Desain Industrial atau Urban

Konsep desain industrial ditandai dengan kesan kuat pada suatu ruangan yang unfinished, atau kesan membiarkan segala sesuatunya hadir dan tampak belum selesai. Dinding bata ekspos, material besi, pemipaan yang terbuka, konstruksi langit-langit terbuka, dan sebagainya.

Desain interior industrial mewakili gaya hidup modern, serba cepat, dan simpel. Konsep desain ini juga lekat dengan karakter kuat yang mewakili maskulinitas. Ini juga seringkali disebut sebagai gaya desain urban modern.

konsep desain interior industrial

konsep desain interior industrial

Gaya desain interiro industrial/urban. ~ via style motivation

Baca Juga:

5 Konsep Desain Interior yang Perlu Diketahui

Desain Minimalis: Sejarah Singkat, Ciri Khusus & Tip Praktis

Perbedaan dan Ciri Khas Gaya Desain Interior Kontemporer dengan Gaya Desain Interior Modern

Gaya Desain Interior Kontemporer; Pengertian, Asal-usul & Ciri Khas

  1. Konsep Desain Klasik

Gaya desain interior klasik berasal dan terinspirasi dari gaya romawi dan yunani kuno yang mengandalkan pada susunan, keteraturan, keseimbangan, serta harmonisasi yang nyaris sempurna.

Konsep interior ini mewakili gaya hidup mewah, disiplin, serba teratur, dan tertata rapi.

konsep desain interior klasik

konsep desain interior klasik

gaya desain interior klasik, via best design ideas

Ada pertanyaan seputar desain interior?

Tags: , , , , , ,

Hina Yana

By HinaYana

Content Editor

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa

 

Follow on Instagram

... ... ...