desain kamar tidur anak minimalis

Ide Desain Kamar Tidur Anak Laki-Laki Remaja

Posted by Emier Abdul Fiqih  •  Monday, April 29 2019

Saat anak laki-laki anda menginginkan kontrol penuh terhadap kamar tidurnya, anda sebagai orang tua dapat memberikan ide desain kamar tidur yang sesuai dengan karakter dan kepribadian mereka.

Interiordesign.id – Saat anak beranjak remaja, ada banyak hal yang berubah. Mulai dari cara berpakaian, sikap, dan kegiatan yang mereka biasa lakukan. Sebagai orang tua, jika anda tidak bijak mengatasi perubahan tersebut, tentu bisa menghambat perkembangan mereka.

Desain kamar tidur, terutama bagi anak laki-laki yang sedang beranjak dewasa atau remaja, tidak bisa dirancang sama seperti saat mereka masih anak-anak. Interior kamar anak laki-laki remaja tentu sudah harus disesuaikan dengan karakter dan kepribadian mereka, terlebih apa yang menjadi keinginan mereka.

Saat anda memberikan kontrol penuh kamar tidur kepada anak laki-laki anda, jangan lupakan satu hal, kebersihan dan kerapian kamar tidur harus menjadi perhatian mereka. Berdasarkan beberapa penelitian, anak-anak yang sudah diberikan kamar tidur sendiri merupakan salah satu cara terbaik untuk melatih tanggung jawab mereka terhadap ruang privatnya tersebut.

Seyogyanya, sebagai orang tua, anda dapat coba berkomunikasi dengan anak anda seperti apa konsep dan rancangan kamar tidur yang anak anda inginkan. Untuk mendapatkan gambaran mengenai gagasan atau ide kamar tidur anak laki-laki, satu hal yang pasti harus diperhatikan adalah bagaimana menyesuaikannya dengan karakter dan kepribadian anak. Hal tersebut merupakan gambaran besar akan seperti apa penampilan kamar tidur mereka kelak.

Berikut adalah beberapa elemen desain yang harus menjadi perhatian anda saat akan merancang kamar tidur untuk anak laki-laki remaja anda.

Baca juga:

Desain Kamar Tidur, Cerminan Paling Personal dari Pemiliknya, Benarkah?

Desain Kamar Tidur Anak; Manfaat Berbagi Ruang untuk Anak-anak

Pilihan Warna

Kamar tidur anak, terutama kamar anak laki-laki, biasanya tidak jauh dari dekorasi bermotif tokoh-totok kartun atau superhero. Selain itu, berbagai macam barang atau furnitur yang digunakan pun biasanya mengikuti warna dasar dari tema utamanya. Seperti misalnya tema Superman, skema warna yang digunakan pastilah warna biru dan merah.

Sementara saat beranjak remaja, anak akan cenderung memilih warna-warna simpel yang menjadi kesukaan mereka. Dan jika adan paham soal psikologi warna, anda bisa berdiskusi dengan mereka mengenai pilihan warna apa yang cocok untuk kamar mereka. Hal ini untuk menghindari pilihan warna cat kamar yang bisa saja sangat disukai oleh anak anda, tetapi tidak atau kurang pas berdasarkan psikologi warna.

Perlu diingat, warna sangat menentukan tingkat kenyamanan sebuah ruang, terutama area kamar tidur.

desain kamar tidur anak laki-laki remaja

~ via iloverproperty.id

Baca:

Warna Cat Kamar Tidur Anak; Pilihan Warna Terbaik Menurut Sains

Pilihan Furnitur

Ini menjadi salah satu hal terpenting selain pilihan warna.

Rekomendasi terbaik mengenai pilihan furnitur untuk kamar tidur anak adalah perabot-perabot yang memiliki fungsi ganda atau multifungsi. Jenis perabotan multifungsi akan memberikan banyak space tersedia terutama untuk ruangan yang tidak terlalu besar.

Anak-anak membutuhkan keleluasaan di kamar tidur mereka. Dengan tema dekorasi yang pas, serta pilihan furnitur yang juga tepat, anak-anak yang beranjak dewasa akan merasa sangat betah dan nyaman di kamar mereka. Hal tersebut juga bisa sangat membantu dalam perkembangan psikologi dan mental mereka.

desain kamar tidur anak laki-laki remaja

~ via cgtrader.com

Bacaan terkait:

5 Desain Kamar Tidur Terbaik untuk Anak-anak

Tema Dekorasi

Harus diakui, kamar tidur anak biasanya mendapatkan porsi luasan yang tidak terlalu besar jika dibanding kamar tidur utama. Pengecualian terjadi jika anda dan keluarga memiliki rumah besar dengan bajet tak terbatas. Anda tentu bebas merancang kamar tidur anak, bahkan bisa saja menyatukannya dengan area bermain atau playground meraka.

Di sinilah pentingnya tema dekorasi. Dekorasi kamar anak harus diputuskan secara seksama. Apa yang bisa dimanfaatkan dari ruangan yang ada demi kenyamanan dan keamanan anak-anak.

Bagian dinding menjadi area yang harus dimanfaatkan secara maksimal. Cobalah untuk memanfaatkannya secara maksimal. Anda bisa memasang rak dinding untuk menyimpan barang-barang pribadi anak semisal novel, komik, atau bahkan mainan-mainan mereka. Rak dinding bisa memberi kesan minimalis, rapi, dan fungsional untuk area kamar tidur.

dekorasi kamar tidur anak laki-laki remaja dengan rak dinding fungsional

~ via qontent.co

Atau anda juga bisa memasang berbagai lukisan menarik di dinding kamar tidur anak. Berbagai lukisan bisa menstimulasi dan memberikan inspirasi pada anak untuk mendukung perkembangan minat mereka.

Mengutip psychology today, sebuah karya seni juga merupakan titik awal yang efektif ketika Anda bekerja dengan tujuan akhir yang jelas, seperti tidur nyenyak atau mengurangi rasa takut. Sarankan anak Anda memilih dua gambar atau lukisan, bagaimana keadaan sekarang dan bagaimana mereka menginginkannya. Setelah anak bisa membayangkan di mana mereka ingin berada, mereka dapat mulai mengambil langkah-langkah untuk sampai ke sana. Dan anak-anak bisa menggantung foto-foto atau gambar-gambar tersebut di kamarnya sebagai pengingat kemungkinan masa depan yang positif.

Dekorasi dinding kamar juga harus mempertimbangkan bukan saja apa yang menarik buat mereka, tetapi juga bisa dirancang agar kamar tidur anak, terutama anak remaja laki-laki bisa melahirkan suasna tenang, nyaman, dan sekaligus juga ceria, agar anak anda selalu merasa berbahagia di kamar tidur mereka.

desain kamar tidur anak laki-laki remaja

~ via freshome.com

Nah, itulah beberapa ide desain kamar tidur anak laki-laki remaja. Ini hanyalah elemen dasar apa saja yang harus menjadi perhatian kita sebagai orang tua. Masih banyak hal sebenarnya apa saja yang harus dipikirkan, seperti soal sikulasi, pilihan pencahayaan, pilihan material lantai, dll.

Bacaan lanjutan:

Desain Kamar Tidur Anak Minimalis; Kamar Tidur Sederhana yang Memberi Kebahagiaan

Kamar Tidur Bayi; Hal-hal Apa Saja yang Penting untuk diperhatikan?

Yang terpenting adalah, kamar tidur haruslah dirancang agar bisa memberi kenyamanan dan ketenangan bagi siapapun penghuninya. Di ruangan tersebutlah semuanya berawal. Tidak terkecuali bagi anak-anak.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Konsultasikan dengan desainer-desainer terbaik kami.

Tags: , , , , , ,

Emier Abdul Fiqih

By Emier Abdul Fiqih

An enthusiast content writer who is a movie freak and video games lovers.

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram