interior industrial modern

Interior Industrial Modern; Pengertian, Ciri Khusus, dan Tips Praktis

Posted by Aisah Wolfard  •  Monday, February 10 2020

Desain interior industrial modern adalah soal keseimbangan antara penampilan yang terlihat mentah dan ekspos elemen-elemen struktural, dengan tampilan elegan dari sebuah fase gaya, modern.

InteriorDesign.id – Agar terlihat beda dan unik, membutuhkan banyak keberanian. Tak terkecuali dan soal pilihan gaya desain interior, untuk menampilkan sesuatu yang terlihat beda dan “tidak umum”, dibutuhkan pilihan konsep interior yang unik pula. Gaya desain interior industrial modern adalah salah satunya.

Industrial modern adalah perkara tentang eksploitasi, -dalam artian positif-, hampir semua elemen-elemen dan unsur desain yang biasanya tidak diperlihatkan. Salah satu gaya yang “edgy” dalam istilah beberapa orang.

Jika dalam konsep interior yang lain elemen dan unsur desain, terutama elemen struktural arsitektural bangunan disembunyikan, dalam gaya modern industrial sebaliknya. Ia diekspos, diperlihatkan, ditampilkan, apa adanya.

Apa Itu Industrial Modern?

Industrial adalah soal ekspos. Elemen-elemen struktural dari sebuah bangunan yang dipamerkan. Memerlihatkan tampilan yang seolah setengah jadi, belum selesai, namun tampak sangat kohesif dan edgy.

Elemen-elemen struktural diubah menjadi pajangan, menjadi dekorasi itu sendiri, mencapai tampilan yang tampaknya belum selesai, namun sangat kohesif. Ini adalah fitur utama dan dasar dari penampilan unik interior gaya industrial.

Gaya interior industrial sendiri lahir dari kebutuhan untuk mengonversi sebuah bangunan tua seperti pabrik atau sebuah lumbung tua menjadi hunian atau tempat tinggal yang sangat kondusif dan nyaman.

Mendesain bangunan lama semacam itu memperlihatkan kecerdikan teknikal dan bahkan mungkin mekanikal yang sangat memadai.

Desain interior industrial memberi Anda kesempatan untuk menyandingkan dan memadukan material struktural yang mentah dengan yang halus, terlihat sangat ramping serta modern dengan aksen vintage yang juga terasa kuat.

Dan saat berpadu dengan elemen-elemen yang khas dari desain modern, gaya industrial semakin terlihat menarik, terutama secara visual.

Itulah mengapa, gaya desain interior idustrial modern adalah soal keseimbangan antara penampilan yang terlihat mentah dan ekspos dari elemen-elemen struktural sebuah bangunan yang menyatu secara sempurna dengan tampilan elegan dari sebuah fase gaya, modern. Ia malahirkan sebuah penampilan yang unik, beda, serta sangat khas.

Ciri Khas Gaya Desain Industrial

Jika terdapat sebuah ciri yang sangat khas dalam gaya desain industrial, adalah soal atap atau langit-langit.

Interior bergaya industrial secara visual tampak tegas terlihat dari langit-langitnya. Langit-langit terbuka yang memerlihatkan elemen struktural menjadi satu fitur yang sangat menonjol, dan menunjukan penampilan sebuah ruang yang terlihat sangat atraktif. Ini merupakan keumuman dalam gaya desain interior ini.

Saluran pipa pada langit-langit memerlihatkan dimensi visual yang khas serta unik yang tidak terlihat dalam konsep interior lainnya.

Desain Interior Industrial Modern

Memertimbangkan interior rumah, apartemen, kantor, ataupun cafe, agar bisa memiliki tampilan bergaya industrial bisa dimulai dengan memahami dan mengenali elemen-elemen dasar apa saja dari desain industrial yang umum digunakan.

Desain interior industrial modern memiliki karakteristik yang sangat berbeda dari kebanyakan gaya interior lainnya. Gaya interior ini menyandingkan material “mentah” dengan yang halus, ramping, vintage, atau bahkan klasik.

Perabotan dan aksesori yang biasanya digunakan biasanya memiliki permukaan yang kasar, berbahan metal, dan atau kayu alami.

Melansir decordesignshow, unsur desain industrial bisa terlihat sangat vintage, dan akan tampak sangat bagus ketika diimbangi dengan perlengkapan-perlengkapan modern.

dapur industrial modern

~ via decorextra

Seperti terlihat dalam interior dapur di atas. Perpaduan antara meja besi vintage, dengan countertops kontemporer, juga pilihan lampu gantung dan track light yang khas, mampu menampilkan citarasa interior eklektik yang unik dan berkelas.

Intinya, untuk mencapai penampilan interior bergaya industrial modern, penting untuk memadukan antara elemen lama dan baru. Tetapi bukan berarti hanya menyandingkan dan memadukan sekehendak hati. Kita mesti memahami betul kekhasan yang menjadi ciri khas gaya masing-masing.

Memadukan gaya industrial dengan modern, adalah cara terbaik untuk mencapai penampilan ruang yang sangat istimewa.

Tertarik mencoba?

Ada pertanyaan seputar desain interior?

Tags: , , , , , , , ,

Aisah Wolfard

By Aisah Wolfard

Creative Director, Designer.

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader
... ... ...