Desain Kantor – Bandung

interiordesignid-iqbal-desainer

Desain kantor

Percaya atau tidak, suasana tempat kerja atau ruang kantor dapat memengaruhi semangat dan mood saat bekerja. Itulah sebab mengapa saat ini tren interior kantor dengan konsep ala cafe misalnya, menjadi pilihan terbaik bagi beberapa perusahaan untuk menghilangkan kesan kaku dan formal.

Bahkan, dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh sekelompok peneliti dari Universitas Yamaguchi di Jepang, menemukan fakta bahwa orang-orang yang bekerja di kafe bisa lebih produktif daripada di kantor.

Dan atas dasar itulah, klien kami, PT. NEURONWORKS INDONESIA, menginginkan sebuah konsep tata ruang kantor dan desain ruang kerja yang tidak membosankan. Yang sekaligus bisa meningkatkan dan memberi dukungan pada produktivitas dan kreativitas karyawannya.

Memanfaatkan rooftop kantor mereka yang sebelumnya kosong tidak terpakai, salah satu desainer kami Iqbal Mujahid, siap membantu mewujudkan keinginan klien tersebut.

Konsep Desain Kantor Gaya Modern Natural

Mengusung tema modern natural, Iqbal memulai rancangannya dengan penggunaan partisi atau penyekat ruangan dari kaca. Hal ini dimaksdukan untuk membawa cahaya matahari atau cahaya alami masuk ke dalam ruangan secara maksimal.

Perlu diingat, cahaya alami sangat dibutuhkan manusia, apalagi saat aktivitas bekerja. Ini berhubungan dengan kesehatan. Karena kurangnya paparan cahaya alami dapat mengakibatkan apa yang disebut dengan Seasonal affective disorder (SAD), sejenis depresi terkait perubahan musim. Dan hubungannya dengan pekerja kantoran adalah tata ruangan yang baik dapat menghidarkan mereka dari gangguan depresi tersebut.

Artikel dari officespacesoftware.com ini bisa menjelaskan hal tersebut.

Selain menyediakan bukaan jendela besar yang tidak menghalangi cahaya matahari atau cahaya alami masuk, penyekat ruangan kaca juga bisa menjadikan ruangan terlihat lebih luas.

Hasilnya, suasana kantor yang terasa lebih nyaman dan menenangkan. Ditambah beberapa dekorasi tanaman indoor, kesan natural bisa menjadi faktor pendukung lain untuk memicu produktivitas dan kreativitas pekerja.

Interior kantor

Desain kantor

Zonasi dan Pembagian Ruang

Karena letak ruangan kantor yang berada di rooftop, di mana lokasi tersebut pasti akan terasa sangat panas atau bahkan dingin akibat cuaca, maka pembagian zona menjadi krusial. Zona interior dan eksterior harus benar-benar dirancang dengan sangat baik.

Pembagian zona, zoning, atau zonasi ini juga untuk menciptakan suasana baru yang tidak monoton.

Pembagian zona ini juga untuk menjadikan zona interior tetap terasa sejuk dan nyaman karena sirkulasi udara di dapatkan dari zona eksterior.

Desain kantor

Sesuai dengan konsep natural, pilihan warna juga jadi bagian penting. Dalam rancangan ruang kantor ala cafe ini, terdapat bagian warna yang cerah di salah satu sudut ruangan. Hal ini bertujuan untuk memberi dan melahirkan kesan “semangat”.

Satu lagi, elemen paling penting di bagian interior adalah sebuah mini bar. Mini bar ini sengaja dirancang untuk memudahkan para karyawan saat ingin membuat segelas kopi, teh atau pun beberapa makanan ringan yang sengaja disediakan, tanpa harus meninggalkan pekerjaan.

Area mini bar juga dimaksudkan sebagai semacam area komunal untuk menambah kenyamanan sosial seluruh penghuni kantor.

Detail Proyek

Nama Klien : PT. NEURONWORKS INDONESIA
Tipe Proyek : Ruang Kantor
Tipe Desain : Modern-Natural
Lokasi : Bandung
Ukuran : 11,80×9,78
Desainer : Iqbal Mujahid

interiordesignid-iqbal-desainer

By Iqbal Mujahid

Lulus dengan predikat Cum-Laude dari UNIKOM Bandung tahun 2015. Penggemar Game Online versi "mobile", fitur permainan yang selalu menemani disaat kehilangan ide saat mendesain.

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram