desain kamar tidur modern minimalis

Cara Sederhana untuk Membuat Kamar Tidur Minimalis Tetap Nyaman

Posted by Erica Apriliani  •  Thursday, May 16 2019

My happy place is my bedroom.

Interiordesign.id – Tak bisa dipungkiri bahwa kamar tidur adalah ruangan yang sifatnya paling personal. Di kamar tidur, anda bebas melakukan apa yang anda mau.

Bukan hanya sebagai tempat untuk beristirahat, kamar tidur juga kerap menjadi sarana untuk mengekspresikan diri. Maka, tak heran apabila kepribadian seseorang bisa dilihat dari interior kamar tidurnya.

Artikel terkait

Desain Kamar Tidur, Cerminan Paling Personal dari Pemiliknya, Benarkah?

Seseorang cenderung mendesain dan mendekorasi kamar tidur mereka sesuai dengan selera. Mereka merancang kamar mereka dengan pendekatan dan konsep desain yang paling digemari. Salah satunya adalah gaya minimalis.

Desain minimalis sendiri terkenal dengan kesederhanaannya. Secara estetika, gaya minimalis mengacu pada ruang kosong yang terbuka. Jadi, prinsip utama gaya desain ini adalah menggunakan perabotan atau ornamen seminimal mungkin.

cara membuat kamar tidur minimalis tetap nyaman

~ via songda-simco

Gaya desain minimalis dinilai cocok dengan lifestyle masyarakat modern karena mengutamakan fungsionalitas. Oleh sebab itu, gaya interior ini sangat fit untuk ruangan atau bangunan yang memiliki space terbatas. Jadi jangan heran apabila banyak orang yang gemar mengaplikasikan gaya ini untuk kamar tidur mereka.

Akan tetapi, sebagus apa pun desainnya, tentu hal yang paling penting dari kamar tidur adalah kenyamanan. Bagaimanapun juga, kamar tidur adalah tempat anda untuk beristirahat. Terlebih lagi, kenyamanan sebuah kamar tidur sangat berpengaruh pada kualitas tidur penghuninya. Ada beberapa cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk membuat kamar tidur minimalis tetap nyaman.

Pertama, anda harus ingat bahwa prinsip utama desain interior minimalis adalah less is more dengan kesan yang clean dan luas. Oleh karena itu, pastikan bahwa barang-barang yang anda taruh di kamar tidur benar-benar penting dan sesuai kebutuhan. Hindari menyimpan barang-barang yang tidak anda perlukan agar kamar tidak penuh dan sempit.

Desain kamar tidur utama dengan konsep modern minimalis

~ via 24spaces

Manfaatkan perabotan multifungsi untuk menyimpan barang-barang tersebut.

Misalnya, gunakanlah tempat tidur yang memiliki space (storage bed) ekstra atau kursi yang memiliki space kosong (storage bench) di kamar tidur anda. Anda bisa memanfaatkan space kosong tersebut untuk menaruh pakaian, buku, atau barang pribadi lainnya.

Bacaan lainnya:

10 Ide Menarik dan Kreatif Memanfaatkan dan Mendekorasi Ruangan Di Bawah Loft Bed

Selain dua barang di atas, anda juga bisa memanfaatkan dinding kamar tidur. Caranya adalah dengan memasang rak di dinding atau yang biasa disebut dengan floating shelf. Dengan cara ini, anda bisa menghemat tempat apabila ingin menaruh barang-barang seperti buku, televisi, pajangan, pigura foto, aksesori, atau bahkan tanaman hias.

Selain menghemat tempat, floating shelf juga bisa menjadi elemen dekorasi. Jadi, selain rapi dan nyaman, floating shelf juga mempercantik tampilan kamar tidur anda.

Floating shelf bisa anda beli atau memesan secara kustom. Jika anda ingin menghemat, anda bisa membuat floating shelf sendiri dari bahan-bahan sederhana seperti kayu, besi, triplek, dan lain-lain. Metode ini dikenal dengan DIY.

Sesuai dengan ciri khas minimalis yang serba simpel, sebaiknya sprei dan selimut yang anda gunakan pun bergaya minimalis. Dan agar tetap nyaman, anda bisa menggunakan bahan yang light namun cukup untuk menghangatkan anda ketika tidur. Hal ini akan memudahkan anda dalam proses penggantiannya.

Dari segi warna, pilihlah warna-warna yang cocok dengan desain minimalis, seperti warna netral. Warna netral seperti putih atau abu-abu akan mudah dipadupadankan dengan warna-warna lain.

Nah, untuk menghadirkan kesan yang lebih warm, anda bisa mengombinasikan warna netral dengan warna hangat seperti coklat atau krem. Guna menambah kesan homey, anda juga bisa memasang karpet di kamar tidur anda.

desain kamar minimalis

~ via pinterest

Kesan nyaman pun bisa didapatkan dari wewangian.

Sebagai alternatif, anda bisa menggunakan lilin aromaterapi dengan aroma yang sesuai dengan selera anda. Aroma lilin aromaterapy yang lembut dipercaya dapat membuat anda bahagia dan rileks, sehingga anda bisa merasa nyaman saat beraktivitas di ruangan tersebut. Anda dapat menaruhnya di sudut ruangan atau di meja samping tempat tidur anda.

dekorasi kamar tidur minimalis yang nyaman

~ via chinaluxury

Ada banyak jenis lilin aromaterapi di pasaran. Untuk di kamar tidur, sebaiknya pilihlah jenis beeswax. Beeswax sendiri merupakan bahan alami sehingga aman digunakan saat anda tidur. Selain itu, lilin beeswax pun tidak meninggalkan asap yang berlebihan.

Terakhir, jangan lupa kebersihan. Salah satu cara agar kamar tidur minimalis anda tetap nyaman adalah dengan membersihkannya secara rutin.

Ingatlah untuk selalu mengganti sprei dan selimut, menyapu lantai, serta membersihkan debu-debu yang tertumpuk di barang, perabotan, maupun sudut kamar tidur. Selain memberikan kesan yang rapi, kamar tidur yang bersih juga akan menjauhkan anda dari berbagai penyakit.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Konsultasikan dengan desainer-desainer kami!

Tags: , , , , , ,

Erica Apriliani

By Erica Apriliani

Erica was born in Bandung. She graduated from Maranatha Christian University Bandung in 2017, majoring in English Literature. She is a tea and cat person who is fond of theatre, reading, journaling, watching movies, and listening to music. She currently works as a content writer.

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader