fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Cara Sederhana Menjadikan Kamar Tidur Minimalis Tetap Nyaman

Posted by Syifa Arbati Nur Alami Tuesday, March 16 2021
interior kamar

Ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menjadikan kamar tidur minimalis tetap nyaman.

Estimated reading time: 4 minutes

Interiordesign.id – Tak bisa dipungkiri bahwa kamar tidur adalah ruangan yang sifatnya paling personal. Di kamar tidur, kita bebas melakukan apa yang kita mau.

Bukan hanya sekadar sebagai tempat untuk beristirahat, kamar tidur juga kerap menjadi sarana untuk mengekspresikan diri. Tak heran, apabila kepribadian seseorang bisa dilihat dari interior kamar tidurnya.

Setiap orang juga cenderung mendesain dan mendekorasi kamar tidur sesuai selera. Mereka merancang kamar mereka dengan pendekatan dan konsep desain yang paling digemari. Salah satu yang paling populer dan banyak digunakan adalah gaya minimalis.

interior kamar tidur minimalis

Kamar Tidur Minimalis

Desain minimalis terkenal karena kesederhanaannya. Secara estetika, gaya minimalis mengacu pada ruang kosong yang terbuka. Prinsip utama gaya desain ini adalah menggunakan perabotan dan atau ornamen seminimal mungkin.

Gaya desain minimalis dinilai cocok dengan “lifestyle” masyarakat modern perkotaan karena mengutamakan fungsionalitas. Itulah sebab, gaya interior ini juga sangat fit untuk ruangan atau bangunan yang memiliki space terbatas. Kamar tidur adalah salah satunya.

Akan tetapi, sebagus apa pun desainnya, tentu hal yang paling penting dari kamar tidur adalah kenyamanan. Bagaimanapun juga, kamar tidur adalah tempat untuk beristirahat. Terlebih, kenyamanan sebuah kamar tidur sangat berpengaruh pada kualitas tidur penghuninya.

Portfolio: Kamar Kost Minimalis – Singkawang, Kalimantan Barat

Tips Mendesain Kamar Tidur Minimalis

Ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menjadikan kamar tidur minimalis tetap nyaman.

Less is More

Pertama, penting untuk diingat bahwa prinsip utama desain interior minimalis adalah less is more dengan kesan yang clean dan luas. Oleh sebab itu, pastikan barang-barang yang Anda simpan di kamar tidur benar-benar penting dan sesuai kebutuhan. Hindari menyimpan barang-barang yang tidak diperlukan agar kamar tidak penuh dan sempit.

Manfaatkan perabotan multifungsi untuk menyimpan barang-barang tersebut.

Misalnya, gunakanlah tempat tidur yang memiliki space (storage bed) ekstra atau kursi yang memiliki space kosong (storage bench) di kamar tidur. Anda bisa memanfaatkan space kosong tersebut untuk menaruh pakaian, buku, atau barang pribadi lainnya.

Portfolio: Desain Kamar Tidur Minimalis – Banyumas, Jawa Tengah

Dekorasi Dinding

Selain dua barang di atas, kita juga bisa memanfaatkan dinding kamar tidur. Caranya adalah dengan memasang rak di dinding atau yang biasa disebut dengan floating shelf.

Dengan cara ini, kita bisa menghemat tempat apabila ingin menaruh barang-barang seperti buku, pajangan, pigura foto, aksesori, atau bahkan tanaman hias.

Selain menghemat tempat, floating shelf juga bisa menjadi elemen dekorasi. Jadi, selain rapi dan nyaman, floating shelf juga memercantik tampilan kamar tidur minimalis. Menjadikannya terlihat lebih natural.

Floating shelf bisa beli jadi atau memesan secara kustom.

Namun, Jika ingin menghemat, floating shelf bisa dibuat sendiri dari bahan-bahan sederhana seperti kayu, besi, triplek, dan lain-lain, dengan metode DIY.

Warna

Dari segi warna, pilihlah warna-warna yang cocok dengan desain minimalis, seperti warna netral. Warna netral seperti putih atau abu-abu akan mudah dipadupadankan dengan warna-warna lain.

Untuk menghadirkan kesan yang lebih warm, coba kombinasikan warna netral dengan warna hangat seperti cokelat atau krem. Guna menambah kesan homey, memasang karpet juga merupakan cara terbaik memberi aksen warna di kamar tidur minimalis. Di samping itu, karpet menambah kehangatan dan rasa nyaman.

interior kamar minimalis

Portfolio: Desain Kamar Tidur Natural – Kemang, Jakarta Selatan

Wewangian

Kesan nyaman juga bisa didapatkan dari wewangian.

Siapa yang tidak menginginkan kamar yang bersih dan wangi? Kita bisa menggunakan lilin aromaterapi dengan aroma yang disesuaikan dengan selera.

Aroma lilin aromatherapy yang lembut dipercaya menjadikan kita bahagia dan rileks sehingga bisa merasa nyaman saat beraktivitas di dalam ruangan. Simpan lilin atau wewangin di sudut ruangan atau di meja samping tempat tidur.

Sekadar informasi, ada banyak jenis lilin aromaterapi saat sekarang. Untuk kamar tidur sendiri, pilihlah jenis beeswax. Beeswax merupakan bahan alami sehingga aman digunakan. Selain itu, lilin beeswax juga tidak meninggalkan asap yang berlebihan.

Jaga agar Tetap Bersih

Seperti disinggung sebelumnya, siapa yang tidak menginginkan kamar tidur yang selalu bersih?

Jaga kamar tidur agar tetapbersih. Jadikan ini rutinitas. Pilah dan pilih juga barang-barang yang sekiranya sudah tidak lagi digunakan dan simpanlah ke gudang, keluarkan dari kamar tidur minimalis Anda. Dengan seperti itu, kesederhanaan minimalis bisa tetap terjaga. Ini menjamin kamar akan selalu terlihat bersih dan rapi.

Baca juga: Dekor Kamar Tidur Bergaya Nautical ala Pantai

Jadikan Interior Kamar Lebih Istimewa
...
  • ✅ Proses desain yang mudah, Online kapanpun, di manapun
  • ✅ Desainer-desainer terbaik dan profesional
  • ✅ Harga desain terjangkau, sesuaikan dengan kebutuhan, flat per room

Siap memulai proyek desain interior?

Mau rumah impian sesuai anggaran yang Anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id