Kesalahan Dekorasi Minimalis Apartemen yang Sebaiknya Anda Hindari

Posted by Nita Hidayati  •  Wednesday, September 20 2017

Kesalahan dekorasi minimalis apartemen yang sebaiknya Anda hindari. Kesalahan-kesalahan penggunaan elemen dekoratif yang berlebihan dan menyebabkan apartemen minimalis Anda terlihat berantakan dan tak nyaman.

Interiordesign.id – Apartemen merupakan hunian yang banyak digunakan oleh masyarakat masa kini. Hunian semacam apartemen memberikan banyak sekali kemudahan, seperti lokasinya yang berada di pusat kota, juga akses mudah serta fasilitas pendukungnya yang sangat memadai. Oleh karena itu, tidak mengherankan banyak masyarakat urban terutama para pekerja yang memilih apartemen sebagai tempat tinggal utama mereka.

Cara Praktis Menentukan Zonasi Denah Lantai Terbuka Desain Apartemen Studio Minimalis

Desain Apartemen Studio, Merancang Ruang Kecil yang Multifungsi & Menyenangkan

Untuk mendapatkan kenyamanan tinggal dalam sebuah apartemen, maka diperlukan juga desain dan dekorasi yang tepat. Umumnya apartemen hanya memiliki ruang yang tidak begitu luas, ini berarti Anda harus mendesainnya sebaik mungkin. Gaya desain minimalis merupakan salah satu pilihan gaya desain yang paling pas untuk digunakan pada sebuah apartemen.

Cara Terbaik Maksimalkan Desain Rumah Minimalis, Sederhana Namun Mewah Sekaligus

4 Rahasia Kenapa Gaya Hidup Minimalis Akan Membuat Anda & Keluarga Makin Bahagia

Saat memutuskan menggunakan desain minimalis untuk apartemen mungil, Anda sebaiknya benar-benar memerhatikan elemen dekorasi apa saja yang akan dimasukan. Jangan sampai Anda melakukan penataan dekorasi yang tidak tepat, hal tersebut akan membuat hunian semakin menjauh dari kenyamanan yang didambakan. Saatnya mengubah apartemen Anda menjadi tempat tinggal yang menyenangkan dengan memerhatikan kesalahan-kesalahan penggunaan elemen dekorasi apa saja yang harus Anda hindari.

Pilihan Warna Cat & Pencahayaan

Kesalahan dekorasi yang banyak tidak dipedulikan adalah perihal warna cat dan pencahayaan dalam ruang. Jangan sampai Anda melakukan kesalahan dalam mendekorasi dinding dan terutama lampu. Kesalahan pada pewarnaan dinding, kerap terjadi ketika Anda menabrak warna-warna dinding sehingga menghasilkan warna yang terlalu gelap.

7 Desain Apartemen Kecil dan Keren

kesalahan dekorasi minimalis apartemen

via trendir.com

Untuk mendapatkan ruang yang terasa luas, sebaiknya Anda hindari penggunaan warna-warna gelap pada dinding. Jika Anda menghendaki memberikan sentuhan warna kesukaan yang berwarna gelap, siasati dengan penggunaan warna terang sebagai unsur warna utama. Pilihlah warna-warna cerah seperti putih dan warna soft untuk menghasilkan tampilan ruang yang luas dan nyaman. Anda juga bisa memadukannya dengan sentuhan warna favorit Anda.

10 Warna Cat Ruang Tamu Sempit, Sulap Ruangan Jadi Terasa Luas & Istimewa

kesalahan dekorasi minimalis apartemen

via pinterest

Perhatikan juga pencahayaan pada ruangan, pastikan Anda memiliki ventilasi yang dibutuhkan. Jendela sangat dibutuhkan sebagai sirkulasi udara sekaligus sumber cahaya alami pada siang hari. Anda bisa menggunakan warm light atau day light untuk lampu. Penggunaan warna lampu tersebut akan memberikan kesan luas dan nyaman bagi ruangan minimalis Anda.

Pilihan Gorden Tebal & Berat

kesalahan dekorasi minimalis apartemen

via hgtv

Penggunaan gorden yang terlalu tebal dapat menyebabkan cahaya tidak dapat memasuki ruangan meskipun sudah siang hari. Maka, hindari penggunaan gorden yang terlalu tebal dan berat. Hal ini untuk membuat cahaya matahari dapat masuk dengan mudah dan pilihlah gorden yang tidak tebal. Gorden yang tebal memiliki kesulitan dalam perawatannya, salah satunya sulit dibersihkan dan dicuci.

Gorden Tiga Dimensi, Mengubah Tampilan Ruang Semakin Tampak Unik & Atraktif

Gaya Dekorasi & Furnitur yang Tidak Efisien

kesalahan dekorasi minimalis apartemen

via pexels

Sesuai dengan namanya, desain minimalis adalah desain yang minim akan dekorasi dan furnitur. Dus, hindari peletakkan dekorasi dan furnitur yang berukuran besar hingga membuat sesak atau bahkan sulit bergerak. Pilihlah dekorasi yang sederhana namun tetap manis terlihat. Anda bisa menggunakan vas bunga, lukisan dinding atau pajangan foto yang tidak berlebihan sebagai dekorasi.

Kesalahan Dekorasi Kamar Tidur yang Tanpa Disadari Sering Kita Lakukan

Selain dekorasi yang tidak berlebihan, Anda juga harus memerhatikan tingkat efisiensi pada penggunaan model dan jenis furnitur. Sebaiknya gunakan furnitur yang fungsional dan tidak membebani ruangan, dalam artian tidak begitu banyak memakan tempat.

Furnitur yang tak hanya memiliki fungsi penyimpanan, namun juga memiliki tampilan dan model serta desain yang menarik. Seperti ranjang yang memiliki laci pada bagian bawahnya atau lemari berukuran besar sehingga dapat mengurangi penggunaan pintu geser atau bahkan kebutuhan partisi ruang.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Tags: , , , , ,

Nita Hidayati

By Nita Hidayati

Content writer, menyukai gaya skandinavia

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram