fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Serba-serbi Atap Polycarbonate yang patut Anda ketahui

Posted by Dhila F Khairunisa Monday, February 20 2023
Atap Polycarbonate

InteriorDesign.id – Atap berfungsi untuk menutup atap bangunan dengan menggunakan bahan tahan lama yang memberikan keamanan, keselamatan, isolasi, privasi, serta manfaat lainnya. Pada artikel ini, kita akan membahas atap polikarbonat dan jenisnya yang merupakan pilihan bagus untuk atap hunian Anda. Yuk simak terus artikelnya!

Baca Juga : Wajib Kamu Ketahui Tentang Material Atap Dan Mengenal Tentang Model Atap Rumah

Apa Itu Atap Polycarbonate

Atap polycarbonate adalah jenis atap yang terbuat dari plastik yang kuat dan tahan terhadap serangan sinar ultraviolet.  Kelebihan dari atap ini terkenal karena kekuatannya, transparansinya, dan kemampuannya untuk menyerap suara. Anda mungkin sering menjumpai atap jenis ini pada gedung-gedung, teras, atau pergola di luar ruangan. 

Atap polycarbonate juga biasanya digunakan di konstruksi industri, seperti stadion atau gedung olahraga, karena kemampuannya untuk menyerap suara yang besar. Atap ini juga tahan terhadap suhu ekstrem, sehingga cocok digunakan di wilayah dengan cuaca yang ekstrim.

Kelebihan dan Kekurangan Atap Polycarbonate

Kelebihannya:

atap polycarbonate

Berikut adalah beberapa kelebihan atap polycarbonate:

1. Kuat dan tahan lama.

 Atap polycarbonate terbuat dari plastik yang kuat dan tahan lama, sehingga tidak mudah rusak atau pecah. Atap ini juga tidak mudah terbakar, sehingga aman untuk digunakan.

2. Transparan.

Atap polycarbonate memiliki tingkat transparansi yang tinggi, sehingga memungkinkan cahaya alami masuk ke dalam ruangan. Ini sangat berguna untuk menjaga suasana yang terang dan segar di dalam ruangan

3. Menyerap suara.

 Atap polycarbonate memiliki kemampuan yang baik untuk menyerap suara, sehingga cocok digunakan di konstruksi industri yang membutuhkan tingkat kedap suara yang tinggi.

4. Tahan terhadap suhu ekstrem.

Atap polycarbonate tahan terhadap suhu ekstrem, baik suhu panas maupun dingin. Ini membuat atap cocok untuk digunakan di wilayah dengan cuaca yang ekstrim.

5. Mudah Pemasangannya.

Atap polycarbonate mudah dipasang dan dapat dipotong sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Ini membuat atap cocok untuk digunakan pada konstruksi dengan ukuran yang berbeda-beda.

6. Harga yang terjangkau.

 Atap ini memiliki harga yang terjangkau dibandingkan dengan jenis atap lainnya, seperti atap kaca atau atap metal.

Kekurangannya: 

Berikut adalah beberapa kekurangan atap polycarbonate:

  1. Kurang tahan terhadap tekanan.

Atap kurang tahan terhadap tekanan yang besar, sehingga tidak cocok digunakan di konstruksi yang membutuhkan tingkat kekuatan yang tinggi.

2. Kurang tahan terhadap cuaca ekstrim.

Atap tidak tahan terhadap cuaca ekstrem, seperti angin kencang atau hujan lebat. Atap jenis ini juga tidak tahan terhadap serangan sinar ultraviolet yang terlalu intens, sehingga perlu dilindungi dengan lapisan pelindung.

3. Kurang efisien energi.

Atap kurang efisien dari segi energi, karena tidak mampu menahan panas matahari dengan baik. Ini dapat menyebabkan suhu di dalam ruangan menjadi tinggi pada saat musim panas.

4. Kurang tahan terhadap kebocoran.

Atap cenderung mudah bocor jika terkena tekanan atau goresan yang cukup besar. Ini dapat menyebabkan air masuk ke dalam ruangan dan merusak struktur atap.

5. Kurang tahan terhadap bahan kimia.

Atap ini juga kurang tahan terhadap bahan kimia, seperti asam atau alkali, yang dapat merusak struktur atap.

Jenis-Jenis Atap Polycarbonate

Berikut adalah beberapa jenis atap polycarbonate yang sering digunakan:

1. Atap polycarbonate solid.

atap polycarbonate

 Atap ini terdiri dari satu lapis plastik yang solid dan tebal. Jenis ini kuat dan tahan lama, tetapi tidak transparan sepenuhnya. Atap polycarbonate solid cocok digunakan untuk menutupi gedung-gedung atau teras di luar ruangan.

2. Polycarbonate multiwall

Merupakan atap yang terdiri dari beberapa lapis plastik yang terpisah, yang disusun secara bergantian. Jenis atap ini lebih transparan dibandingkan dengan yang jenis atap sebelumnya, tetapi masih kalah dalam segi kekuatan. Atap ini cocok digunakan untuk menutupi gedung-gedung atau teras di luar ruangan yang membutuhkan tingkat transparansi yang tinggi.

3. Polycarbonate clear

Merupakan atap yang terdiri dari satu lapis plastik yang jernih dan transparan. Atap jenis ini cocok digunakan untuk menutupi gedung-gedung atau teras di luar ruangan yang membutuhkan tingkat transparansi yang tinggi. Kelebihan lain dari atap ini termasuk tahan terhadap sinar ultraviolet dan cuaca ekstrem.

4. Polycarbonate corrugated.

atap polycarbonate

Atap yang terdiri dari satu lapis plastik ini memiliki bentuk melengkung atau berombak. Cocok digunakan untuk menutupi gedung-gedung atau teras di luar ruangan yang membutuhkan tingkat transparansi yang tinggi. Kelebihan dari atap jenis ini juga tahan terhadap sinar ultraviolet dan cuaca ekstrem.

Itulah artikel mengenai serba-serbi dari atap polycarbonate yang bisa Anda ketahui. Nikmati beragam artikel lainnya seputar arsitek dan interior hanya di interiordesign.id. Jika Anda berminat segera hubungi kami di sini untuk order sekarang juga!

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Let's share!
Hello interiordesign.id