fbpx
Hello, Guest

Panduan Mudah Memilih dan Menanam Tanaman di Teras Rumah

Posted by Dhila F Khairunisa Tuesday, May 16 2023

Interiordesign.id – Teras rumah merupakan salah satu tempat yang paling tepat untuk menambahkan tanaman, baik itu tanaman hias maupun tanaman buah. Selain membuat tampilan rumah menjadi lebih asri dan segar, menanam tanaman di teras rumah juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan dan lingkungan sekitar.

Panduan Mudah Memilih dan Menanam Tanaman di Teras Rumah

sebelum menanam tanaman di teras rumah, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, seperti pemilihan jenis tanaman, cara menanam, dan cara merawatnya.

Menanam tanaman bukanlah hal yang baru. Pada zaman dahulu, masyarakat sudah menanam tanaman di halaman atau pekarangan rumah sebagai sumber bahan makanan dan bahan obat. Namun, dengan semakin berkembangnya zaman, fungsi tanaman di halaman rumah mulai beralih menjadi dekorasi yang menunjang estetika rumah.

Cara Memilih Tanaman untuk Teras Rumah

Pinterest

Menanam tanaman di teras merupakan cara yang bagus untuk menambahkan nuansa hijau dan segar pada rumah Anda. Namun, sebelum memutuskan untuk menanam tanaman pada teras rumah, penting untuk mempertimbangkan beberapa hal agar tanaman yang ditanam dapat tumbuh dengan baik dan sehat. 

Berikut adalah beberapa cara memilih tanaman di teras rumah:

  1. Pertimbangkan Kondisi Teras
    Pilihlah tanaman yang cocok dengan kondisi teras, seperti jumlah sinar matahari yang diterima, suhu dan kelembaban udara, serta arah angin. Jika teras Anda mendapat banyak sinar matahari, pilihlah tanaman yang tahan terhadap sinar matahari langsung. 
    Sedangkan jika teras Anda lebih banyak berada di area teduh, pilihlah tanaman yang tumbuh baik di bawah sinar matahari sedang.
  1. Ukuran Tanaman
    Pilihlah tanaman dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran teras. Jangan memilih tanaman yang terlalu besar untuk ukuran teras yang kecil karena akan membuat teras terlihat sempit. Sebaliknya, jika teras Anda cukup besar, maka pilihlah tanaman yang lebih besar untuk menciptakan kesan yang seimbang dan sejuk.
  1. Pilih Jenis Tanaman yang Cocok
    Pilihlah jenis tanaman yang cocok dengan selera Anda dan gaya dekorasi rumah Anda. Beberapa pilihan tanaman hias yang cocok untuk teras rumah antara lain adalah tanaman palem, monstera, philodendron, dan snake plant. 
    Sedangkan jika Anda ingin menanam tanaman buah, beberapa pilihan yang cocok untuk teras rumah antara lain adalah tanaman strawberry, blueberry, dan lemon.
  1. Pertimbangkan Perawatan
    Pilihlah tanaman yang cocok dengan tingkat perawatan yang dapat Anda lakukan. Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk merawat tanaman, maka pilihlah tanaman yang tahan terhadap kondisi lingkungan yang berubah-ubah atau tanaman yang hanya membutuhkan sedikit perawatan, seperti tanaman kaktus.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor di atas, Anda dapat memilih tanaman yang cocok untuk ditanam di teras rumah Anda. Pastikan untuk merawat tanaman dengan baik agar tumbuh dengan sehat dan mempercantik tampilan teras rumah Anda.

Cara Merawat

Tanaman membutuhkan perawatan agar dapat tumbuh dengan baik dan sehat.Berikut adalah beberapa cara merawat tanaman di teras rumah:

  1. Menyiram Tanaman dengan Benar
    Tanaman membutuhkan air yang cukup untuk tumbuh dengan baik. Namun, terlalu banyak atau terlalu sedikit air dapat merusak pertumbuhan tanaman. 
    Pastikan untuk menyiram tanaman dengan benar, yaitu memberikan air yang cukup namun tidak berlebihan. Jangan biarkan tanaman kekurangan air atau terlalu basah karena hal tersebut dapat merusak akar tanaman.
  1. Pupuk dan Nutrisi
    Pemberian pupuk dan nutrisi dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman. Pilihlah pupuk yang sesuai dengan jenis tanaman yang ditanam. Pemberian pupuk secara rutin dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi tanaman.
  1. Pemangkasan
    Tanaman juga membutuhkan pemangkasan untuk menjaga bentuk dan pertumbuhan tanaman. Pemangkasan juga dapat mendorong pertumbuhan tunas baru pada tanaman.
  1. Membersihkan Tanaman dan Hama dan Penyakit
    Jangan biarkan hama dan penyakit menyerang tanaman di teras. Perhatikan tanda-tanda serangan hama dan penyakit pada tanaman, seperti daun yang kuning atau berlubang, atau daun yang berubah warna. Gunakan pestisida atau obat-obatan yang sesuai untuk membersihkan tanaman dari hama dan penyakit.
  1. Menjaga Kondisi Lingkungan
    Kondisi lingkungan yang baik dapat mendukung pertumbuhan tanaman yang sehat. Pastikan untuk menjaga kondisi teras rumah dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar tanaman, serta memperhatikan sinar matahari, suhu dan kelembaban udara yang tepat untuk jenis tanaman yang ditanam.

Dengan melakukan perawatan yang baik, tanaman yang berada di teras rumah akan tumbuh dengan baik dan sehat, sehingga memberikan keindahan dan kenyamanan bagi penghuni rumah.

Kelebihan dan Kekurangan

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari menanam tanaman di teras rumah:

Kelebihan 

  1. Dapat memberikan keindahan dan tampilan yang menarik untuk rumah Anda. Tanaman dengan bunga yang indah atau daun yang hijau dapat memberikan nuansa yang segar dan alami pada teras rumah.
  2. Dapat membantu meningkatkan kualitas udara di sekitar rumah Anda. Tanaman dapat menyerap karbon dioksida dan memproduksi oksigen, sehingga membantu mengurangi polusi udara di sekitar rumah Anda.
  3. Menanam tanaman di teras rumah juga dapat memberikan manfaat kesehatan mental. Melihat tanaman hijau dan indah dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati.
  4. Anda dapat menanam tanaman buah dan sayuran di teras rumah, sehingga dapat menghasilkan buah dan sayuran segar untuk dikonsumsi. Hal ini dapat membantu mengurangi biaya belanja untuk kebutuhan dapur.

Kekurangan

  1. Menanam tanaman membutuhkan perawatan yang teratur, seperti menyiram tanaman, pemangkasan, dan memberikan pupuk. Hal ini memerlukan waktu dan tenaga yang cukup, sehingga harus dipertimbangkan sebelum menanam tanaman.
  2. Teras rumah mungkin memiliki ruang yang terbatas, sehingga tidak semua jenis tanaman dapat ditanam di teras rumah. Pastikan untuk memilih tanaman yang sesuai dengan ukuran teras rumah Anda.
  3. Perubahan iklim dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Cuaca yang terlalu panas atau terlalu dingin dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman.
  4. Menanam tanaman di teras rumah juga memiliki risiko terkena serangan hama dan penyakit. Pastikan untuk merawat tanaman dengan baik dan membersihkan tanaman dari hama dan penyakit secara rutin.

Dalam menanam tanaman, penting untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan, sehingga dapat memilih tanaman yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan teras rumah Anda.

Kesimpulan

Dari semua pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa menanam tanaman memiliki banyak manfaat, seperti memberikan keindahan, meningkatkan kualitas udara, meningkatkan kesehatan mental, dan menghasilkan buah dan sayuran segar. 

Namun, menanam tanaman juga memiliki kekurangan, seperti membutuhkan perawatan yang memerlukan waktu dan tenaga, terbatasnya ruang, perubahan iklim yang dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman, dan risiko serangan hama dan penyakit. 

Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan sebelum menanam tanaman di teras rumah, sehingga dapat memilih tanaman yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan teras rumah Anda. Dengan perawatan yang baik, tanaman di teras rumah dapat menjadi tambahan yang indah dan bermanfaat untuk rumah Anda.

Jika Anda mendapat kesulitan dalam penataan taman mini Anda di teras rumah, konsultasikan kepada Interiordesign.id. Hubungi segera disini!

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id