Ruang tamu dengan desain modern minimalis

5 Tips Menata Ruang Tamu yang Sempit agar Terlihat Luas

Posted by Emier Abdul Fiqih  •  Wednesday, May 8 2019

Menjadi sebuah keuntungan jika anda mengetahui cara menata ruang tamu sempit terlihat lebih luas.

Interiordesign.id – Tidak semua orang memiliki rumah yang besar dan luas. Jika anda salah satu yang memiliki ruang tamu yang tidak terlalu luas, jangan berkecil hati. Ruang tamu anda pun dapat disulap sedemikian rupa agar tampak luas dan nyaman.

Tidak ada yang bisa menyangkal jika ruang tamu menjadi salah satu unsur terpenting dari sebuah rumah. Di ruang tamu ini, anda akan pertama kali menginjakkan kaki anda selepas pulang dari kantor atau ruang pertama yang tamu anda singgahi.

Dengan terbatasnya luas dari ruang tamu anda, anda dituntut untuk menemukan cara menata ruang tamu yang sempit tadi agar terlihat luas dan rapi. Anda tentu tidak ingin tamu anda mendapat impresi yang tidak menyenangkan setelah berkunjung ke rumah anda.

Simak tips-tips menata ruang tamu yang tidak hanya akan tampak lebih luas tapi juga nyaman.

  1. Simpanlah Barang yang Dianggap Tidak Perlu

Jika anda memiliki berbagai macam barang yang ada di ruang tamu, sebaiknya mulailah untuk menyortir barang-barang yang anda anggap tidak terlalu anda perlukan. Pilihlah barang-barang tersebut berdasarkan fungsi barang tersebut secara kegunaan serta visual bagi ruang tamu anda.

Anda bisa menyimpan beberapa majalah anda sebagai penunjang estetika, sedangkan sisa barang-barang lainnya semisal berkas-berkas tak terpakai atau majalah lama yang sudah terlihat rusak yang ada di meja ruang tamu anda, bisa anda simpan di ruang penyimpanan atau gudang.

Baca juga

Desain Ruang Tamu Kecil Minimalis; Konsep Interior Ruang Tamu yang Simpel dan Dinamis

10 Warna Cat Ruang Tamu Sempit, Sulap Ruangan Jadi Terasa Luas & Istimewa

Jika masih ada barang-barang tersisa yang sudah tidak laik untuk anda pakai di kemudian hari, anda dapat menjualnya atau mendaur ulang barang tersebut jika bisa.

barang barang di ruang tamu

~ via hipwee.com

  1. Pasanglah Cermin di Tempat yang Strategis

Pemasangan cermin sudah sering diaplikasikan oleh desainer untuk memberikan kesan luas pada suatu ruangan. Anda pun dapat melakukan hal tersebut di ruang tamu anda.

Artikel terkait

Cara Terbaik Memasang Cermin di Rumah

Pasanglah cermin berlawanan dengan sofa yang anda miliki. Jika memungkinkan, pasanglah cermin tersebut di dekat jendela ruang tamu. Cermin tersebut nantinya akan merefleksikan cahaya dari luar yang melewati jendela tersebut.

cermin di ruang tamu

~ via dream.co.id

  1. Manfaatkan Area Dinding Ruang Tamu

Jika furnitur yang anda miliki sudah banyak memakan tempat dan dirasa sudah tidak ada ruang yang cukup, anda dapat memanfaatkan area dinding untuk menyimpan beberapa barang anda.

Anda dapat memasang rak layang untuk menyimpan barang-barang yang sebelumnya anda simpan di meja. Dengan berpindahnya barang-barang tersebut ke rak layang, anda dapat menata ulang beberapa barang dan furnitur yang ada untuk anda sesuaikan kembali dengan kondisi yang baru.

Anda juga dapat memasang lampu gantung atau lampu dinding untuk sumber cahaya pada ruang tamu anda.

rak dinding di ruang tamu

~ via dekorrumah.net

  1. Gunakan Meja Kecil

Sebaiknya gunakanlah meja kecil untuk ruang tamu anda. Meja kecil akan mudah anda pindahkan dari satu titik ke titik lainnya karena bobotnya yang terbilang lumayan ringan. Selain itu, meja kecil tidak akan terlalu memakan banyak tempat di ruang tamu anda sehingga anda bisa manfaatkan bagian lainnya untuk akses jalan atau barang lainnya.

Artikel lainnya

Desain Meja Kecil yang Menambah Kadar Estetika Ruangan Mungil

Walau begitu, sesuaikan juga dengan tingkat aktivitas dan intensitas anda dalam bertemu kenalan anda di ruang tamu. Pilihlah meja yang tidak terlalu kecil untuk ruangan yang intensitas kedatangan tamunya cukup tinggi. Meja yang tidak terlalu kecil ini akan berfungsi dengan baik saat anda menyuguhkan makanan kecil ataupun minuman untuk tamu di dalam rumah.

meja kecil di ruang tamu

~ dekoruma.com

  1. Sofa Penyimpanan atau Lemari Kecil

Jika barang-barang anda sudah tidak bisa anda pindahkan dari ruang tamu anda, lemari kecil atau sofa penyimpanan bisa jadi solusi yang tepat bagi anda.

Sekarang ini, sudah banyak meja penyimpanan yang bisa anda pesan untuk ruang tamu yang sempit. Dengan bagian bawah meja yang bisa anda geser, anda dapat menyimpan barang-barang dengan mudah di sini.

meja penyimpanan

~ via themomnerd.com

Sedangkan jika anda kurang tertarik dengan sofa penyimpanan, anda dapat menggunakan lemari kecil sebagai opsi penyimpanan barang anda. Letakkan lemari kecil anda di sudut ruang tamu agar tampak terlihat serasi dengan furnitur sekitarnya. Lemari kecil ini juga dapat mempermudah anda dalam menyimpan barang kesayangan anda.

lemari kecil di ruang tamu

~ via kompas.com

Siapkah anda untuk menata ulang ruang tamu agar terlihat lebih nyaman dan luas?

Semoga tips sederhana ini bisa membantu anda menjadikan ruang tamu di rumah terlihat lebih luas, lapang, dan juga nyaman.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Konsultasikan dengan desainer-desainer terbaik kami.

Tags: , , , , , ,

Emier Abdul Fiqih

By Emier Abdul Fiqih

An enthusiast content writer who is a movie freak and video games lovers.

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader