fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Memercantik Tampilan Ruang dengan Skema Pewarnaan Triadic & Analog

Posted by Putri A Ashralika Wednesday, January 8 2020

Skema pewarnaan analog akan menciptakan tampilan yang sangat menarik, harmonis dan sedikit monokromatik pada ruangan. Sementara triadic bisa menjadikan ruangan terlihat lebih cerah dan terang dengan pemilihan warna yang cenderung lebih tegas.

InteriorDesign.id – Penggunaan skema warna pada sebuah ruang tidak saja mampu mempercantik tampilan visual, tetapi juga dapat menambah kehangatan dan suasana nyaman yang diidamkan.

Skema perwarnaan dengan menggunakan tiga warna atau lebih yang sejalan pada roda warna disebut sebagai skema pewarnaan analog. Sementara skema pewarnaan menggunakan tiga warna acak yang terdapat pada roda warna biasa disebut sebagai skema pewarnaan triadic.

Berikut penjelasannya.

Skema Warna Analog

Skema warna analog, atau mengelompokkan tiga warna yang bersisian secara bersamaaan pada roda warna, berarti mengelompokkan warna-warna yang senada. Tidak menjadi masalah dari mana memulainya, selama warna yang dipilih dan digunakan memiliki keterkaitan secara langsung atau bersisian dengan warna sebelum dan sesudah yang terdapat pada roda warna.

warna interior rumah
diagram roda warna skema pewarnaan “analogous”. ~ via home edit

Skema pewarnaan analog ini akan menciptakan tampilan yang sangat menarik, harmonis dan sedikit monokromatik pada ruangan apapun.

Yang penting untuk dilakukan adalah, pertama-tama, tentukan warna utama, lalu pilih dua atau tiga warna yang persis berada pada kedua sisinya (sebelum dan sesudah). Lalu padupadankan dan gunakan pada ruangan.

skema warna interior
skema warna analog: warna merah, warna merah oranye dan warna oranye. ~ via home edit
skema warna analog: biru hijau, hijau dan kuning hijau. ~ va home edit

Skema Warna Triadic

Hampir sama seperti skema pewarnaan analog, skema triadic adalah mengelompokkan tiga warna yang terdapat pada roda warna. Perbedaannya hanyalah soal titik warna pada roda atau diagram warna yang tidak secara langsung bersisian.

warna interior rumah
diagram roda warna, skema warna “triadic”. ~ via home edit

Mengambil tiga warna yang akan digunakan untuk mendekorasi ruang dengan skema triadic, akan menciptakan nuansa yang indah dan sangat kontras. Skema pewarnaan triadic akan membuat ruangan lebih cerah dan terang dengan pemilihan warna yang cenderung lebih tegas.

skema warna triadic: biru-violet, kuning-hijau dan merah-oranye. ~ via home edit
skema warna triadic: ungu, oranye dan hijau. ~ via home edit

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id