fbpx
Hello, Guest

Teralis Jendela: Pengertian dan Fungsi Serta Contoh Desain

Posted by Rio Stefanus Monday, January 1 2024

InteriorDesign.id – Teralis jendela menjadi salah satu benda yang masih digunakan hingga saat ini. Berbeda dengan jaman dulu yang terlihat monoton, trellis jendela masa kini memiliki berbagai desian dan model yang menambah keindahan sebuah hunian. Karena itulah, mari simak seputar trellis jendela di ulasan kali ini! 

Apa Itu Teralis Jendela?

Bagi yang belum tahu, teralis jendela adalah sebuah konstruksi besi yang biasanya diletakkan pada jendela rumah. Teralis sendiri sering disebut dengan kata trellis yang merujuk pada elemen pengamanan pada struktur outdoor. 

Sudah ada sejak abad 15, teralis banyak digunakan oleh berbagai negara termasuk Indonesia. Meskipun pada awalnya teralis digunakan untuk penghias tanaman dimana fungsinya untuk memisahkan semak-semak pinggir taman dengan jalan setapak. Hal ini sesuai dengan asal kata teralis yang berasal dari kata latin lat Trichila yang artinya penyangga tanaman. 

Apa Fungsi Teralis Jendela?

Ada beberapa fungsi dari teralis yang dipasang pada jendela. Berikut ini adalah fungsi dari teralis jendela yang wajib Anda ketahui: 

  1. Fungsi utama dari teralis jendela memberikan keamanan ganda karena pencuri akan lebih susah masuk mengingat jendela ditutup dengan tralis. 
  2. Ada banyak model teralis yang bisa dipasang dan menambah nilai estetika pada rumah, terutama bila pemilihan model sesuai dengan konsep yang digunakan. 
  3. Teralis juga bisa digunakan sebagai pelindung kaca, sehingga bila ada yang tidak sengaja terlempar tidak langsung terkena kaca
  4. Teralis juga bisa digunakan untuk sirkulasi dimana terjadi pertukaran udara dari luar tanpa harus takut ada benda asing atau orang masuk ke dalam rumah dengan mudah melalui jendela.

Inspirasi Desain Teralis Jendela

Nah bagi Anda yang ingin menggunakan teralis jendela pada hunian, maka simak deretan inspirasi desain teralis jendela yang bisa Anda coba di sini. 

1. Teralis Retro 

oldhouseonline.com

Teralis satu ini cocok bagi Anda yang menyukai gaya retro. Menggunakan model besi ulir-ulir klasik yang simetris. Keuntungan menggunakan model satu ini adalah ia tak lekang oleh waktu sehingga Anda tidak takut ketinggalan jaman, karena modelnya memang mengusung konsep retro. 

2. Teralis Belah Ketupat 

Pinterest 

Bentuk teralis satu ini menjadi yang paling klasik dan banyak ditemukan di rumah-rumah. Selain karena gampang untuk membuatnya, model teralis jendela satu ini juga cocok digunakan pada berbagai konsep hunian yang ada. 

3. Teralis Besi Persegi Panjang 

Tradeindia.com 

Model teralis satu ini sering Anda lihat di berbagai tempat. Terbuat dari jeruji besi yang kuat dan tidak mudah patah sehingga mampu bertahan hingga puluhan tahun lamanya. Model teralis jendela satu ini mampu memberikan keamanan ekstra pada penghuninya. 

4. Teralis Bentuk Kotak 

Amazon.com 

Jenis teralis satu ini jadi yang paling banyak diguakan karena desainnya yang simple dan sederhana. Cocok digunakan dengan konsep hunian apapun membuatnya menjadi favorit banyak orang. Teralis bentuk ini juga mampu meningkatkan nilai estetika pada sebuah hunian. 

5. Teralis Gaya Eropa

Elitewindowsolutionsllc.com 

Model teralis satu ini cocok bagi Anda yang memiliki konsep ala rumah Eropa atau bagi Anda yang memiliki jendela yang tinggi dan besar. Karena jarak antar jerujinya yang besar memungkinkan Anda untuk bisa lebih leluasa melihat pemandangan dengan nyaman.

Penutup 

Itulah seputar teralis jendela yang wajib Anda ketahui mulai dari pengertian, fungsi, hingga berbagai model yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk diterapkan pada hunian Anda. memasang teralis bukanlah kewajiban, namun Anda bisa mempertimbangkannya dari segi keamanan yang diberikan. 

Bila Anda ingin memasang teralis jendela yang tepat untuk hunian Anda, maka konsultasikan hal tersebut kepada ahlinya seperti InteriorDesign. Bersama, kami akan membantu Anda memililh model teralis yang cocok dan memaksimalkan budget yang diberikan untuk hasil yang sempurna. 

Interior Design telah berpengalaman dalam membantu semua kliennya untuk mendapatkan hunian impian mereka. Kami akan memastikan Anda mendapatkan bahan berkualitas tinggi dengan harga terbaik. Jadi tunggu apalagi? Silahkan cek portofolio kami di sini dan buat ruang impian Anda bersama kami di sini! 

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id