fbpx
Hello, Guest

Inilah Cara Membersihkan Lantai Marmer yang Kusam, Terbukti Ampuh

Posted by Fadhil Rahman Sunday, December 11 2022
Tips Membersihkan Lantai

InteriorDesign.ID – Lantai marmer terbuat dari bahan batu berkapur, alkali yang bereaksi dengan zat asam apa pun. Reaksi kimia dapat menyebabkan perubahan warna permanen pada lantai marmer. Maka dari itu Cara Membersihkan lantai marmer dengan tepat dan pemilihan produk yang sesuai sangat penting.

Cara Membersihkan lantai marmer menggunakan amonia atau pemutih klorin dapat merusak lapisan marmer secara permanen.

Anda harus menghindari pembersihan menggunakan pembersih berbasis asam, tekstur yang berpasir, dan pembersih olahan sendiri yang mengandung cuka dan lemon.

Pastikan Cara Membersihkan lantai marmer rutin dan menggunakan alat yang tepat, agar lantai marmer pada rumahmu tetap terjaga warna, tekstur dan kualitasnya. Simak tips dan trik membersihkan lantai marmer berikut!

Cara Membersihkan Lantai Marmer Kusam

1. Segera Bersihkan Tumpahan

Segera bersihkan tumpahan makanan ataupun minuman. Cairan asam, minuman ringan, ataupun bumbu yang mengandung cuka karena dapat menyebabkan pengikisan pada bagian permukaan lantai.

Gunakan kain microfiber (kain pembersih berbahan serat dengan tingkat kehalusan di bawah 1 denier, yang terbuat dari teknologi microfiber) kain ini 20% terbuat dari bahan nilon dan 80% bahan polyester untuk mengikat oli dan kotoran.

Sebelum dibersihkan pastikan Anda tidak menambahkan kotoran menjadi menyebar, selanjutnya Anda bisa segera membilas dengan kain yang lembab dan bersih. Keringkan lantai menggunakan kain microfiber agar lantai tidak licin.

2. Cara Membersihkan Lantai Marmer Kusam: Membersihkan Debu dan Kotoran

Membersihkan debu pada lantai menggunakan sapu kering adalah tindakan yang tepat. Jangan sesekali menggunakan semprotan debu dengan merek dan jenis apapun pada kain pel. Setidaknya Minimal bersihkan lantai dalam 3 hari sekali untuk menghindari terjadi goresan, kemudian anda bisa pel lantai dalam 1 minggu sekali minimal.

Cara Pel Lantai Marmer

1. Cara Membersihkan Lantai Marmer Kusam: Keringkan Pel Pertama

Pastikan Anda menggunakan kain pel kering untuk mengelap lantai di awal. Biasanya orang-orang akan langsung mengepel lantai menggunakan pel basah setelah pembersihan debu halus.

Tidak banyak yang tahu akan lebih baik jika menggunakan kain pel kering di awal membantu lantai akan lebih bersih. Karena dengan pel basah akan membuat kotoran menyebar dengan pel basah.

2. Campur Larutan Pembersih

Saat akan memulai pel lantai, campurkan air hangat dan sabun pH netral yang lembut untuk cairan pel. Ikuti petunjuk pembersih untuk rasio air dan perbandingan pembersih yang benar. 

Gunakan 2 ember, satu ember untuk cairan pembersih dan satunya lagi isi dengan air untuk pembilas. Untuk pel lantai sebenarnya ada sabun khusus yang diformulasikan untuk marmer atau Anda dapat menggunakan larutan yang sangat encer dan campurkan beberapa tetes sabun pencuci piring per galon air.

3. Cara Membersihkan Lantai Marmer Kusam: Pel dan Bilas

Gunakan kain pel lembut atau menggunakan kain microfiber, kemudian celupkan kain ke dalam cairan pembersih dan bilas dengan benar agar lantai tidak terlalu basah.

Apabila mengepel lantai dengan terlalu banyak air akan susah membuatnya kering berakibat debu-debu akan menempel di lantai basah.

Sering membilas kain pel agar tidak terlalu kotor, setelah selesai mengepel lantai celupkan kain pel ke dalam air biasa kemudian bilas lantai yang baru selesai di pel.

Membilas dapat menghilangkan sisa sabun yang tertinggal langkah ini merupakan hal penting agar marmer tidak menguning dan terlihat kusam.

4. Lakukan Treatment Tersendiri Untuk Noda yang Sulit Dibersihkan

Untuk noda yang susah hilang saat di pel, Anda bisa menggunakan treatment khusus sebagai berikut: 

Noda Tinta:  Gunakan kain lembut yang dibasahi dengan alkohol, kemudian gosok dan letakkan di atas noda. Diamkan beberapa menit kemudian ulangi hingga tinta hilang.

Jika Noda tinta sudah bersih bilas area noda tinta tadi dengan air biasa dan keringkan. 

Noda Organik: Basahi kain lembut menggunakan larutan  hidrogen peroksida 12 persen, lalu letakan di atas noda kurang lebih 10 menit. Jika noda sudah hilang Anda bisa segera membilas dengan air biasa dan dikeringkan. 

Tapi jika noda belum hilang, ulangi lagi langkah-langkahnya dan diamkan lagi hidrogen peroksida hingga 30 menit.

Noda Berminyak: Untuk membersihkan noda minyak Anda bisa menggunakan air hangat yang dicampur cairan pencuci piring. Jika noda belum hilang maka bisa menaburkan tepung maizena hingga tertutup rata kemudian diamkan kurang lebih 4 jam. Ulangi hingga noda hilang

Bintik Air: Pertama basahi lantai dengan air biasa, gunakan kain microfiber lalu gosok dan keringkan lantai dengan gerakan melingkar. 

5. Keringkan dan Gosok Lantai

Untuk tahapan terakhir, Anda bisa gunakan kain microfiber lembut untuk mengeringkan dan mengkilapkan lantai. Segera keringkan setelah tahapan mengepel lantai, untuk menghindari noda menempel di lantai basa. 

Beberapa marmer menggunakan  partikel oksida besi apabila terkena air menimbulkan noda karat yang sangat susah dihilangkan. Jadi jangan lupa segera keringkan lantai setelah di pel.

Baca selanjutnya

Desain Ruang Utama dengan Lantai Marmer
Friday, November 25 2022
Posted by Emier Abdul Fiqih
Lantai Marmer untuk Ruangan
Friday, November 25 2022
Posted by Arventho Marlyo

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait
Rekomendasi Model Keramik Lantai
Wednesday, December 21 2022
Posted by Audrey Alodia
Wednesday, November 10 2021
Posted by Syifa Arbati Nur Alami

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id