desain dapur dan ruang makan sempit

Bagaimana Mendekorasi Dapur dan Ruang Makan Sempit untuk Mendapatkan Penampilan Terbaik?

Posted by Emier Abdul Fiqih  •  Monday, May 6 2019

Interiordesign.id – Menyiasati terbatasnya area di dalam rumah bukan perkara mudah. Anda perlu memutar otak untuk mendapatkan gagasan desain yang tepat sesuai dengan kondisi aktualnya. Salah satunya adalah saat anda harus merancang dapur dan ruang makan yang terintegrasi. Kedua ruangan ini tidak hanya harus mendapatkan priotitas dalam soal fungsi, tetapi juga estetika.

Tak bisa dipungkiri jika kedua ruangan tersebut saling berkaitan satu sama lain. Sehingga jika memungkinkan, anda bisa menyatukan dapur dan ruang makan untuk mengefisiensikan luasan yang tersedia dan menjadikan keduanya terlihat lebih fungsional.

Akses hilir mudik anggota keluarga patut menjadi salah satu perhatian paling penting di ruangan yang tidak terlalu luas. Tata letak furnitur sebisa mungkin disesuaikan dengan luasan agar tetap memberikan rasa nyaman bagi penghuni.

Hal penting lainnya yang harus anda perhatikan adalah soal kebersihan. Di dapur dan ruang makan yang sempit, kebersihan benar-benar harus anda jaga demi memelihara kenyamanan dan suasana kebersamaan saat menyantap hidangan.

Nah, selain faktor zonasi, tata letak furnitur, dan juga kebersihan, terdapat beberapa hal penting lainnya menyangkut konsep desain dapur dan ruang makan sempit yang harus anda perhatikan. Berikut di antaranya:

Model Meja Makan

Sesuaikan pilihan meja makan dengan kebutuhan dan jumlah anggota keluarga anda. Meja makan bentuk bulat bisa menjadi pilihan terbaik karena ia cukup fleksibel.

meja bulat untuk dapur dan ruang makan sempit

Meja bulat untuk dapur dan ruang makan sempit. ~ via homeadecor.com

Sementara untuk keluarga yang beranggotakan tiga sampai empat orang, anda bisa coba menggunakan model meja makan kotak atau persegi yang dipadukan dengan kursi panjang seperti pada gambar di bawah ini.

Baca juga:

Desain Meja Makan Minimalis untuk Ruang Makan Minimalis

Pilihan Warna

Pilihan warna adalah hal yang krusial saat mendekorasi ruangan sempit, tidak terkecuali untuk dapur dan ruang makan. Rekomendasinya adalah pilihan warna yang senada. Skema warna ini bisa memberikan beberapa keuntungan, seperti menjadikan ruangan sempit terlihat lebih luas dan memiliki keseimbangan desain.

dapur dan ruang makan sempit dengan skema warna senada

Desain dapur dan ruang makan sempit dengan kombinasi warna senada. ~ via mataharimall

Furnitur Multifungsi

Dalam rangka menghemat space, furnitur multifungsi merupakan solusi cermat. Jenis perabot ini sengaja dirancang untuk fit in dalam ruangan sempit dan menyisakan banyak ruang yang bisa anda gunakan atau manfaatkan untuk keperluan yang lain.

desain dapur dan ruang makan sempit

~ via bluprin.com

Gaya Desain

Tidak ada yang lebih pas dan cocok dari gaya desain minimalis untuk melahirkan penampilan terbaik dari area dapur yang menyatu dengan ruang makan. Gaya minimalis dan juga kontemporer adalah dua tema dekorasi terfavorit yang memiliki kemampuan menjadikan ruangan sempit terlihat lebih fungsional.

Dengan konsep minimalis, bahkan area dapur yang terlihat sangat sempit pun bisa memiliki ruang makan yang terintegrasi. Kuncinya adalah go minimal dan selalu berpikirlah out of the box.

Ada pertanyaan tentang desain interior rumah Anda? Desainer kami siap menjawabnya

Tags: , , , , , ,

Emier Abdul Fiqih

By Emier Abdul Fiqih

An enthusiast content writer who is a movie freak and video games lovers.

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader