inspirasi desain garasi rumah

Desain Garasi Rumah, Transformasi Ruangan Tak Terpakai jadi Sumber Rezeki

Posted by Nita Hidayati Inayah  •  4 weeks ago

Inspirasi desain garasi rumah, transformasi garasi tak terpakai jadi ruang fungsional dan sumber rezeki.

Interiordesign.id – Memiliki garasi yang tidak terpakai di rumah? Anda dapat memanfaatkan ruang tersebut menjadi tempat bisnis. Dengan dekorasi yang tepat, Anda dapat menyulap tampilan garasi yang tidak lagi digunakan menjadi lebih cantik, fungsional dan mendatangkan rezeki.

Jika selama ini garasi tak terpakai menjadi tempat penyimpanan barang, dengan kreatifitas, Anda dapat mengubahnya menjadi tempat berbisnis. Sehingga Anda dapat menjalankan usaha tanpa perlu keluar rumah. Selain itu, ada banyak keuntungan jika Anda menggunakan garasi tak dipakai tersebut menjadi tempat bisnis. Hal ini pun cukup mudah dan murah untuk diwujudkan.

Dengan memanfaatkan garasi menjadi tempat bisnis/usaha, berarti juga penghematan biaya. Anda tidak perlu mengeluarkan sejumlah biaya lagi untuk penyewaan tempat. Pun dengan listrik, Anda cukup menata komputer, laptop hingga penerangan yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Berikut ini inspirasi desain garasi rumah, mengubah ruang tak terpakai menjadi tempat yang unik, menarik dan pastinya mendatangkan rezeki.

Desain Garasi Rumah untuk Laundry

inspirasi desain garasi rumah

Laundry di garasi via Pinterest

Jika ruang garasi Anda berbentuk memanjang, Anda dapat menatanya menyerupai bentuk huruf L. Letakkan mesin cuci dan wastafel pada sisi yang lebih pendek. Wastafel berfungsi sebagai tempat menyikat pakaian bernoda dan tempat mencuci tangan.

Sementara di sisi lainnya, Anda dapat menempatkan lemari, keranjang baju kotor dan area menyetrika. Gunakanlah papan setrika dan kursi lipat yang jika tak dipakai dapat disimpan di sela-sela lemari. Untuk pelengkap kenyamanan, Anda bisa menyediakan kipas angin.

Letakkan lemari bersekat untuk menyimpan seluruh kebutuhan mencuci, seperti deterjen, pelembut pakaian, pemutih pakaian, sikat dan gantungan baju. Jangan lupa untuk menempatkan posisi area penyimpanan baju terpisah dengan peralatan mencuci.

Garasi Rumah untuk Salon

inspirasi desain garasi rumah

via Pinterest

Salon kecantikan atau pangkas rambut sepertinya merupakan ide yang dapat Anda gunakan untuk menyulap garasi menjadi lahan bisnis. Tempatkan furnitur salon seperti meja rias dan rak display dengan simpal yaitu menempel di dinding. Untuk menghemat biaya Anda bisa membuatnya dari bahan multiplek yang difinish lapisan HLP dan tacosheet.

Batasi dengan lemari kabinet antara area cuci rambut dan salon. Sehingga pengunjung tetap mendapatkan visual yang rapi tanpa terganggu pembatas perbedaan fungsi area. Sementara teras pada bagian depan garasi dapat dijadikan ruang tunggu. Letakkan sebuah sofa di ruang tersebut dilengkapi mini coffee table.

Desain Garasi untuk Kafe

inspirasi desain garasi rumah

via Pinterest

Mengutip brit.co, hal pertama yang dapat Anda lakukan agar memiliki sebuah mini kafe di garasi rumah adalah dengan menggunakan meja atau rak. Meja atau rak bisa Anda letakkan sebagai tempat menyimpan alat pembuat kopi. Selain itu, Anda juga dapat melengkapinya dengan peraltan lain seperti cangkir dan gelas.

Bagi Anda yang ingin menghadirkan suasana vintage untuk kafe garasi, kumpulkanlah barang-barang berbau antik. Seperti alat pembuat kopi dan meja, rak, aneka cangkir hingga hiasan dinding.

Toko

inspirasi desain garasi rumah

via Interiordesignserved

Menekuni bisnis di bidang online shop juga memerlukan ruang kerja khusus. Anda dapat menyulap garasi menjadi kantor/ruang kerja minimalis untuk bisnis. Letakkan meja panjang dan beberapa kursi yang disesuaikan dengan jumlah karyawan yang dibutuhkan.

Buatlah sekat pemisah antara ruang kerja dan barang-barang yang akan dijual. Gunakan lemari atau papan sebagai batas pemisah. Namun, Anda juga dapat memisahkannya dari area kerja tanpa harus dibatasi. Buat saja letaknya berjauhan, sehingga tidak mengganggu kegiatan staf yang berkerja dengan komputer.

Jangan lupa untuk tambahkan hiasan dinding, tanaman hias dan ventilasi sehingga ruang kantor Anda terasa menyenangkan dan tidak pengap.

Toko Roti & Kue

inspirasi desain garasi rumah

via Instagram

Hadirkan kesan mewah untuk toko roti dan kue di garasi Anda dengan beberapa ornamen metalik. Kehadiran lampu berkap, meja kayu dan hiasan pelengkap lainnya. Hal ini akan membuat masalah ruang sempit teratasi. Untuk membuatnya terkesan mewah gunakan unsur kayu pada furnitur, yang akan membuat toko nampak natural namun tetap elegan.

Tema industrial dapat Anda pilih untuk konsep toko roti & kue ala garasi. Gunakan material besi dan kayu, dinding ekspos serta dominasi warna hitam atau coklat. Penggunaan furnitur berkaki ramping seperti model mid-century juga merupakan ide yang baik untuk tampilan industrial yang keren.

Bengkel

inspirasi desain garasi rumah

via Youtube

Penggemar otomotif bisa menyalurkan hobinya dengan memiliki bengkel. Ubah garasi Anda menjadi ruang bengkel. Letakkan lemari yang menempel pada dinding agar tidak membuat ruang terasa sempit. Tempatkan juga peralatan berkerja di dinding sehingga mudah ditemukan dan memberi banyak sisa ruang pada ruang kerja bengkel Anda.

image: pinterest, instagram, youtube, interiordesignserved

Ada pertanyaan tentang desain interior rumah Anda? Desainer kami siap menjawabnya

Tags: , , , , ,

Nita Hidayati Inayah

By Nita Hidayati Inayah

Content writer, menyukai gaya skandinavia

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader