fbpx
Hello, Guest

10 Rekomendasi Tanaman Hias Bunga Yang Dapat Memperindah Suasana Rumah

Posted by Fadhil Rahman Tuesday, May 2 2023

Interiordesign.idTanaman hias bunga adalah tanaman yang dibudidayakan untuk keindahan dan kecantikan bunganya. Bunga dari tanaman hias ini memiliki berbagai macam bentuk, warna, dan aroma yang menarik sehingga sering digunakan untuk memperindah taman, ruangan, dan dekorasi acara.

Untuk merawatnya, diperlukan pengetahuan dan keterampilan dalam hal pemilihan tanah, pemupukan, penyiraman, dan pemangkasan. 

Pinterest

Perawatan yang tepat dapat membantu menjaga kecantikan dan kesehatan tanaman, sehingga bunga dapat mekar dengan indah dan tahan lama.

Tanaman ini juga bisa menjadi pilihan yang bagus untuk memperindah rumah dan memberikan kesan yang segar dan hidup pada lingkungan rumah. 

Baca Juga : 8 Langkah Mudah DIY Mawar Pelangi dengan Teknik Osmosis

10 Rekomendasi Tanaman Hias Bunga Yang Cocok Untuk Memperindah Rumah

Berikut adalah 10 tanaman hias bunga yang cantik yang bisa kamu pertimbangkan untuk diletakkan di dalam atau di luar rumahmu.

#1 Anggrek

PInterest

Anggrek adalah tanaman yang sangat populer di seluruh dunia. Tanaman ini memiliki keindahan yang luar biasa, bahkan beberapa jenis anggrek memiliki bentuk bunga yang sangat unik dan eksotis. 

Selain itu, anggrek juga memiliki berbagai macam warna, seperti putih, merah, ungu, kuning, dan hijau.

Anggrek termasuk dalam keluarga Orchidaceae dan memiliki lebih dari 25.000 spesies di seluruh dunia. 

Meskipun anggrek sering dianggap sebagai tanaman hias yang sulit untuk dirawat, sebenarnya anggrek bisa tumbuh dengan baik jika diberikan perawatan yang tepat.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam merawat anggrek adalah media tanam yang digunakan. Anggrek biasanya ditanam dalam media yang terbuat dari serat kelapa atau potongan kayu. 

Media ini memiliki sifat yang porous sehingga dapat memberikan sirkulasi udara yang baik untuk akar anggrek.

Selain itu, anggrek juga memerlukan cahaya yang cukup untuk tumbuh dengan baik. Anggrek biasanya diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari pagi atau sore, namun hindari terlalu banyak terkena sinar matahari langsung.

#2 Bunga Matahari 

Pinterest

Bunga matahari adalah tanaman hias yang sangat populer dan mudah ditemukan di seluruh dunia. 

Bunga ini memiliki ciri khas yang unik yaitu bunga yang besar dengan kelopak berwarna kuning cerah dan benang sari yang menonjol di tengah-tengahnya. 

Selain itu, bunga matahari juga memiliki tinggi yang mencapai dua meter sehingga sangat menarik untuk ditanam di taman.

Tanaman bunga matahari ditanam dari biji dan membutuhkan waktu sekitar 70-100 hari untuk tumbuh dan berbunga. 

Bunga matahari memiliki ciri khas dalam mengikuti arah matahari, sehingga sering disebut dengan nama “matahari” karena menunjukkan arah timur ke barat dari waktu ke waktu.

Bunga matahari biasanya ditanam di tempat yang terkena sinar matahari langsung selama setidaknya enam jam per hari. 

Tanah yang digunakan untuk menanam bunga matahari harus memiliki pH yang seimbang dan kaya akan nutrisi. Pemupukan secara teratur sangat penting untuk membantu bunga matahari tumbuh dan berkembang dengan baik.

#3 Mawar

Pinterest

Mawar adalah tanaman yang sangat populer di seluruh dunia. Tanaman ini memiliki keindahan yang luar biasa, dengan berbagai warna seperti merah, kuning, putih, ungu, dan pink.

 Selain itu, mawar juga memiliki aroma yang khas dan sangat menyenangkan.

Mawar termasuk dalam keluarga Rosaceae dan memiliki lebih dari 100 spesies yang berbeda di seluruh dunia. Mawar biasanya ditanam di kebun atau taman, namun juga dapat ditanam di dalam pot sebagai tanaman hias indoor.

Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam merawat mawar adalah memilih tempat yang tepat untuk menanamnya. 

Mawar membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk tumbuh dengan baik, sehingga tempat yang terkena sinar matahari langsung adalah tempat yang ideal untuk menanam mawar. Namun, hindari tempat yang terlalu panas atau terlalu kering.

#4 Kamboja

Pinterest

Kamboja adalah tanaman hias yang indah dan populer di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. 

Tanaman ini memiliki bunga yang indah dan harum yang terdiri dari lima kelopak dan memiliki warna yang bervariasi seperti putih, kuning, merah muda, dan ungu. 

Kamboja juga memiliki daun yang hijau dan indah sehingga menjadi tanaman hias yang sangat menarik.

Tanaman kamboja dapat tumbuh di tanah yang subur dan cukup lembab, dengan sinar matahari yang cukup namun tidak terlalu panas. Kamboja juga membutuhkan penyiraman secara teratur, terutama pada musim kemarau. 

Selain itu, pemupukan dengan pupuk organik secara teratur sangat membantu pertumbuhan dan pembungaan tanaman kamboja.

#5 Melati 

Pinterest

Melati adalah salah satu yang populer di Indonesia. Tanaman ini memiliki bunga putih yang beraroma khas dan sangat menarik. 

Melati berasal dari daerah tropis Asia Tenggara dan sering dianggap sebagai simbol keindahan, keanggunan, dan kebersihan.

Bunga melati biasanya tumbuh dalam kelompok dan memiliki bentuk seperti bintang dengan lima atau delapan kelopak.

Bunga ini mekar pada malam hari dan memberikan aroma yang harum dan menenangkan. Selain itu, bunga melati juga dikenal memiliki manfaat medis, seperti meredakan kecemasan dan mengatasi gangguan tidur.

Tanaman melati sering digunakan sebagai dekorasi dalam upacara pernikahan, baik sebagai hiasan untuk dekorasi maupun sebagai hadiah untuk memperlihatkan cinta dan kasih sayang. 

Di Indonesia, melati juga digunakan sebagai bunga nasional dan sering dijadikan sebagai hadiah untuk acara-acara kenegaraan.

#6 Lily

Pinterest

Lily atau teratai adalah tanaman hias yang indah dan populer di seluruh dunia. Tanaman ini memiliki bunga yang besar dan indah, dengan berbagai warna seperti putih, kuning, pink, oranye, merah, dan ungu. 

Selain itu, lily juga memiliki aroma yang harum dan segar yang membuatnya menjadi salah satu tanaman hias favorit.

Lily terdiri dari berbagai jenis, seperti lily oriental, lily asiatic, lily casablanca, dan lain sebagainya. 

Setiap jenis memiliki ciri khas dan keindahan yang unik. Lily biasanya ditanam di kebun atau taman, tapi dapat ditanam di dalam pot sebagai tanaman hias indoor. Tanaman ini membutuhkan tempat yang tepat untuk tumbuh dengan baik. Serta membutuhkan sinar matahari yang cukup, tapi harus dihindari dari sinar matahari langsung yang terlalu terik. 

Tanah yang digunakan untuk menanam lily harus subur, gembur, dan memiliki drainase yang baik untuk menghindari terjadinya genangan air.

#7 Tulip 

Pinterest

Tulip adalah tanaman hias yang indah dan populer dari keluarga Liliaceae. Tanaman ini memiliki bunga yang besar dan indah, dengan berbagai warna seperti merah, kuning, putih, ungu, dan lain sebagainya. 

Tulip biasanya bermekaran pada musim semi dan menjadi salah satu tanaman hias bunga yang paling terkenal di dunia.

Tulip berasal dari daerah kering di Asia Tengah, namun sekarang sudah tersebar luas di seluruh dunia. 

Tanaman ini membutuhkan tempat yang cerah dan cukup panas untuk tumbuh dengan baik. Tulip dapat tumbuh di tanah yang gembur dan cukup subur, namun juga harus memiliki drainase yang baik agar tidak terjadi genangan air.

#8 Bunga Petunia

Pinterest

Bunga petunia adalah tanaman hias yang sangat populer di seluruh dunia karena keindahannya yang mempesona dan mudah perawatannya. 

Bunga ini dikenal dengan warna-warnanya yang mencolok, mulai dari merah, ungu, biru, merah muda, kuning, dan putih, dan tersedia dalam berbagai bentuk, dari bunga tunggal hingga bunga ganda.

Petunia awalnya berasal dari Amerika Selatan dan tumbuh dengan subur di daerah beriklim hangat. Dapat tumbuh dengan baik di kebun atau di pot dengan syarat tanahnya subur dan cukup lembap. Petunia juga membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk tumbuh dan berkembang.

#9 Aster 

Pinterest

Aster adalah tanaman hias yang populer di seluruh dunia karena keindahan bunganya yang menawan dan mudah perawatannya. 

Tanaman ini berasal dari Amerika Utara dan tumbuh dengan subur di berbagai kondisi tanah dan cuaca.

Bunga aster memiliki berbagai warna, seperti putih, ungu, merah muda, biru, dan kuning. Juga memiliki bentuk yang beragam, mulai dari bunga tunggal hingga bunga ganda. 

Bunga ini memiliki ciri khas kelopak bunga yang berbentuk bintang dan daun yang kecil dan berbulu.

Aster sering digunakan sebagai tanaman hias di taman atau kebun karena tumbuh subur dan mudah dirawat. 

Tanaman ini membutuhkan sinar matahari yang cukup dan tanah yang subur serta cukup lembap. Pemangkasan tunas bunga yang sudah layu juga perlu dilakukan untuk mempercepat pertumbuhan dan pembungaan aster.

#10 Lavender 

Pinterest

Lavender adalah salah satu tanaman yang sangat populer di seluruh dunia. Tanaman ini berasal dari wilayah Mediterania dan Asia Barat, namun kini dapat ditemukan di berbagai belahan dunia. 

Lavender memiliki bunga yang berwarna ungu atau biru muda dengan aroma yang khas.

Tanaman lavender dapat tumbuh hingga setinggi 1 meter, dengan daun yang berwarna hijau-abu-abu dan berbentuk lanset. 

Bunga lavender tumbuh dalam rangkaian atau malai dan mekar pada musim panas. Aroma dari bunga lavender sangat kuat dan sering digunakan untuk membuat minyak esensial, parfum, dan produk perawatan tubuh.

Lavender sering digunakan sebagai tanaman hias di taman atau kebun karena keindahan bunganya yang menawan dan aroma yang segar. 

Lavender juga dikenal sebagai tanaman obat karena kandungan senyawa yang dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti sakit kepala, gangguan tidur, dan kecemasan.

Penutup

Demikian 10 tanaman hias bunga yang cantik yang bisa kamu pertimbangkan untuk memperindah suasana rumahmu. 

Selain memberikan keindahan, tanaman hias yang memiliki bunga juga dapat memberikan manfaat kesehatan dan membantu meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan. 

Jangan lupa untuk merawat tanaman hias dengan baik agar tetap terlihat indah dan sehat. 

Pastikan memberikan air secukupnya, pencahayaan yang cukup, dan pupuk sesuai dengan kebutuhan tanaman. 

Dengan merawat tanaman dengan baik, kamu akan bisa menikmati keindahan dan keharuman yang mereka berikan untuk waktu yang lama.

Selain itu, jika kamu memiliki anak atau peliharaan di rumah, pastikan untuk memilih tanaman hias yang aman dan tidak beracun. 

Beberapa tanaman hias, seperti lidah mertua dan kaktus, bisa menjadi berbahaya jika tertelan atau terkena kulit.

Menambahkan tanaman hias di dalam atau di luar rumahmu bisa memberikan nuansa yang berbeda dan menyenangkan. 

Selain itu, kehadiran tanaman hias bunga juga dapat memberikan manfaat psikologis seperti meningkatkan mood dan mengurangi stres. Oleh karena itu, tidak ada salahnya mencoba menambahkan beberapa tanaman berbunga cantik ke dalam rumahmu.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id