fbpx
Hello, Guest

5 Desain Lemari Pakaian untuk Kamar Sempit, Tetap Estetis Dan Fungsional!

Posted by Kumala Devanty Wednesday, December 20 2023

Interiordesign.idDesain lemari pakaian untuk kamar sempit memerlukan pertimbangan khusus untuk memaksimalkan penggunaan ruang yang terbatas. 

Dalam ruang yang terbatas, pemilihan lemari yang tepat sangat penting untuk menciptakan tata ruang yang efisien dan terorganisir.

Maka dari itu, jika Anda bingung menentukan lemari pakaian yang cocok untuk ruangan sempit di rumah Anda. Artikel ini akan membantu dengan beberapa list desain lemari pakaian untuk kamar sempit untuk Anda.

 

5 Desain Lemari Pakaian yang Ideal untuk Kamar Sempit

Berikut adalah 5 desain lemari pakaian yang ideal untuk kamar dengan ruang terbatas:

 

1. Lemari Dengan Pintu Geser

Pinterest

 

Lemari pintu geser adalah salah satu desain yang sangat populer dalam ruang terbatas karena kepraktisannya. 

Desain lemari pakaian untuk kamar sempit ini menawarkan solusi yang efisien untuk kamar dengan area yang terbatas. 

Berbeda dengan lemari konvensional yang pintunya terbuka ke luar, lemari pintu geser memiliki pintu yang meluncur ke samping, baik secara horizontal maupun vertikal.

Namun, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat menggunakan lemari pintu geser. 

Kualitas rel atau jalur geser sangat penting untuk memastikan pintu bergerak dengan lancar dan tidak mudah rusak. 

Pastikan juga ruang di depan lemari cukup untuk membuka pintu geser sepenuhnya.

Selain itu desainnya yang praktis, modern, dan fleksibel membuatnya menjadi salah satu solusi yang optimal untuk penyimpanan pakaian dalam ruang yang sempit.

Baca Juga : 7 Ide Model Lemari Pakaian 2 Pintu Dari Kayu

 

2. Lemari Sudut Ruangan

Pinterest

 

Lemari sudut adalah solusi cerdas untuk memaksimalkan penggunaan ruang yang sering terabaikan, yaitu sudut ruangan. 

Desain lemari pakaian untuk kamar sempit ini memberikan kemungkinan untuk menggunakan ruang yang biasanya tidak dimanfaatkan dengan baik. 

Berbeda dengan lemari konvensional yang diletakkan sejajar dengan dinding, lemari sudut secara khusus dibangun untuk ditempatkan di sudut ruangan.

Lemari sudut seringkali memiliki desain yang menarik, dan dapat disesuaikan dengan berbagai gaya dekorasi interior. 

 

Dengan variasi bentuk dan bahan, mereka dapat menambah sentuhan estetika yang unik pada ruangan.

 

Namun, ketika memilih lemari sudut, pastikan untuk mengukur sudut ruangan dengan tepat dan pilih lemari yang sesuai dengan ukuran tersebut. 

 

Hal ini penting untuk memastikan bahwa lemari tersebut pas dan tidak terlalu besar atau kecil untuk ruang yang ada.

Sesuaikan desain dan warna lemari dengan interior kamar Anda. Lemari sudut dapat menjadi fokus utama ruangan atau menyatu dengan dekorasi yang ada, tergantung pada preferensi estetika Anda.

3. Lemari Dinding Dengan Cermin

Pinterest

Lemari dinding dengan cermin adalah gabungan cerdas antara elemen penyimpanan dan fitur cermin yang bermanfaat. 

Desain ini tidak hanya memberikan tempat penyimpanan yang penting, tetapi juga menawarkan manfaat tambahan berupa cermin, yang dapat membantu memperluas ruang visual dan memberikan nilai estetika yang lebih besar pada ruang kamar.

Cermin menciptakan ilusi optik ruang yang lebih besar. Dengan memantulkan cahaya, cermin memberikan kesan visual ruang yang luas, mengubah tampilan ruangan menjadi lebih terbuka dan cerah.

Selain itu, cermin membantu memantulkan cahaya di ruangan, yang dapat membuat ruang tampak lebih terang. Desain lemari pakaian untuk kamar sempit ini sangat berguna dalam kamar yang mungkin memiliki pencahayaan alami yang terbatas.

Sebelum menentukan ingin menggunakannya. Pastikan lemari dinding dipasang dengan baik dan aman pada dinding, terutama jika cerminnya cukup besar. 

Pemasangan yang benar tidak hanya penting untuk keamanan, tetapi juga untuk memastikan lemari dan cermin tetap kokoh dan stabil.

 

 

4. Lemari gantung

Pinterest

Lemari gantung adalah pilihan yang praktis dan efisien untuk memaksimalkan ruang penyimpanan, terutama dalam kamar dengan ruang yang terbatas. 

Desainnya yang tergantung di dinding atau langit-langit memberikan keleluasaan untuk memanfaatkan ruang vertikal, mengoptimalkan ruang yang mungkin sebelumnya tidak terpakai.

Desain lemari pakaian untuk kamar sempit ini memanfaatkan ruang vertikal yang tinggi, membantu memaksimalkan ruang penyimpanan tanpa memakan banyak ruang lantai.

Dengan lemari tergantung di dinding atau langit-langit, ruang lantai tetap terbuka dan bebas, memungkinkan pergerakan lebih leluasa di kamar.

Namun, pastikan pemasangan lemari gantung dilakukan dengan benar dan aman. 

Dinding atau langit-langit harus cukup kuat untuk menopang bobot lemari dan isinya. Pemasangan yang tepat akan memastikan keamanan dan stabilitas lemari.

Perhatikan tinggi lemari gantung sehingga barang-barang yang disimpan dapat dijangkau dengan nyaman. 

Pastikan lemari ditempatkan pada ketinggian yang memudahkan akses tanpa memerlukan tangga atau alat bantu lainnya.

5. Lemari Multifungsi

Pinterest

Lemari multifungsi adalah solusi cerdas yang menggabungkan fungsi penyimpanan dengan fitur tambahan untuk memaksimalkan ruang di kamar dengan area terbatas. 

Desainnya yang serba guna memberikan manfaat ekstra yang dapat meningkatkan efisiensi ruang.

Desain lemari pakaian untuk kamar sempit ini dapat menawarkan berbagai fitur tambahan seperti laci, rak yang dapat diubah menjadi meja tulis, cermin yang dapat ditarik, atau bahkan meja rias yang tersembunyi. Ini memberikan fleksibilitas dalam penggunaan ruang.

Lemari multifungsi dapat mengintegrasikan ruang penyimpanan untuk pakaian, aksesori, serta barang-barang lain, membantu menjaga kamar tetap rapi dan terorganisir.

Sebelum itu Anda perlu sesuaikan lemari multifungsi dengan kebutuhan dan gaya kamar Anda. Pastikan bahwa tambahan fitur seperti meja tulis atau cermin masih mencerminkan estetika keseluruhan ruangan.

 

Baca juga : Yuk Intip 6 Inspirasi Desain Lemari Pakaian Minimalis, Rapi dan Estetik!

 

Penutup

Dalam merancang kamar dengan ruang yang terbatas, penting untuk mempertimbangkan fungsi, estetika, dan efisiensi penggunaan ruang. Dengan memilih desain lemari pakaian untuk kamar sempit, dapat memberikan kesan kamar yang lebih teratur, terorganisir, dan terlihat lebih luas meskipun dalam ruang yang terbatas.

Ketika memilih lemari, pertimbangkan ukuran, kebutuhan penyimpanan, serta gaya desain yang sesuai dengan selera Anda. Dengan kombinasi yang tepat, lemari pakaian dapat menjadi elemen penting yang memperkaya pengalaman ruang di kamar sempit Anda.

 

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id