Apartemen Modern Minimalis – Jakarta

desainer interior interiordesign.id

Desain Apartemen Jakarta

Bisa jadi tidak banyak konsep dan gagasan desain yang bisa diharapkan untuk sebuah apartemen kecil tipe studio. Tetapi prinsipnya, tidak pernah ada ruang yang kekecilan, yang ada adalah ukuran furnitur yang kebesaran.

Ini tentu bukan soal ukuran. Untuk menjadikan sebuah hunian tipe kecil juga bisa nyaman, fungsional serta menarik secara visual, bukanlah sebuah pekerjaan sulit bagi seorang desainer.

Klien kami kali ini, Guntur Priadi, menginginkan apartemen mungil miliknya bisa terlihat lebih luas dan clean tanpa kehilangan fungsi dan gaya.

Menggunakan pendekatan konsep open space, Fitrah Rustana, desainer kami, merancangnya tanpa sekat ruangan yang memisahkan 3 fungsi ruang yang berbeda, antara kamar tidur, ruang keluarga, dan juga area dapur. Dan meski tanpa sekat atau partisi, keseluruhan area apartemen dijamin tetap dapat memiliki tingkat kenyamanan maksimal.

Proses desain

Proses pertama yang dilakukan Fitrah adalah menentukan pilihan warna. Nuansa putih dan monokrom dipilih sebagai pilihan warna terbaik karena mampu menjadikan ruangan kecil terlihat lebih luas. Selain itu, warna ini juga mampu memperlihatkan ruangan tampak lebih bersih dan memberi kesan modern serta elegan.

interior apartemen minimalis

Layout dibuat sedemikian rupa agar setiap aktivitas bisa berjalan normal. Dalam artian, tidak sempit dan tetap melahirkan fleksibilitas.

Pemanfaatan ruang vertikal (hingga ke ceiling) dan area bawah tempat tidur, menjadi proses selanjutnya untuk menyiasati keterbatasan area penyimpanan dalam space yang terbatas.

Fitrah berhasil menyuguhkan nuansa modern hanya dari pilihan warna serta permainan ambience lighting.

interior apartemen minimalis

Pemilihan bentuk yang sederhana dan bahan atau material yang berkesan ringan (seperti besi) turut membantu menjadikan ruangan tidak terasa penuh dan hectic.

Di samping itu, pemakaian warna yang berbeda pada bagian dinding headboard sangat membantu untuk mendefinisikan ruangan dengan kesan modern yang kuat, sekaligus tetap terasa sejuk dan tidak membosankan.

interior apartemen minimalis

Lalu, penempatan furnitur, -tempat tidur yang tidak membelakangi jendela, juga menjadikan ruangan kecil ini tetap terasa lebih luas dan juga lapang.

Jangan lupakan penempatan cermin, serta peletakan tiang gorden di atas batas jendela yang benar-benar mampu menunjukkan kesan ruangan yang modern dan tertata rapi.

Hasilnya; tipe apartemen kecil studio dengan konsep desain minimalis modern yang fungsional dan gaya.

Detail Proyek:

  • Nama klien: Guntur Priadi
  • Tipe proyek: Apartemen
  • Tipe desain: Minimalis-Modern
  • Lokasi: Jakarta
  • Ukuran: 25m2
desainer interior interiordesign.id

By Fitrah A Rustana

Arsitek ITB tahun 2012. Bekerja sebagai freelance selama 5 tahun sebelum bergabung dengan interiordesign indo.

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader