Desain Rumah ala Korea Modern, Hunian Mungil yang Nyaman dan Hangat

Posted by Nita Hidayati  •  Monday, February 12 2018

 

Desain rumah ala Korea modern dibangun dengan material natural seperti kayu dengan interior warna-warna netral dan penggunaan furnitur minimalis.

Interiordesign.id – Setiap negara ataupun daerah pastinya memiliki ciri khas gaya arsitektur dan desain interiornya. Pun begitu dengan Korea. Bagi para penggemar film atau bahkan kebudayaan Korea, Anda pasti sudah tidak asing dengan rumah tradisional Korea bernama Hanok.

Hanok adalah sebutan untuk rumah tradisional khas Korea yang terdiri ruang-ruang yang umumnya terdapat di dalam rumah. Hanok terdiri dari Anbang (kamar tidur), Daecheong (ruang tengah), Bueok (dapur) dan ruang-ruang lainnya.

Para pecinta film atau serial drama Korea tentu sudah tidak asing lagi dengan penampilan rumah-rumah ala Negeri Korea yang unik.

Hanok dikenal sebagai rumah khas Korea yang dibangun dengan material natural seperti kayu, batu dan tanah liat. Selain itu Hanok juga disertai sistem penghangat tradisional bernama Ondol. Seiring waktu, perkembangan rumah-rumah tradisional Korea pun banyak dipengaruhi budaya dan gaya kontemporer dengan pencahayaan matahari maksimal sebagai penghangat alami.

| Desain Interior ala Jepang, Nyaman, dan Serba Minimalis

Desain rumah ala Korea dapat juga diaplikasikan pada hunian Anda, tentu dengan menyesuaikan keadaan dan kebutuhan. Bagi Anda yang ingin menerapkan desain dan dekorasi rumah atau bahkan apartemen ala Korea modern, beberapa tips berikut ini dapat Anda coba terapkan.

Desain Rumah ala Korea Modern; Tidak Perlu Besar

desain rumah ala korea modern

via architecturestyle.net

Rumah ala Korea umumnya dirancang dalam ukuran lahan tidak terlalu besar, hanya terdiri dari 1 atau 2 lantai saja. Rumah ala Korea memanfaatkan struktur tinggi rumah satu atau dua lantai dengan mengadopsi struktur single layer agar tampak sederhana namun nyaman. Sebuah bangunan berukuran kecil meski sederhana dapat dirancang dengan konsep bertingkat untuk memaksimalkan fungsi ruang.

| Desain Rumah Kecil; Rahasia Hunian Mungil yang Nyaman, Sehat dan Bikin Betah

Desain Rumah ala Korea Modern; Rumah kayu dengan banyak kaca

desain rumah ala korea modern

Kayu merupakan material yang sangat cocok digunakan sebagai material utama desain rumah ala Korea. Anda dapat menghadirkan unsur kayu pada dinding, furnitur dan dekorasi lainnya. Kehadiran kaca di rumah juga dapat menciptakan ruangan lebih lapang, cahaya alami dari matahari akan memasuki rumah dan membuat interior terang. Kaca lebih dari sekadar sumber pencahayaan alami saja, kaca juga mampu memberikan pengaruh pada ruangan sehingga nampak lebih besar dari ukuran sebenarnya. Sementara unsur kayu akan memberikan keseimbangan dalam ruangan yang membuat interior terasa dengan nuansa yang lebih hangat.

| 10 Warna Cat Ruang Tamu Sempit, Sulap Ruangan Jadi Terasa Luas & Istimewa

Desain Rumah ala Korea Modern; Interior

#1 Ruang Tamu

desain rumah ala korea modern

via pinterest

Ruang tamu ala Korea yang dipadukan dengan sentuhan modern akan memberikan tampilan yang terang dan minimalis. Ruang tamu ala Korea Modern terlihat sangat cantik dengan dominasi warna netral, seperti putih, abu-abu, coklat atau krem. Penggunaan warna netral akan membuat ruang tamu ala Korea modern terlihat bersih dan lapang.

Untuk furnitur, ruang tamu ala Korea Modern bisa menggunakan furnitur yang berkaki pendek. Penggunaan furnitur dengan detail yang unik juga sangat disarankan karena akan menarik perhatian.

| Desain Ruang Tamu Kecil Minimalis; Gaya Interior Modern Minimalis yang Simpel dan Dinamis

#2 Kamar Tidur

desain rumah ala korea modern

from pinterest

Setiap ruangan sebaiknya memiliki kesenadaan dalam desain untuk mendapatkan kesatuan antar ruang. Jika Anda memilih warna netral pada ruang tamu ala Korea modern, maka Anda juga dapat menggunakan warna senada pada area kamar tidur.

| Dekorasi Kamar Tidur Tradisional; Hadirkan Kesederhanaan Yang Hangat Dari Masa Lalu

Anda bisa memilih warna abu-abu atau putih atau kombinasi keduanya sebagai desain interior kamar tidur. Tempat tidur tanpa ranjang atau penggunaan ranjang kayu rendah dapat Anda coba terapkan sebagai ciri khas masyarakat Korea.

#3 Dapur

desain rumah ala korea modern

via elephantandchick.com

Desain dapur ala Korea modern akan sangat cantik dengan palet warna putih yang membuat aksesori berwarna lebih terang dan menarik. Ruangan dapur yang kecil pun akan terasa lebih efisien dan tampil lebih atraktif. Sebagai pelengkap, hadirkan meja dan kursi yang terbuat dari kayu sebagai area makan yang berada tidak jauh dari dapur. Meja dan kursi berbahan kayu akan memberikan kesan modern pada gaya interior ala Korea.

| Desain Dapur Tradisional; Membawa Tradisi Unik ke Ruang Memasak

Happy decorating.

Butuh bantuan mendesain dan mendekorasi rumah ala Korea modern yang nyaman, hangat dan menyenangkan? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan jasa desain interior terbaik dan desainer-desainer terbaik? Silakan kunjungi laman berikut: Proses desain dan dekorasi ruangan (step by step) full online.

Tags: , , , , , ,

Nita Hidayati

By Nita Hidayati

Content writer, menyukai gaya skandinavia

Artikel lainnya

 

 

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram