interior kamar tidur dengan dilengkapi tanaman hias

4 Jenis Tanaman Hias untuk Mendapatkan Kualitas Tidur yang Baik

Posted by Erica Apriliani  •  6 days ago

Interiordesign.id – Hal apa yang pertama kali terlintas di pikiran anda saat mendengar ‘tanaman hias’? Kebanyakan orang akan menjawab bunga atau jenis tanaman lainnya. Atau mungkin tempatnya seperti taman. Secara umum, tanaman hias merupakan sekelompok tanaman untuk memperindah ruangan atau halaman rumah.

Seperti namanya, fungsi utama tanaman hias adalah untuk menghias suatu tempat. Akan tetapi, ada manfaat lain yang mungkin belum diketahui oleh khalayak. Tanaman hias bisa bermanfaat untuk kesehatan, lingkungan, bahkan kecantikan.

Sudah tidak lazim apabila banyak orang yang menyimpan banyak tanaman hias di rumah mereka, baik di dalam ruangan maupun di halaman rumah. Bentuknya yang cantik dan bervariasi dapat membuat suasana baru pada ruangan atau halaman. Penyimpanan tanaman hias di rumah juga memiliki banyak manfaat.

Tanaman hias di rumah dapat menjaga kesehatan pernapasan karena tanaman dapat mengikat gas karbon dioksida yang nanti akan digantikan dengan gas oksigen dalam proses fotosintesis pada siang hari. Hasilnya adalah oksigen yang dapat anda hirup.

Artikel lainnya

Dekorasi Ruang dengan Tanaman, Hadirkan Suasana Ruang yang Indah dan Menyegarkan

Selain itu, tanaman hias di rumah juga bisa menghilangkan stres. Menurut hasil penelitian, melihat tanaman hias dengan bentuknya yang unik, aroma wewangian, dan warna-warna cantik bisa membuat seseorang menghilangkan perasaan stres dan kepenatan.

Di rumah, biasanya tanaman hias ditaruh di ruang tamu, teras, atau halaman. Bagaimana dengan kamar tidur? Beberapa pendapat mengatakan bahwa menaruh tanaman hias di dalam kamar tidur tidak disarankan. Sebab, tumbuhan melepaskan karbon dioksida pada malam hari. Seperti yang kita tahu, malam hari adalah waktu dimana kita beristirahat.

Sementara dari sudut pandang feng shui mengatakan bahwa tumbuhan adalah representasi getaran hidup dan pertumbuhan. Adanya kedua energi tersebut tidak baik ketika anda sedang beristirahat.

Meskipun begitu, pendapat lain mengatakan bahwa tanaman hias di kamar tidur memiliki pengaruh positif. Bahkan, kehadiran tanaman hias jenis tertentu dapat meningkatkan kualitas tidur. Simak beberapa jenis tanaman hias yang sudah kami kumpulkan untuk kualitas tidur yang lebih baik.

Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera merupakan tanaman indoor yang sering dijadikan bahan makanan, minuman, obat, dan kecantikan. Lidah buaya pun dapat mengeluarkan oksigen pada malam hari, maka tanaman ini dapat menghilangkan insomnia dan meningkatkan kualitas tidur.

tanaman hias dalam kamar tidur

~ via pinterest

Disebut sebagai tanaman super karena manfaatnya, lidah buaya juga dikenal sebagai antiradang karena dapat membersihkan udara yang tercemar oleh bahan kimia. NASA bahkan menganggap bahwa tanaman ini adalah salah satu tanaman terbaik untuk meningkatkan kualitas udara.

Untuk merawat lidah buaya juga tidak sulit. Lidah buaya akan tumbuh dengan baik tanpa pencahayaan sinar matahari secara langsung. Terlebih lagi, air yang dibutuhkan juga tidak banyak.

Lavender

Selain cantik, bunga berwarna ungu ini terkenal dengan manfaatnya untuk mengusir nyamuk. Maka, tak heran jika lavender atau lavendel sering terkandung dalam obat pengusir nyamuk. Akan tetapi, aroma lavender pun terbukti dapat mengurangi perasaan cemas serta gejala insomnia.

tanaman hias dalam kamar tidur

~ via deskgram

Berdasarkan hasil penelitian, lavender terbukti dapat meningkatkan gelombang lambat pada otak orang yang mencium aromanya saat tidur. Hal ini dapat memperlambat detak jantung dan membuat otot lebih rileks. Maka dari itu, sekarang banyak minyak esensial lavender dijual di pasaran.

Lidah Mertua

Lidah mertua atau Sansevieria adalah salah satu tanaman hias yang populer untuk ditaruh di dalam rumah karena dapat tumbuh dengan mudah dan cocok untuk menjadi dekorasi. Dari segi kesehatan, lidah mertua cocok bagi penghuni yang memiliki alergi, asma, dan penyakit pernapasan lainnya sebab tanaman ini dapat membersihkan serta meningkatkan kualitas udara.

tanaman hias dalam kamar tidur

~ via itspossible

Pada malam hari, lidah mertua dapat menghasilkan oksigen ketika anda tidur sekaligus menangkap karbon dioksida serta menyaring racun dari udara. Jadi ketika tidur, anda tidak hanya menghirup udara yang bersih, tapi anda juga tidak akan terganggu oleh bau-bauan yang tidak sedap.

Bacaan terkait

Desain Interior Rumah; Kenapa Dekorasi Menjadi Sesuatu yang Penting?

English Ivy

Hedera helix, atau yang lebih dikenal sebagai English Ivy adalah tanaman serba guna yang dapat tumbuh di berbagai macam kondisi. Tanaman ini bisa membersihkan udara dan seperti lidah mertua, English Ivy sangat cocok bagi penghuni yang menderita asma atau permasalahan pernapasan lainnya.

Sebab, pernapasan yang buruk akan membuat penderitanya mudah terbangun ketika tidur dan udara yang bersih salah satu faktor utama yang memengaruhi kualitas tidur seseorang.

tanaman hias dalam kamar tidur

~ via michaelelliottactor

 

Penelitian NASA menunjukkan bahwa English Ivy dapat mengurangi jamur sebesar 90 hingga 94 persen di udara dalam waktu 12 jam. Seperti lidah buaya, perawatan English Ivy juga sangat mudah karena hanya memerlukan sedikit cahaya matahari. Anda cukup menaruhnya di dekat jendela kamar tidur anda. Sebagai variasi, anda bisa menanamnya dalam pot gantung dan membiarkan daunnya tumbuh menjuntai ke bawah.

Ternyata selain dapat mempercantik ruangan, tanaman hias juga punya keunggulan yang lain, lho. Dapat menjadi alat sirkulasi udara alami sehingga dengan mudah meningkatkan kualitas tidur anda.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Konsultasikan dengan desainer-desainer terbaik kami.

Tags: , , , , , , ,

Erica Apriliani

By Erica Apriliani

Erica was born in Bandung. She graduated from Maranatha Christian University Bandung in 2017, majoring in English Literature. She is a tea and cat person who is fond of theatre, reading, journaling, watching movies, and listening to music. She currently works as a content writer.

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader