fbpx
Hello, Guest

10 Alasan Kenapa Daun Tanaman Halaman Rumah Menguning

Posted by Brenda Brilianita Tuesday, December 6 2022
Penyebab tanaman kuning

Interiordesain.id – Jika daun tanaman kamu yang berada di depan rumah atau halaman rumah kamu menguning, biasanya dikaitkan dengan klirosis atau gejala yang disebabkan oleh kurangnya klorofil yang di produksi oleh daun.

Jenis pigmen ini sangat penting untuk proses fotosintesis dan memberikan warna yang sempurna pada daun. Ada beberapa alasan kenapa klorosis bisa terjadi. Daun yang menguning juga bisa disebabkan oleh hama dan penyakit, dan bisa juga merupakan faktor penuaan normal pada tanaman.

Biar lebih memahami tentang apa saja yang menyebabkan daun pada tanaman kamu menguning, dan apa yang harus dilakukan, kamu bisa mempelajarinya dari 10 cara ini :

The Spruce

  • Kurangnya Cahaya
    Peran cahaya menjadi sangat penting untuk terjadinya fotosintesis, jadi jika tanaman tidak mendapatkan kebutuhannya akan cahaya matahari, maka daunnya akan terlihat pudar.
    Periksa kembali kebutuhan cahaya tanaman kamu yang sakit supaya dapat memahami apakah tanaman tersebut membutuhkan sinar matahari penuh atau bisa mentolerir naungan parsial.
    Untuk tanaman pot, obatnya hanya cukup memindahkannya ke lokasi yang lebih cerah. Dengan cara mengubah situasi cahaya tanaman inground lebih terlihat. Jika ada pohon atau semak yang berada di dekat tanaman lain dan membuat keteduhan, mungkin kamu bisa memangkasnya.

The Spruce

  • Kekurangan Air
    Tanda umum berikutnya dari daun menguning adalah kekurangan air. Beberapa hari dengan cuaca panas ketika tanaman kehilangan banyak kelembapan lewat daunnya, maka itu sudah cukup untuk membuat munculnya warna kuning pada daun.
    Cobalah untuk menyirami tanaman secara perlahan dan ulangi seperlunya untuk menjaga supaya tanah tetap lembab.

  • Kelebihan Air
    Kelebihan air juga bisa menjadi penyebab daun menguning. Tanah dengan drainase yang buruk akan menjadi padat dan tergenang air ketika hujan, dan hal ini akan menutup oksigen.
    Dalam keadaan seperti ini, akar tanaman tidak dapat bernafas dan akan menyebabkan daun, batang akan menguning dan bahkan akan berubah menjadi coklat.
    Hindari menanam ditempat dengan drainase yang buruk atau mengubah tanah sebelum menanam. Pilihan lain untuk kebun sayur adalah dengan mempertimbangkan bedengan.

  • Kekurangan Gizi
    Nitrogen kerapkali menjadi nutrisi utama yang terlintas dalam pikiran sebagai penyebab daun menguning, namun bukanlah satu-satunya faktor utama. Daun yang menguning juga bisa menandakan kalau tanah kekurangan unsur hara lain seperti besi, mangan, dan seng.
    Cara yang bisa kamu andalkan adalah dengan menguji tanah, hal ini akan memberikan informasi yang tepat tentang kandungan nutrisi dan penambahan nutrisi yang harus kamu buat.

The Spruce
  • PH Tinggi
    Daun menguning juga bisa disebabkan oleh tanah yang terlalu basah untuk tanaman. Tanah alkalin akan berhubungan langsung dengan defisiensi unsur hara. Tanah dengan Ph diatas 7, maka unsur hara besi pelarutanya akan kurang dan oleh sebab itu akan lebih sedikit tersedia.
    Itulah penyebab tanaman dengan kebutuhan zat besi yang tinggi, seperti blueberry, rhododendron, dan azalea, sangat membutuhkan tanah asam yang bisa menyerap zat besi dalam volume yang cukup.
    Kamu bisa menggabungkan uji tanah dengan uji PH. Maka kamu dapat menambahkan nutrisi apa pun yang dibutuhkan dan sekaligus menurunkan PH dengan menambahkan belerang supaya nutrisi tersebut lebih tersedia untuk tanaman.

The Spruce

  • Pembakaran Pupuk
    Jika daun terlihat coklat atau seperti hangus, itu juga bisa menandakan bahwa kamu terlalu banyak memberikan pupuk. Kerusakan ini terjadi dalam dua cara: ketika garam larut dalam pupuk menarik uap air dari akar, atau bisa jadi ketika butiran pupuk cair tumpah ke daun.
    Tidak semua tanaman juga sama sensitifnya terhadap luka bakar pupuk daun, dan cuaca panas dan kering akan meningkatkan kerusakan.
    Untuk pencegahannya, jika kamu menggunakan pupuk granular, pastikan untuk segera menyiram tanaman setelahnya, dan pastikan tidak ada butiran yang menumpuk di dedaunan. Atau kamu bisa menggunakan pupuk organik lepas lambat, yang kurang pekat dibandingkan dengan pupuk anorganik.

  • Pembakaran Pestisida Atau Herbisida
    Ketika kamu menyemprotkan pestisida atau insektisida dengan suhu diatas 85 derajat F, dengan kelembapan tinggi, atau dengan cuaca yang mendung, maka sudah dipastikan daun akan mudah terbakar. Hal serupa akan terjadi jika kamu menyemprotkan tanaman yang sudah tertekan oleh kekeringan, embun beku, hama, atau penyakit.
    Ketika kerusakan terjadi, tidak banyak yang bisa kamu lakukan selain membuang bagian tanaman yang terjangkit.
    Terlepas dari apakah kamu menyemprotkan pestisida organik atau anorganik, pilihlah hari yang tepat, kering sejuk dan tenang. Ini merupakan kondisi dimana pestisida akan mudah kering pada tanaman, dan uapnya tidak akan menguap, terhadap udara panas dan angin.

  • Penyakit Jamur dan Bakteri
    Jika kamu sedang menanam tomat, mungkin kamu akan sering melihat tanaman kamu dengan cermat untuk dua penyakit jamur yang akan dimulai dengan daun kuning dan pada akhirnya akan membunuh tanaman tersebut.
    Penyakit busuk awal mula terjadi dengan gejala seperti bintik-bintik dengan lingkaran kuning yang kemudian akan bergabung. Untuk tomat yang terkena layu fusarium, daun menguning, seringkali hanya satu sisi tanaman atau satu sisi cabang.
    Ketika penyakit itu datang, tidak banyak yang mesti kamu lakukan selain mencabut tanaman.
    Untuk menghindarinya, pilihlah varietas yang tahan dan coba lakukan kebersihan taman secara menyeluruh, karena patogen akan menahan musim dingin di tanah selama bertahun-tahun.

The Spruce

  • Kerusakan Karena Serangga
    Kerusakan terjadi dari beberapa serangga bisa juga menyebabkan daun menguning, terutama pada sayuran. Penyebab sering terjadinya adalah serangga harlequin, laba-laba, serangga squash, dan lalat.
    Walaupun mereka tidak serta merta langsung membunuh tanaman, sangat penting untuk sering memperhatikan kebun sayur kamu supaya bisa menemukan infestasi lebih awal dan mengambil tindakan yang tepat.

The Spruce

  • Penuaan Normal
    Daun menguning dan rontok, terutama yang lebih tua pada bagian bawah tanaman, bisa jadi merupakan bagian dari proses penuaan dedaunan. Semuanya tergantung pada frekuensi dan jumlah daun, namun untuk tanaman dewasa ada beberapa daun kuning sesekali tidak perlu di khawatirkan.

Baca Juga :

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait
farmhouse design pada kamar mandi
Friday, July 30 2021
Posted by Nikho Asruri

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id