fbpx
Hello, Guest

Memulai Restoran Anda: Strategi Jitu dalam Perekrutan Staf

Posted by Iqbal Mujahid Monday, December 11 2023

Interiordesign.id – Memulai bisnis restoran impian Anda melibatkan lebih dari sekadar ide dan konsep yang menarik; panduan langkah demi langkah dalam membangun bisnis katering sukses adalah kunci utamanya.

Elemen krusial dalam proses ini adalah merekrut staf yang kompeten dan mampu bekerja secara efektif. Kehadiran tim yang handal dan profesional tidak hanya memperkuat fondasi restoran Anda, tetapi juga meningkatkan peluang sukses dalam industri yang kompetitif ini.

Memilih staf yang tepat bukan hanya tentang mengisi posisi yang kosong, melainkan tentang menciptakan sebuah tim yang dapat bersinergi, meningkatkan kinerja bisnis, dan pada akhirnya, memaksimalkan penjualan.

Strategi perekrutan yang cerdas akan membantu Anda mencapai tujuan ini, menjadikan restoran Anda tidak hanya sebagai tempat makan, tetapi juga pengalaman yang tak terlupakan bagi setiap pelanggan.

Staf 

Sumber:Pinterest

Mencari orang untuk posisi penting seperti mencari jarum di tumpukan jerami.

Hari ini, sebagai pengusaha penyedia layanan katering, Anda mengemban peran manajer sumber daya manusia.

Tujuannya adalah menarik orang yang tepat. Orang-orang yang membantu mewujudkan restoran impianmu.

Faktor-faktor apa yang menentukan jenis staf yang akan Anda rekrut?

  • Konsep restoran: Hal ini menentukan, misalnya, apakah Anda memerlukan staf berpengalaman atau tidak.
  • Menu: Jika Anda memiliki hidangan yang rumit untuk dibuat, Anda memerlukan koki yang terlatih pada tingkat ini.

Chef/Koki

Sumber:Pinterest

Seperti kata Gordon Ramsay, sebuah restoran yang sukses selalu dimulai dengan koki yang bersemangat.

Yuk, kita awali dengan memilih koki yang tepat. Tidak peduli pria atau wanita, koki ini akan jadi jantung dapur Anda, mengurus segala sesuatu mulai dari merekrut tim, memilih bahan, hingga menciptakan hidangan lezat.

Pertama-tama, tanya pada diri sendiri, ‘Apakah restoran saya benar-benar butuh koki handal?’ Jika menu Anda terdiri dari hidangan simpel dan Anda punya skill masak, mungkin Anda bisa tangani sendiri. Namun, ingat, sering kali pemilik restoran juga merangkap sebagai koki, terutama untuk restoran dengan target pasar yang lebih tinggi.

Sekarang, asumsikan Anda sedang cari koki. Ingat kata-kata Ramsay tadi, ya, kunci suksesnya ada pada menarik perhatian koki sejak awal. Saat membangun restoran, keputusan harus dibuat cepat: Tentukan konsep, menu, teknik memasak, dan susunan dapur yang efisien. Seorang koki pasti ingin dapur yang nyaman dan memudahkan kerjanya.

Jangan lupa, seorang koki juga butuh waktu untuk eksperimen dengan menu. Dia tidak hanya menciptakan hidangan, tapi juga harus pintar mengatur biaya produksi dan tenaga kerja. Kecepatan dalam penyajian juga penting.

Di awal pembukaan, koki yang hebat bisa jadi aset berharga. Dia bisa berinisiatif dan memastikan tim dapurnya siap beraksi. Jadi, siapkan segalanya untuk menemukan koki yang akan bawa restoran Anda meraih sukses!

Baca Juga : Rahasia Sukses Memulai Restoran: Langkah Efektif dalam Merancang Menu Andalan

Apa saja kualitas yang harus dimiliki seorang koki yang baik?

Nah, Anda tahu bahwa menjadi seorang koki adalah pekerjaan yang serbaguna. Pendidikan dan pengalaman kerja yang baik saja tidak cukup. Misalnya, Anda juga harus memiliki sifat kepemimpinan.

Berikut adalah daftar kualitas yang harus dimiliki seorang koki.

  • Kepemimpinan, seorang koki harus tahu bagaimana mengelola brigade dapur. Dia harus dapat mengenali dan menciptakan pemimpin lain.
  • Visi, seorang koki harus memiliki visi yang sama dengan pemilik restoran. Dia kemudian harus memastikan bahwa visi ini memenuhi harapan tamu.
  • Keterampilan memasak, seorang koki harus memiliki keterampilan memasak yang sesuai dengan konsep restoran.
  • Pelatih, seorang koki harus memiliki pengalaman yang cukup untuk melatih staf dapur.
  •  Mata untuk kualitas, seorang koki harus memastikan bahwa masakan konsisten. Hanya yang terbaik yang boleh disajikan.
  • Mata untuk anggaran, ketika seorang koki hanya membeli hal-hal yang ada di menu, dia tetap berada dalam anggaran. Anda tidak kehilangan uang dengan sia-sia.
  • Persiapan menu, tentu saja, seorang koki dapat melakukan persiapan menu yang paling kompleks. Dia cukup kreatif untuk menciptakan hidangan-hidangan baru.
  • Pemilihan bahan, seorang koki harus tahu asal-usul bahan. Dia harus tahu bagaimana bahan-bahan tumbuh atau dipersiapkan.
  • Kemampuan bekerja di bawah tekanan, setiap orang pasti memiliki hari-hari ketika semuanya tampak salah. Seorang koki juga harus mampu tampil tanpa menyalurkan frustasi kepada staf (dapur).
  • Keterampilan komputer, seorang koki harus mahir dalam menggunakan Excel. Dengan begitu, dia dapat menghitung harga biaya dan membuat anggaran.
  • Pengalaman, idealnya seorang koki telah menyelesaikan pendidikan yang baik. Dengan sejumlah tahun pengalaman. Pendidikan yang baik dapat berupa: koki mandiri (tingkat MBO 3) dengan sejumlah tahun pengalaman. Atau koki khusus/manajer dapur (tingkat MBO 4).

Bagaimana cara menemukan koki yang tepat?

Mencari orang yang tepat untuk mengelola dapur restoran Anda? Ada beberapa cara kreatif untuk menemukan koki yang cocok:

  • Gunakan Jasa Agen Perekrutan: Mereka akan membantu Anda mencari kandidat dan biasanya hanya meminta biaya setelah menemukan orang yang tepat.
  • Pasang Iklan di Surat Kabar Perdagangan Penyediaan Makanan: Ini cara tradisional tapi efektif untuk menjangkau profesional di bidang kuliner.
  • Posting Lowongan di Situs Web Pekerjaan: Situs seperti Monsterboard atau Bank Lowongan Nasional bisa menjadi tempat yang bagus untuk menemukan talenta.
  • Promosi Mulut ke Mulut: Berbicara dengan pemasok Anda. Mereka sering tahu koki yang ingin berpindah atau Sous Chef yang ingin naik jabatan.
  • Makan di Restoran dengan Konsep Serupa: Kenali koki di sana dan jalin komunikasi. Mereka mungkin tidak ingin pindah, tapi bisa jadi tahu rekan yang cocok.
  • Manfaatkan Media Sosial: Perhatikan sous chef muda yang membangun portofolio di Instagram, atau cari profesional kuliner di LinkedIn. Bergabung dengan grup penyediaan makanan di LinkedIn dan tanya rekomendasi, atau periksa Twitter untuk info lowongan.
  • Hubungi Sekolah Kuliner: Pengajar di sekolah kuliner memiliki banyak kontak di industri dan mungkin bisa merekomendasikan seseorang.
  • Bekerjasama dengan Blogger atau Peninjau Lokal: Mereka sering tahu tentang koki berbakat karena sering makan di berbagai restoran.

Masing-masing cara ini menawarkan pendekatan unik dalam menemukan koki yang akan membawa dapur restoran Anda ke tingkat selanjutnya.

3. Apa yang Anda lakukan dengan para kandidat?

Hebat! Upaya Anda dalam mencari koki kini membuahkan hasil berupa tumpukan CV. Saatnya untuk menelusuri dan memilih kandidat yang menjanjikan.

Langkah berikutnya adalah, coba hubungi orang-orang yang pernah bekerja sama dengan mereka. Ini penting lho, untuk mengetahui bagaimana cara mereka mengelola tim di dapur. Tanyakan, apakah mereka jago memotivasi tim? Bagaimana cara mereka memberi penghargaan? Plus, jangan lupa cek seberapa kreatif mereka dalam memasak.

Ini super penting nih, pastikan mereka itu orang yang mudah bergaul. Kalau tidak, siap-siap saja menghadapi seringnya pergantian staf, yang artinya biaya upah juga ikut naik. Belum lagi, kualitas makanan bisa jadi turun dan ini pasti nggak mau terjadi kan?

Kalau bisa, mampir ke restoran tempat mereka bekerja sekarang, cicipin langsung masakan mereka. Kalau nggak, ajak mereka masak untuk Anda. Ini seru juga, lho!

Setelah yakin dengan keterampilan dan gaya memasak mereka, serta mendapat feedback positif, barulah Anda putuskan siapa yang paling cocok. Dengan ini, Anda selangkah lebih dekat menuju kerjasama yang sukses dengan koki baru Anda. Semangat ya!

 

4. Berapa banyak koki yang Anda butuhkan?

Memutuskan berapa banyak staf yang dibutuhkan di dapur restoran memang bukan pertanyaan yang mudah dijawab. Ada beberapa faktor penting yang harus Anda pertimbangkan dalam hal ini.

Pertama, pikirkan konsep restoran Anda. Apakah itu restoran cepat saji, restoran kasual, atau restoran fine dining? Konsep ini akan sangat mempengaruhi jumlah staf yang dibutuhkan.

Kedua, lihatlah menu Anda. Berapa banyak jenis hidangan yang ditawarkan? Apakah hidangannya memerlukan teknik memasak yang kompleks atau sederhana? Biasanya, semakin kompleks hidangan, Anda akan membutuhkan lebih banyak tangan di dapur.

Ketiga, pertimbangkan jumlah pelanggan yang dilayani dan seberapa ramai restoran Anda selama jam-jam sibuk. Ini akan membantu Anda menilai berapa banyak staf yang diperlukan untuk mengoperasikan dapur dengan efisien.

Bekerjasamalah dengan manajer dapur Anda untuk menentukan jumlah staf yang ideal. Jangan ragu juga untuk meminta masukan dari rekan wirausaha lainnya tentang berapa banyak staf yang mereka miliki di dapur mereka. Dengan mempertimbangkan semua faktor ini, Anda akan bisa membuat keputusan yang lebih tepat dalam menentukan jumlah staf dapur yang dibutuhkan.

 

Brigade Hitam

Sumber:Pinterest

“Brigade Hitam” merujuk pada tim karyawan yang bekerja di bagian depan restoran, yang sering disebut sebagai staf layanan atau front-of-house. Mereka ini benar-benar wajah dari restoran Anda, karena mereka yang pertama kali menyambut dan berinteraksi dengan tamu.

Kualitas pelayanan yang diberikan tim ini sangat krusial. Pelayanan yang baik dapat membuat pengalaman makan tamu menjadi luar biasa, meningkatkan peluang mereka untuk kembali lagi. Sebaliknya, pelayanan yang buruk bisa merusak keseluruhan pengalaman mereka dan mungkin membuat mereka enggan untuk kembali.

Seperti halnya dengan staf dapur, jumlah dan jenis staf layanan yang Anda butuhkan juga sangat bergantung pada konsep restoran dan menu yang ditawarkan. Restoran yang lebih kasual mungkin membutuhkan staf layanan yang lebih sedikit dibandingkan dengan restoran fine dining yang memerlukan tingkat perhatian dan keahlian pelayanan yang lebih tinggi.

Di sebagian besar restoran, tim pelayanan ini akan bekerja di bawah arahan seorang manajer restoran atau kepala pelayan. Dalam beberapa kasus, terutama di restoran yang lebih kecil, pemilik restoran bisa saja mengambil peran ini. Namun, di restoran yang lebih besar, manajemen layanan depan sering menjadi tanggung jawab tersendiri yang dipisahkan dari peran pemilik.

Manajer Restoran

Sumber:Pinterest

Manajer restoran memegang peran kunci dengan berbagai tanggung jawab penting. Tugas-tugas utama yang diemban oleh manajer restoran meliputi:

  • Mengimplementasikan Kebijakan Restoran: Menerapkan aturan dan standar yang telah ditetapkan untuk memastikan kelancaran operasional restoran.
  • Manajemen Inventaris: Mengelola persediaan bahan makanan dan minuman, serta peralatan restoran.
  • Perencanaan Tenaga Kerja: Menyusun jadwal kerja staf untuk memastikan efisiensi operasional.
  • Memastikan Target Omset Tercapai: Mengawasi keuangan restoran dan berupaya mencapai target penjualan.
  • Pelatihan Staf: Melatih karyawan baru dan memberikan pengembangan keterampilan bagi staf yang sudah ada.
  • Perekrutan dan Pemecatan Staf: Mengatur proses rekrutmen dan pemecatan karyawan sesuai kebutuhan.
  • Administrasi: Mengelola tugas-tugas administratif, termasuk pencatatan keuangan dan laporan operasional.
  • Promosi Restoran: Mengambil inisiatif dalam strategi pemasaran dan promosi untuk menarik lebih banyak pelanggan.
  • Menyelesaikan Keluhan: Menangani dan menyelesaikan keluhan dari pelanggan untuk memastikan kepuasan mereka.

Pelatihan yang tepat sangat diperlukan untuk mengisi posisi ini. Seorang kandidat dengan latar belakang pendidikan di bidang industri penyediaan makanan, pengusaha, atau manajemen (tingkat MBO 4) biasanya lebih diutamakan.

Selain tugas-tugas di atas, manajer restoran juga terlibat langsung di lapangan. Dia memandu staf dalam melayani tamu dan menyusun tata letak meja untuk memastikan efisiensi pelayanan.

 

Pegawai Layanan

Sumber:Pinterest

Banyak orang mungkin menganggap bahwa tugas pelayan hanya sebatas mengambil pesanan dan mengantarkannya ke meja. Namun, realitanya lebih dari itu. Seorang pegawai layanan memiliki kesempatan pertama dan terakhir untuk membuat kesan yang baik kepada tamu.

Pelayan yang terlatih dengan baik juga sangat memperhatikan omset restoran. Salah satu caranya adalah dengan melakukan penjualan tambahan, yang merupakan bagian penting dari tugas mereka.

Berikut adalah beberapa tugas utama yang dilakukan oleh seorang pegawai layanan:

  • Menerima Tamu: Menyambut tamu saat mereka datang dan membantu mereka duduk.
  • Memberikan Saran Menu: Membantu tamu memilih makanan dan minuman dengan memberikan rekomendasi.
  • Menerima Pesanan: Mencatat pesanan makanan dan minuman dengan tepat.
  • Menghidangkan Minuman: Menyajikan minuman sesuai dengan pesanan.
  • Menyiapkan Meja: Mengatur meja sebelum tamu datang dan sesudah mereka pergi.
  • Menghidangkan Hidangan: Membawa hidangan dari dapur ke meja tamu.
  • Mengecek dengan Tamu: Memastikan bahwa tamu puas dengan makanan dan layanan.
  • Membersihkan Restoran: Menjaga kebersihan dan ketertiban restoran.
  • Untuk menjadi pegawai layanan yang kompeten, idealnya seseorang harus menyelesaikan kursus pelatihan tingkat MBO 2.

Seorang pegawai layanan yang baik bukan hanya sekedar melayani, tetapi juga memastikan bahwa setiap tamu mendapatkan pengalaman yang menyenangkan. Ingatlah untuk selalu memperlakukan tamu dengan cara yang Anda harapkan diperlakukan, ini kunci untuk menyediakan layanan yang luar biasa.

Perekrutan Staff Operasional

Sumber:Pinterest

Saat Anda merekrut pegawai untuk restoran, penting untuk mengutamakan sikap daripada keterampilan. Ini karena keterampilan bisa dilatih, tetapi sikap seperti antusiasme, kesabaran, dan keramahan adalah aspek inti yang harus dimiliki sejak awal.

Pegawai layanan yang ideal harus memiliki kemampuan organisasi yang baik dan berorientasi pada solusi. Kemampuan organisasi diperlukan agar mereka bisa mengatur waktu dan tugas dengan efisien, terutama saat situasi menjadi sangat sibuk. Sementara itu, orientasi pada solusi sangat penting saat harus menangani keluhan dari tamu dengan cara yang profesional dan memuaskan.

Di industri penyediaan makanan, sering kali perusahaan memberikan kesempatan hari percobaan. Ini merupakan strategi yang bagus karena memberi Anda kesempatan untuk melihat apakah calon karyawan tersebut cocok dengan tim Anda. Hari percobaan juga memungkinkan staf lain untuk memberikan pendapat mereka tentang calon karyawan baru tersebut.

Keuntungan lain dari hari percobaan adalah Anda bisa melihat bagaimana calon pegawai tersebut mengatasi tekanan dan stres. Di dunia restoran, kita tahu bahwa kadang-kadang keadaan bisa menjadi sangat sibuk atau tidak berjalan sesuai harapan. Hari percobaan memberikan gambaran yang jelas tentang bagaimana seseorang merespons situasi yang menantang seperti itu.

 

Pelatihan

Sumber:Pinterest

Merekrut staf yang cocok dengan konsep restoran Anda dan yang memiliki visi yang serupa memang bukan tugas yang mudah. Tantangan lainnya adalah bagaimana mempertahankan staf yang berkualitas dalam jangka waktu yang lama.

Seringkali, terutama di restoran yang lebih kecil, karyawan baru langsung ditugaskan untuk bekerja tanpa pelatihan yang memadai. Saya mengalami sendiri hal ini! Pelatihan biasanya lebih sering terjadi di restoran besar.

Pelatihan sangat penting karena melalui proses ini, karyawan dapat meningkatkan keterampilan mereka dan memiliki kesempatan untuk berkembang dan bahkan naik jabatan di dalam organisasi. Topik tentang pentingnya pelatihan ini sangat menarik bagi saya, dan saya akan mengeksplorasinya lebih lanjut di artikel berikutnya.

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Jika Anda punya pertanyaan atau komentar, silakan sampaikan di bagian komentar di bawah ini.

Kesimpulan

Seperti yang sudah kita ulas di atas tentang pentingnya merekrut staf yang kompeten untuk kemajuan restoran.

Terdapat beberapa elemen staff yang harus Anda ketahui dalam menjalankan sebuah bisnis restoran, diantaranya: Chef, Brigade Hitam, Manajer Restoran dan Pegawai layanan.

Untuk menjalankan bisnis restoran dengan lancar, keempat elemen tersebut harus dapat bekerja dan berkoordinasi dengan baik untuk hasil yang maksimal.

Oleh karena itu, Anda harus cermat dalam melakukan perekrutan staff kemudian memberikan berbagai pelatihan agar karyawan mengetahui dengan cermat apa yang menjadi tugasnya.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam mencari staff restoran, Anda bisa mencari solusi dengan berkonsultasi kepada kami disini untuk mengatasi segala masalah interior rumahmu. tunggu apa lagi!!, segera hubungi kami disini!

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait
interior restoran
Tuesday, March 23 2021
Posted by Anastasia Michella
Wednesday, November 15 2023
Posted by Andri Herdiana
Bagaimana memulai restoran: dapur dingin
Saturday, November 18 2023
Posted by Andri Herdiana

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id